KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Aplikasi Mudah untuk Belajar Coding

23 April 2021 08:04 531647 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 8 KALI DIBAGIKAN

Pada era digitalisasi seperti sekarang ini, kita pasti sudah familiar dengan istilah coding. Apa sih itu coding? Coding merupakan salah satu tindakan dari sebuah langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode dalam bahasa pemrograman.  

 

Para programmer pemula pasti banyak yang ingin tahu bagaimana cara untuk coding. Namun terkadang masih terhalang oleh kendala alat yang tidak memadai. Sobat programmer tenang saja, karena sekarang kita sudah bisa untuk coding walau hanya menggunakan smartphone. Kita dapat memanfaatkan smartphone untuk belajar coding agar skill melakukan coding semakin matang.

 

Langsung saja sobat programmer, berikut 5 aplikasi mudah untuk belajar coding yang dapat kamu install secara gratis melalui playstore:

 

1. Dcoder

Dcoder merupakan aplikasi pemrograman yang digunakan untuk proses coding melalui android. Dcoder merupakan aplikasi coding gratis yang menyediakan fitur latihan coding dalam beberapa bahasa pemrograman ternama seperti HTML, Java, PHP, Pascal, dan lain lain. Total bahasa pemrograman pada aplikasi Dcoder ini sebanyak 33 bahasa. Cukup lengkap bukan?

 

Aplikasi ini juga menyediakan modul belajar gratis berbagai bahasa untuk coding pemrograman. Tidak hanya itu, Dcoder dilengkapi juga dengan muatan berita mengenai dunia pengembangan aplikasi.

 

2. Java N-IDE

Aplikasi Java N-IDE merupakan aplikasi pemrograman yang cukup lengkap yang dapat kamu temukan di smartphone. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pembangun aplikasi android dan tentunya aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat program java dengan aplikasi android.

 

Aplikasi ini dapat dijalankan secara offline tanpa harus menggunakan internet. Keunggulan dari aplikasi ini yaitu memiliki desain user interface dengan tampilan yang sangat menarik. Untuk itu, bagi kamu yang tertarik dalam pemrograman, kamu dapat menggunakan aplikasi ini.

 

3. AnWriter Free

Aplikasi AnWriter Free merupakaan aplikasi pemrograman gratis lainnya yang dapat kamu temukan di playstore android. Aplikasi ini sebagai notepad sederhana dalam melakukan pemrograman. Selain itu, aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan kecepatan coding selama signifikan.

 

Fitur sintaks melakukan penyorotan untuk HTML, CSS, JavaScript, PHP, dan lain sebagainya. Aplikasi ini memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar, namun kamu dapat memilih versi gratis saja karena tidak memiliki banyak perbedaan antara versi gratis dan berbayar. Aplikasi ini sangat cocok kamu yang ingin melakukan coding.

 

4. Buku Pemrograman (Belajar HTML)

Jika kamu belum menguasai banyak bahasa dalam pemrograman kamu dapat menggunakan aplikasi buku pemrograman atau belajar HTML di android secara gratis. Aplikasi ini merupakan karya anak bangsa yang berisi penjelasan dan ilmu mengenai web programming dengan menggunakan bahasa Indonesia.

 

Dalam aplikasi ini kamu dapat belajar bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, JavaScript dan PHP. Tidak hanya itu, kamu dapat mempelajari sebuah soal berupa studi kasus, seperti pembuatan website beserta source kodenya. Jadi, aplikasi ini sangat membantu kamu dalam menguasai bahasa pemrograman.

 

5. AIDE- IDE for Android Java C++

Aplikasi AIDE merupakan aplikasi yang memberikan pengetahuan dalam sebuah lingkungan pengembangan terpadu (IDE) untuk mengembangkan aplikasi android secara langsung pada perangkat android yang kamu miliki. Dalam aplikasi ini mempelajari bagaimana cara membuat aplikasi android melalui smartphone, dengan berisikan code editor untuk pembuatan aplikasi android berbasis java dan C++.

 

Aplikasi ini memberikan pelajaran dasar mengenai pemrograman java dan C++ secara offline. Di dalam aplikasi ini mempunyai fitur yang menarik, yaitu setiap melakukan program yang sedang berjalan mengalami error, maka aplikasi ini akan menunjukkan di mana letak kesalahan kamu.

 

Itulah lima rekomendasi aplikasi untuk belajar coding di smartphone yang dapat kamu install melalui Google Playstore secara gratis. Semoga rekomendasi ini cocok untuk kamu yang sedang ingin mempelajari coding secara otodidak dan memenuhi kebutuhan programming.

 

Dapatkan informasi dan tips karir menarik lainnya di sini. Download aplikasi TopKarir sekarang atau kunjungi topkarir.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja ter-update.

Komentar