Pencari Karir Pencari Kandidat

Jadi Karyawan yang Berkualitas dengan Prinsip F.A.S.T

24 Maret 2021 20:03 11168 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Persaingan dunia kerja semakin hari semakin ketat, setiap karyawan harus bisa menunjukkan performa terbaiknya di perusahaan. Pernah nggak sih ngeliat karyawan yang menurutmu kinerjanya baik tapi justru diberhentikan karena alasan attitude yang tidak baik? Ya ini karena perusahaan nggak cuma ngeliat skill dan kemampuan menyelesaikan pekerjaan aja, tapi juga dari segi sikap dan perilaku. Supaya jadi karyawan yang punya paket komplit dan berkualitas, kamu harus punya empat prinsip berikut ini nih.

 

Focus

Penelitian menunjukkan jika seseorang melakukan tugas berbeda lebih dari 10 jenis dalam sehari akan berpotensi membuat kinerja otak menurun. Kelelahan otak bisa membuat tubuh cepat lelah dan mudah mengalami stres. Menjadi seorang multitasking kelihatannya sih hebat. Padahal melakukan banyak hal dalam waktu yang bersamaan hanya akan membuatmu tidak fokus pada pekerjaan utama. Walaupun pekerjaan bisa selesai pada waktunya, hasilnya pasti tidak akan optimal.

 

Attitude

Percaya nggak kalau attitude mempengaruhi kesuksesan seseorang? Attitude mencerminkan apa yang kamu pikirkan dan terlihat dari cara berbicara, bertindak, memperlakukan orang lain. Karyawan nggak cuma dituntut memiliki keterampilan kerja, kecerdasan dan pengetahuan yang luas aja lho, melainkan juga attitude yang baik. Sebuah penelitian di Amerika, mendapatkan 90% kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) cenderung disebabkan oleh perilaku buruk karyawan, seperti tidak bertanggung jawab, tidak jujur, dan hubungan interpersonal yang buruk. Sebab attitude seorang karyawan akan menjadi gambaran sebuah perusahaan, jika attitude yang ia miliki buruk makan akan berdampak pada penilaian masyarakat terhadap perusahaan.

 

Attitude itu bisa diperbaiki kok, caranya kamu cuma perlu menerapkan prinsip 3 magic words dalam kehidupan sehari-hari, yakni meminta tolong, maaf dan terima kasih. Dalam dunia kerja, jika ingin meminta bantuan pada rekan kerja lain mintalah dengan sopan dan gunakan kata tolong. Ucapkan kata maaf untuk kesalahan yang kamu lakukan, jangan terlalu keras dengan egomu sendiri, bagaimanapun juga kamu nggak kerja sendirian, kamu kerja bersama karyawan lain. Terakhir ucapkan terima kasih untuk setiap pertolongan yang kamu terima dari orang lain.

 

Stamina

Yang nggak kalah penting supaya kamu bisa jadi karyawan yang berkualitas, kamu harus punya stamina atau kesehatan yang baik. Gimana mau bekerja kalau kondisi kesehatanmu saja nggak baik? Oleh karena itu, menjaga kesehatan penting untuk mendukung kelancaran kerja. Biasakan makan makanan yang bergizi, tidur yang cukup dan berolahraga.

 

Menjaga kesehatan secara nggak langsung juga merupakan bentuk tanggung jawab kamu pada pekerjaan. Kalau sehat, kerjaan juga nggak akan terhambat.

 

Time

Atur waktu kerjamu sebaik mungkin, kalau perlu kamu bisa membuat skala prioritas untuk menyusun pekerjaan mana yang lebih dulu diselesaikan. Kamu harus bisa menjadi manager untuk dirimu sendiri. Nggak cuma saat bekerja, manajemen waktu yang baik juga wajib kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu pekerjaanmu jadi lebih efektif dan bisa menyisihkan waktu untuk kehidupan pribadimu. Pasti nggak mau kan waktu istirahat harus diisi dengan pekerjaan yang belum selesai?

 

Itu tadi prinsip F.A.S.T dalam bekerja supaya kamu bisa jadi karyawan yang berkualitas.  Temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Ngelamar Kerja lewat TopKarir Sekarang Bisa via Chat!

Ngelamar Kerja lewat TopKarir Sekarang Bisa via Chat!

Kemunculan teknologi digital membawa banyak perubahan dan kemudahan dalam berbagai aktivitas bisnis. Termasuk untuk menjangkau pelanggan menggunakan salah satu produk teknologi chatbot. Fitur chatbot pada website atau aplikasi jadi cara yang efektif untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun product engagement.   Untuk membantu anak muda memaksimalkan berbagai fitur dari TopKarir, di penghujung tahun 2020 ini, TopKarir memperbarui layanan menggunakan chatbot.   Sekarang kamu bisa melamar kerja lebih mudah cuma lewat chat dan mendapat informasi seputar fitur TopKarir lain jadi lebih mudah, cepat, dan tidak terbatas waktu. Di chatbot, Dira akan membantumu menemukan solusi dari kendala yang kamu alami dan memenuhi kebutuhan informasi terkait fitur-fitur yang tersedia di TopKarir.   Hadirnya fitur chatbot diharapkan kamu jadi semakin mudah memanfaatkan fitur penunjang karir yang tersedia di TopKarir. Dira akan siap membantumu selama 24 jam penuh, kamu nggak perlu khawatir lagi jika ada hal yang perlu ditanyakan/dibutuhkan terkait fitur dan program TopKarir di luar jam kerja.   Yuk mulai chat bareng Dira di sini https://bit.ly/ChatDIRA
Membentuk Karakter Diri yang Sukses Sebelum Terjun ke Dunia Kerja

Membentuk Karakter Diri yang Sukses Sebelum Terjun ke Dunia Kerja

Saat memutuskan untuk menjalani proses magang, merupakan hal yang bagus untuk membangun dan membentuk karakter diri yang sukses sebelum terjun ke dunia kerja. Beberapa sikap dapat menentukan sejauh mana karir kita akan berhasil, setiap sikap yang dimiliki membentuk karakter dan kepribadian tersendiri bagi kamu.   Percaya Diri   Percaya diri merupakan sikap yang mempercayai kemampuan yang ada pada diri kamu. Sikap percaya diri dapat mengantisipasi tekanan dan masalah ketika di dunia kerja nanti. Sikap percaya diri juga membuat kamu termotivasi untuk meningkatkan kemampuan-kemampuan yang ada pada diri kamu.   Sikap Pantang Menyerah   Sikap ini dapat menuntun kamu untuk sukses walaupun kamu telah jatuh berkali-kali. Menerapkan sikap ini pada karakter diri membuat kamu lebih terbiasa dalam menghadapi suatu masalah dan selalu pantang menyerah untuk mencari penyelesaiannya. Sikap ini justru akan sangat berguna ketika kamu berada di dunia kerja nanti.   Sifat Pemberani   Sikap pemberani bukan hanya berani dalam bertindak saja, berani disini juga berarti mengambil peran dan tanggung jawab dalam menyelesaikan suatu masalah. Sikap berani juga merupakan pendukung untuk mengambil suatu pilihan dan menetapkan tujuan kamu dalam bekerja.   Memiliki Komitmen   Komitmen merupakan tanda keseriusan kamu dalam mengejar tujuan dalam hidup kamu. Komitmen juga bentuk upaya untuk mengejar impian dan selalu siap untuk menghadapi setiap rintangan yang kamu hadapi.   Sikap Strategis   Sikap strategis yang tertanam pada karakter kamu, dapat membuat kamu lebih hati-hati dalam menyusun strategi tujuan yang ingin kamu capai. Dengan menerapkan strategi dapat memudahkan kita untuk mengetahui seberapa jauh perjalanan yang sudah kita lalui untuk mencapai kesuksesan.   Kreativitas   Menanamkan kreativitas dalam karakter diri, membuat kamu menjadi pribadi yang mencetuskan ide-ide baru yang lebih kreatif dari sebelumnya. Kreativitas juga berguna ketika terjun ke dunia bisnis dalam penciptaan suatu produk, dan sikap ini sangat penting untuk melahirkan produk-produk baru yang original dan memiliki potensi pada pasar.      
Komentar