5 Tanda Kamu Lagi Ngalamin Quarter Life Crisis | TopKarir.com

5 Tanda Kamu Lagi Ngalamin Quarter Life Crisis

29-01-2020 17:00:46

Quarter life crisis sangat wajar terjadi pada seseorang yang berusia 20-30 tahunan. Pada masa ini mereka sedang ada di puncak kedewasaan. Hari-hari mereka dipenuhi pemikiran tentang masa lalunya, apa yang sudah ia lakukan, dan bagaimana ia di masa mendatang. Apa kamu sedang ada di tahap ini? Atau belum menyadarinya? Inilah 6 tanda kalau kamu lagi ngalamin quarter life crisis.

 

Merasa tertinggal dan sering membanding-bandingkan

Saat seseorang berada pada quarter life crisis, ia akan merasa tertinggal dibanding teman seusianya, baik dalam hal karir, hubungan sosial, dan percintaan. Saat melihat media sosial, atau lingkungan sekitar, kamu akan membanding-bandingkan kehidupanmu dengan orang lain.

 

Seringkali berpikir belum melakukan yang terbaik dalam berbagai hal

Selepas lulus kuliah kamu bermimpi mempunyai bisnis, membelikan orangtua rumah, atau di umur 25 sudah menikah. Nyatanya semua gak berjalan semudah itu, kamu mulai merasa gak bahagia sama pencapaian yang didapat, dan gak sesuai dengan harapan.

 

Kamu mulai melupakan waktu santai dan bersenang-senang

Jika dulu kamu masih bisa menunda-nunda pekerjaan atau hangout bareng teman, sekarang kamu lebih memaksimalkan waktu untuk mengejar tujuan hidup. Kamu akan sadar kalau setiap waktu yang ada sangat berharga dan nggak akan menyia-nyiakannya.

 

Kurang motivasi

Saat quarter life crisis, semangat melakukan beragam aktivitas akan menurun, seperti bekerja atau sekedar melakukan hobi saja. Kamu merasa lingkungan sekitarmu tidak bisa membantumu keluar dari masalah. Kamu akan berusaha menyelesaikan semua permasalahan itu sendiri, padahal motivasi dari orang terdekat sangat dibutuhkan untuk menguatkan kamu di masa ini.

 

Bingung antara tetap di zona nyaman atau keluar

Kalau kamu bosan dengan pekerjaanmu sekarang, tapi takut mencoba pekerjaan baru, ini juga tanda quarter life crisis sedang “menyerang” kamu. Kamu berpikir akan sulit memulai segala sesuatu dari awal tapi pekerjaanmu sekarang tidak membuat kamu berkembang. Karenanya kamu semakin bingung menentukan pilihan ke depan.

 

Itu tadi 5 tanda kamu sedang mengalami quarter life crisis. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.


tutup
Registrasi berhasil

tutup