Pencari Karir Pencari Kandidat

Apa Bedanya Data Analyst VS Data Science VS Business Analyst?

23 April 2021 08:04 3591 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 6 KALI DIBAGIKAN

Mungkin kamu pernah mendengar berbagai profesi dalam bidang data specialist, seperti data analyst, data science hingga business analyst. Meski sama-sama bekerja di bidang pengolahan data, namun ketiga profesi tersebut memiliki cakupan kerja yang berbeda.

 

Nah, agar lebih paham, berikut penjelasan seputar apa bedanya data analyst dengan data science hingga business analyst selengkapnya.

Beda Data Analyst vs Data Science vs Business Analyst

Perbedaan dalam apa yang dilakukan analis data dibandingkan dengan analis bisnis atau ilmuwan data terletak pada bagaimana ketiga peran tersebut menggunakan data.

 

  • Analis data (data analyst), berfungsi sebagai penjaga utama untuk data organisasi sehingga pemangku kepentingan dapat memahami data dan menggunakannya untuk membuat keputusan bisnis strategis. Ini adalah peran teknis yang membutuhkan gelar sarjana atau master dalam analitik, pemodelan komputer, sains, atau matematika.
  • Analis bisnis (business analyst), berfungsi dalam peran strategis yang berfokus pada penggunaan informasi yang diungkapkan oleh analis data untuk mengidentifikasi masalah dan mengusulkan solusi. Analis ini biasanya memperoleh gelar di jurusan seperti administrasi bisnis, ekonomi, atau keuangan.
  • Ilmuwan data (data science), mengambil visualisasi data yang dibuat oleh analis data selangkah lebih maju, memilah-milah data untuk mengidentifikasi kelemahan, tren, atau peluang bagi suatu organisasi. Peran ini juga membutuhkan latar belakang matematika atau ilmu komputer, bersama dengan beberapa studi atau wawasan tentang perilaku manusia untuk membantu membuat prediksi yang tepat.



Pada perusahaan rintisan dan organisasi kecil lainnya, tidak jarang seorang analis data mengambil beberapa pemodelan prediktif atau tanggung jawab pengambilan keputusan yang mungkin ditugaskan kepada seorang data scientist.

Tanggung Jawab Utama dari Data Analyst

Jawaban atas pertanyaan "Apa yang dilakukan seorang analis data?" tentu akan bervariasi tergantung pada jenis organisasi dan sejauh mana bisnis telah mengadopsi praktik pengambilan keputusan berdasarkan data. Secara umum, tanggung jawab seorang analis data biasanya meliputi:

 

  • Merancang dan memelihara sistem data dan database, ini termasuk memperbaiki kesalahan pengkodean dan masalah terkait data lainnya.
  • Menambang data dari sumber primer dan sekunder, kemudian mengatur ulang data tersebut dalam format yang dapat dengan mudah dibaca oleh manusia atau mesin.
  • Menggunakan alat statistik untuk menafsirkan kumpulan data, memberikan perhatian khusus pada tren dan pola yang dapat bermanfaat untuk upaya analitik diagnostik dan prediktif.
  • Menunjukkan pentingnya pekerjaan mereka dalam konteks tren lokal, nasional, dan global yang berdampak pada organisasi dan industri mereka.
  • Mempersiapkan laporan untuk kepemimpinan eksekutif yang secara efektif mengkomunikasikan tren, pola, dan prediksi menggunakan data yang relevan.
  • Berkolaborasi dengan program, insinyur, dan pemimpin organisasi untuk mengidentifikasi peluang untuk perbaikan proses, merekomendasikan modifikasi sistem, dan mengembangkan kebijakan untuk tata kelola data.
  • Membuat dokumentasi yang sesuai yang memungkinkan pemangku kepentingan memahami langkah-langkah proses analisis data dan menggandakan atau mereplikasi analisis jika perlu.

 

Dapatkan informasi dan tips karir menarik lainnya di sini. Download aplikasi TopKarir sekarang atau kunjungi topkarir.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja ter-update.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Sukses Menjadi Web Developer

Tips Sukses Menjadi Web Developer

Dengan semakin berkembanganya Internet, profesi Web Developer juga telah berkembang menjadi salah satu profesi yang memiliki prospek cerah. Selain membuat aplikasi berbasis web, profesi satu ini juga punya sejumlah tanggung jawab lain yang diemban. Nah jika ingin menjadi seorang Web Developer yang sukses, yuk ikuti tips berikut ini.   Memahami HTTP Pahamilah proses apa saja yang terjadi di sisi server maupun client. Salah satunya yaitu Salah satu komponen mendasar dalam dunia web adalah Hyper Text Transfer Protocol (HTTP).   Memahami HTML & CSS Hyper Text Markup Language (HTML) merupakan bahasa yang digunakan untuk membentuk tampilan sebuah web. Dan dengan menggunakan Cascading Style Sheet (CSS), kamu dapat memformat tampilan tersebut dengan lebih mudah dan tentu saja menjadi lebih bagus.   Memahami Javascript Dengan menggunakan Javascript, web yang kita buat bisa menjadi lebih interaktif. Kita bisa membuat popup window, autocomplete, datepicker, dan banyak hal lainnya dengan menggunakan Javascript.   Pemrograman server side Pada bagian ini pilihan bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari, mulai dari bahasa yang sudah lama beredar seperti Perl, Ruby, PHP, JSP, dan Python hingga bahasa seperti NodeJS, Haskell, Scala, dan Go. Saat ini PHP masih merupakan bahasa yang terpopuler karena mudah dipelajari dan diimplementasikan serta banyak referensi dan komunitas seputar PHP yang tersedia di internet.   Database SQL Kamu bisa belajar  program database populer yang bisa Anda pelajari diantaranya MySQL, PostgreSQL dan MariaDB yang bersifat Open Source atau Oracle dan Microsoft SQL Server yang merupakan aplikasi berbayar.   Web server Web server juga merupakan komponen yang penting. Tanpa web server, aplikasi web yang Anda buat tidak akan bisa berjalan. Web server populer yang banyak digunakan diantaranya Apache dan Nginx. Pelajarilah konfigurasi dasar web server untuk mendukung skill Anda sebagai web developer. Manfaat menguasai konfigurasi dasar tersebut diantaranya Anda bisa membuat link website Anda lebih SEO (Seach Engine Optimization) Friendly. Web Hacking Pelajarilah trik-trik web hacking seperti SQL Injection dan Cross Site Scripting (XSS). Mengapa perlu? Dengan memahami hal tersebut maka kita bisa mencegah serangan-serangan hacker ke website kita bukan. Menguasai hal-hal diatas dengan baik akan memberikan bekal awal yang berguna bagi Anda untuk bisa membangun sebuah website dengan baik. itulah tips untuk kamu yang ingin menjadi Web Developer. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!
Komentar