Meningkatkan Efektivitas Waktu Kerja dengan Menyusun Skala Prioritas | TopKarir.com

Meningkatkan Efektivitas Waktu Kerja dengan Menyusun Skala Prioritas

27-01-2020 17:19:33

Aktivitas kerja yang kita lakukan setiap hari punya target dan tujuan yang ingin dicapai. Untuk memaksimalkan hasil, pastinya kamu harus fokus selama proses bekerja. Tapi fokus bukan hal yang mudah dilakukan, terlebih saat banyak kerjaan datang dalam waktu bersamaan. Kalau nggak fokus bisa-bisa kerjaanmu jadi keteteran dan berantakan. Untuk itu diperlukan skala prioritas, yakni menentukan kebutuhan yang harus didahulukan dan mengesampingkan pemenuhan kebutuhan yang kurang tepat. Skala prioritas ini bisa diaplikasikan untuk pekerjaan, pengaturan keuangan, maupun aktivitas sehari-hari. Nah, supaya waktu kerja kamu lebih efektif dan mencapai hasil kerja yang maksimal, berikut cara menyusun skala prioritas dalam bekerja.

 

Urutkan dari yang paling penting dan mendesak

 

Untuk menyusun skala prioritas yang harus dilakukan pertama kali adalah menentukan tingkat urgensi pekerjaan kamu. Untuk menyelesaikan suatu pekerjaan kamu harus memilah mana pekerjaan yang penting dan didahulukan. Untuk menyusun tingkat urgensi ini kamu bisa mengurutkannya dalam 4 kategori :

 

 

  • Pekerjaan yang penting dan mendesak

 

Jenis pekerjaan pada skala ini harus kamu prioritaskan dan kerjakan di awal dan harus segera selesai. Jangan mencoba untuk menunda pekerjaan pada skala ini ya.

 

 

  • Pekerjaan yang penting tapi kurang mendesak

 

Kamu harus memakai waktu produktif untuk menyelesaikan pekerjaan jenis ini sebelum berubah levelnya menjadi skala penting dan mendesak.

 

 

  • Pekerjaan yang mendesak tapi kurang penting

 

Biasanya jenis pekerjaan ini datang dari rekan kerja yang meminta bantuanmu untuk menyelesaikan tugasnya. Kalau ini bisa mengganggu fokus kerjamu sebaiknya jangan ragu untuk menolak. Ingat ya tetap prioritaskan pekerjaan yang penting.

 

 

  • Pekerjaan yang kurang penting dan kurang mendesak

 

Merupakan kegiatan yang paling nggak penting, tapi bukan berarti gak boleh dikerjakan melainkan harus dikesampingkan. Kamu boleh melakukannya jika pekerjaan pada 3 skala sebelumnya sudah selesai. Misalnya bermain game online atau membuka media sosial.

 

Mempertimbangkan kesempatan yang kamu punya

 

Pepatah mengatakan kalau kesempatan nggak akan datang dua kali. Jika dirasa kesempatan itu jarang sekali terjadi dan akan berpengaruh besar untuk karir kamu, ada baiknya kamu mengatur kembali skala prioritasmu. Misalnya kamu diberi kesempatan untuk presentasi di hadapan klien dari perusahaan ternama, kamu bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai prioritas utama kamu. Sebab kesempatan ini bisa menambah dan menunjang pengalaman karir kamu ke depan jadi jangan disia-siakan.

 

Kemampuan diri sendiri

 

Untuk menentukan sebuah pekerjaan dan menempatkannya pada skala prioritas, kamu harus memperhitungkan kemampuan yang dimiliki. Karena setiap pekerjaan yang kamu lakukan tanpa dibarengi kemampuan pasti akan sia-sia. Contohnya kamu seorang HR dengan latar belakang Psikologi tapi ditawarkan pekerjaan membuat poster desain, tanpa pengetahuan desain dan kemampuan software desain yang cukup kamu tentu akan kesulitan.

 

Itu tadi cara menyusun skala prioritas untuk meningkatkan efektivitas waktu dalam bekerja. Informasi dan tips-tips karir lainnya yang berguna untuk kesuksesan karir kamu ada di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang.


tutup
Registrasi berhasil

tutup