KANDIDAT PERUSAHAAN

6 Persiapan Penting Sebelum Menghadapi Interview Kerja

24 Maret 2021 20:03 42870 KALI DIBACA 1 KOMENTAR 15 KALI DIBAGIKAN

Interview kerja adalah momen yang bikin “dag dig dug” para pelamar yang sudah lama memimpikan sebuah pekerjaan. Gimana nggak, interview adalah momen dimana perusahaan akan menilai secara langsung melalui jawaban sampai sikap kita dalam menjawab pertanyaan.

 

Supaya lebih siap dan lancar ketika melakukan interview kerja, beberapa persiapan penting harus dilakukan, apalagi buat para fresh graduate yang baru pertama kali menghadiri interview. Apa aja sih persiapannya? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

Kenali lebih dalam profil perusahaan

Hal pertama yang penting untuk dilakukan sebelum menghadiri interview kerja yakni melakukan riset untuk mengenal lebih dalam profil perusahaan. Kesalahan yang sering dilakukan pencari kerja saat melamar, salah satunya tidak paham perusahaan apa yang dilamar.

 

Setidaknya kamu harus mengenal profil perusahaan secara umum, lebih detail jauh lebih baik. Cari tahu apa sih visi dan misi perusahaan tersebut, bergerak di bidang apa, produk/jasa apa yang dihasilkan, sampai kegiatan apa yang sudah atau sedang dijalankan. Sebab perekrut akan melontarkan pertanyaan tentang seberapa jauh kamu mengenal perusahaannya. Pengetahuan kamu tentang perusahaan akan dinilai sebagai keseriusan kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut.

 

Pahami setiap tugas dari posisi yang dilamar

Selain mengenal lebih detail perusahaan yang dilamar, kamu juga harus paham tugas dan tanggung jawab pekerjaan untuk posisi yang kamu lamar. Terkadang pelamar kerja terutama fresh graduate kurang peduli sama hal ini. Bagi mereka yang terpenting ialah diterima kerja, apapun tugasnya. Padahal belum tentu pekerjaan tersebut sesuai dengan keterampilan dan kompetensi yang dimiliki.

 

Saat sesi interview, perekrut akan memberi pertanyaan terkait posisi kerja yang kamu lamar, seberapa dalam pengetahuan kamu terkait tugas dan tanggung jawab untuk posisi tersebut. Karena itu sangat penting memperhatikan deskripsi pekerjaan (jobdesk) untuk posisi yang kamu lamar. Dengan begitu, kamu juga bisa memperhitungkan relevansinya dengan pengalaman dan keterampilan yang kamu punya.

 

Kenali diri kamu lebih dalam

Dalam sesi wawancara, HRD nggak cuma menggali kemampuan kamu dan kecocokannya dengan posisi kerja yang ditawarkan. Tapi juga, mencari tahu bagaimana sifat dan kepribadian kamu. Saat disuruh memperkenalkan dan mendeskripsikan diri secara singkat, sampaikan dengan jujur apa adanya, karena itu kamu sudah harus mengenal dirimu lebih dalam.

 

Begitupun saat perekrut memberi pertanyaan apa kekurangan dan kelebihan kamu. Ceritakan kelebihanmu secara jujur dan dapat dipertanggung jawabkan. Artinya, kamu bisa membuktikan kalau kamu memang punya kelebihan dalam hal tersebut. Saat menjawab kekurangan juga ceritakan apa adanya, tetapi dengan tambahan cara dan usahamu untuk mengatasi dan memperbaiki kekurangan yang disampaikan sebelumnya.

 

Persiapkan dokumen yang dibutuhkan

Hal nggak kalah penting disiapkan sebelum hari H wawancara kerja yakni dokumen yang dibutuhkan sesuai instruksi. Seperti CV, fotokopi ijazah, transkrip nilai, kartu identitas, portofolio, biasanya daftar dokumen yang harus dibawa sudah tertulis di dalam undangan wawancara/email, jadi perhatikan betul apa saja rinciannya ya.

 

Jangan lupa juga siapkan dan masukkan alat tulis ke dalam tas, karena biasanya sebelum sesi wawancara kamu akan disuruh menuliskan data diri dalam formulir atau kebutuhan lainnya. Persiapkan semua dokumen dan alat tulis di malam/hari sebelumnya supaya nggak ada yang tertinggal saat mendekati waktu berangkat menuju lokasi interview, intinya jangan mepet!

 

Latihan menjawab pertanyaan wawancara

Selain lima hal di atas, sebaiknya persiapkan diri juga dengan berlatih/simulasi wawancara sendiri di hadapan cermin atau meminta bantuan teman, keluarga/sanak saudara. Hal ini bertujuan agar kamu lebih siapa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara nantinya. Cari tahu pertanyaan wawancara kerja yang umum di sini yuk.

 

Kalau perlu, buat catatan singkat supaya jawabanmu lebih terarah seputar pengalaman, latar belakang, keahlian dll. Pelajari juga bagaimana gestur tubuh yang baik mulai dari masuk ruang interview, duduk, menjawab pertanyaan, sampai keluar dari ruangan.

 

Siapkan pakaian

Terakhir, siapkan juga pakaian yang pantas dan sesuai untuk menghadiri interview kerja. Balik lagi ke poin pertama, kamu perlu paham perusahaan yang dituju bergerak di industri apa dan jenis perusahaanya. Karena biasanya perusahaan yang bergerak di industri kreatif misal lebih fleksibel dalam hal berpakaian, biasanya hanya diinstruksikan untuk berpakaian casual tapi tetap sopan. Sedangkan perusahaan bidang jasa pelayanan, perbankan/keuangan dan Pemerintahan akan mewajibkan pelamar mengenakan pakaian yang lebih formal. Mandatori berpakaian ini biasanya juga tertera di undangan interview, jadi perhatikan dengan teliti semua ketentuannya ya.

 

Itu tadi beberapa persiapan penting sebelum menghadapi interview kerja. Kalau mau tahu lebih dalam tips dan trik agar lolos interview kamu bisa ikutin materi pelatihan online yang ada di TopEdu. Seperti pelatihan berbentuk webinar dari Elevate dengan tema Guide to Successful Job Interview atau English For Job Interview dari Hazika Education Centre.

 

Temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya!

 

Komentar
John Darmawan
John Darmawan
1100 hari lalu
Benar sekali min, kadang hal hal seperti ini yang perlu diperhatikan