KANDIDAT PERUSAHAAN

Tips Menghadiri Panggilan Interview untuk Pertama Kali

24 Maret 2021 20:03 16639 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1008 KALI DIBAGIKAN

Setelah mengirim lamaran ke sana sini, kabar baik akhirnya datang, lolos tahap seleksi berkas dan lanjut ke tahap interview. Bisa lolos ke tahap interview bukanlah hal yang mudah, selain harus bisa “menjual diri” di CV, kamu juga harus bersaing dengan banyak kandidat pencari kerja lain. Karena itu, tahap interview harus dilakukan dengan penuh persiapan.

 

Perasaan deg-degan pasti datang, terlebih buat kamu yang belum pernah melakukan interview kerja sebelumnya. Tapi jangan sampai rasa grogi malah membuat interview-mu berjalan kurang maksimal. Buat kamu yang baru pertama kali melamar kerja, ada tips-tips yang penting untuk kamu terapkan sebelum hari H interview, berikut ulasannya.

 

Lakukan riset dan pelajari lebih dalam tentang perusahaan

Sebelum mendatangi interview, kamu perlu meluangkan waktu untuk meneliti budaya perusahaan dengan mencari tau melalui berbagai sumber seperti web, media sosial, atau orang yang kamu kenal pernah / sedang bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini penting supaya kamu tau visi misi dan bisa menyesuaikan kebutuhan perusahaan dengan skill yang kamu punya.

 

Kamu juga perlu mempelajari detail pekerjaan dan tugas posisi yang kamu lamar, sehingga kamu jadi lebih menguasai dan percaya diri saat menjawab berbagai pertanyaan. 

 

Kenali diri kamu lebih dalam

Nggak cuma mempelajari perusahaan aja nih, kamu juga harus mengenal diri kamu lebih dalam lagi. Setelah tau tugas dan detail pekerjaan untuk posisi yang kamu lamar, tanyakan lagi pada diri kamu, apa jobdesk-nya sesuai dengan keahlianmu? Apa visi dan misi perusahaan sejalan dengan tujuan kamu? Semua harus diperhitungkan dengan baik.

 

Datang 30 menit lebih awal

On-time memang baik, tapi saat tahap wawancara buang dulu pemikiran itu dan datang lebih awal dari jadwal yang diberikan. Persiapkan segala sesuatunya dari jauh hari mulai dari berkas kelengkapan, syarat, alat tulis sampai pakaian. Hal ini bertujuan agar saat hari H tiba, kamu nggak tergesa-gesa menyiapkan semuanya, yang memungkinkan kamu melupakan satu atau dua data wajib yang harus dibawa.

 

Datang lebih awal juga untuk mengantisipasi segala hal yang mungkin terjadi di jalan, seperti ban bocor, hujan, razia, tertinggal angkutan umum, dll. Jadi lebih baik menunggu di tempat interview, dibanding harus terlambat dan langsung mendapat penilaian yang kurang baik. 



Attitude jadi poin penting

Dibanding mengkhawatirkan kurangnya pengalaman profesional yang kamu miliki. Lebih baik fokus menunjukkan attitude yang baik, karena hal ini seringkali lebih diutamakan perusahaan. Penting untuk begitupun meninggalkan kesan yang baik di mata HRD, jadikan diri kamu lebih bernilai dengan menjunjung tinggi sikap positif dan kesopanan.

 

Perusahaan tidak hanya membutuhkan pekerja yang berkompetensi tapi juga memiliki attitude yang baik, antusiasme yang tinggi untuk belajar dan berkembang di perusahaan. Kamu bisa menceritakan semangat dan motivasi besarmu untuk bersama membawa perusahaan ke arah yang lebih baik, berkontribusi mencapai visi perusahaan atau ketertarikanmu pada produk dan perusahaan.

 

Nggak kalah penting, penampilan

Saltum atau salah kostum bisa berakibat fatal saat sesi wawancara. Karena itu penting di awal untuk mempelajari budaya perusahaan atau perhatikan ketentuan berpakaian pada surat undangan interview. Karena beberapa perusahaan mengharuskan pelamar untuk memakai pakaian formal. Sebagian juga memperbolehkan pelamar untuk memakai pakaian kasual, seperti kebanyakan perusahaan startup atau posisi kerja di bidang kreatif.

 

Itu tadi lima tips menghadiri interview kerja untuk pertama kali. Sebagai tambahan, hindari rasa gugup dan cobalah berlatih terlebih dahulu agar lebih nyaman dan interview bisa berjalan lancar. Yuk baca tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya!

 

Komentar