Pencari Karir Pencari Kandidat

Pemula Harus Tahu! Ini Cara Membuat Artikel dan Langkah-Langkahnya

23 April 2021 08:04 2617 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Cara membuat artikel yang benar biasanya menjadi pertanyaan para penulis pemula. Sebenarnya tidak ada standar baku tentang cara membuat artikel yang benar. Bagus atau tidaknya artikel bisa relatif.

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya. Jadi artikel banyak ragamnya.

 

Meski beragam, menulis artikel memiliki dasar tentang cara membuatnya, seperti menyertakan unsur 5W+1H. Buat kamu penulis pemula, kami rangkumkan sederet cara membuat artikel beserta langkah-langkahnya berikut ini.

 

Cara Membuat Artikel untuk Pemula dan Langkah-Langkahnya

Cara membuat artikel untuk pemula adalah dengan mengetahui jenis yang ingin dibuat. Artikel banyak jenisnya, seperti artikel blog, artikel ilmiah, artikel deskripsi, dan masih banyak lagi.

 

Meski pada dasarnya menulis artikel yang sudah disebutkan itu sama, namun mengetahui jenis artikel bakal membantu kelancaran proses penulisan. Jika sudah mengetahui jenis artikel yang akan dibuat, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

 

1. Tentukan tema artikel

Tentukan tema artikel yang akan dibuat. Pilih tema yang spesifik, untuk menentukan tujuan penulisan. Semakin spesifik tema artikel biasanya juga akan semakin menarik.

 

Menentukan ide tema artikel ini biasanya menjadi salah satu proses yang paling sulit. Apalagi ketika penulis mengalami kondisi buntu, tidak bisa menemukan ide yang menarik untuk dijadikan tulisan.

 

Ide tema artikel sebenarnya bisa apa saja, dan berasal dari mana saja. Buat kamu yang masih pemula, coba pilih tema artikel yang sesuai dengan minatmu.

 

2. Tentukan angle tulisan

Setelah berhasil menemukan ide tema artikel ,tentukan angle-nya. Dari tema yang sudah dipilih, biasanya bisa dijadikan beberapa angle atau sudut pandang yang berbeda.

 

Menentukan angle tulisan biasanya didasarkan pada aspek mana yang paling menarik dari tema yang sudah dipilih. Angle berguna sebagai pemandu dalam proses menulis, biar tulisan nggak ngelantur.

 

Untuk membantu menentukan angle tulisan, mulailah bertanya menggunakan 5W+1H yaitu what, who, when, where, why, dan how. Apa, siapa, kapan, dimana, kenapa, dan bagaimana.

 

3. Mengumpulkan data

Masih dalam tahap prapenulisan, cara membuat artikel selanjutnya adalah mengumpulkan data atau bahan tulisan. Data ini bisa didapatkan dari riset secara langsung maupun tidak langsung.

 

Cara terbaik mendapatkan bahan tulisan memang dari sumber utamanya melalui proses wawancara misalnya. Namun, di era teknologi seperti sekarang, mendapatkan bahan atau data ini bisa dilakukan lewat situs-situs yang berhubungan dengan tema tulisan.

 

Pastikan situs yang kamu jadikan tujuan itu adalah situs yang kredibel, ya. Hal yang perlu digaris bawahi adalah, jangan sampai proses ini menjadi penjiplakan tulisan milik orang lain. 

 

4. Menulis

Jika semua proses prapenilisan sudah dilakukan, kamu siap untuk mulai menulis. Buat judul yang dingkat namun menarik. Buat kesan yang baik kepada pembaca di paragraf pertama.

 

Jelaskan maksud dan inti dari artikel di paragraf pertama, namun tetap buat pembaca tertarik untuk membaca hingga akhir. Tentu saja proses ini tergantung dari gaya penulisan artikel yang dibuat.

 

Tulis artikel yang kredibel dan jauh dari hoaks. Hindari kalimat dan paragraf yang terlalu panjang. Jangan takut salah, buat artikel hingga selesai.

 

5. Edit

Salah satu proses terpenting yang tidak boleh terselwatkan saat membuat artikel adalah edit alias penyuntingan. Pastikan tanda baca sudah tepat, dan tidak ada typo.

 

Selain itu, proses ini juga penting untuk memeriksa kembali apakah artikel enak dibaca. Baca keras-keras hasil tulisanmu, dengarkan dengan telingamu sendiri, apakah tulisan tersebut sudah terasa ‘enak’.

 

Itu dia sederet tips dan cara membuat artikel untuk penulis pemula yang bisa kamu ikuti. Dapatkan informasi dan tips karir menarik lainnya di sini. Download aplikasi TopKarir sekarang atau kunjungi topkarir.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja ter-update.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Membuat CV yang Sesuai Dengan Pribadi Kamu

Tips Membuat CV yang Sesuai Dengan Pribadi Kamu

CV atau histoy rangkuman riwayat pekerjaan kamu merupakan salah satu makanan wajib para headhunter atau HRD. Dalam proses pembuatan CV bukanlah hanya sekedar seperti CV yang bertebaran di masyarakat luas. Untuk membuat HRD tertarik maka kamu harus memiliki CV yang sesuai dengan pribadi kamu. Berikut adalah Tips Membuat CV yang sesuai dengan pribadi kamu.   CV Cukup Satu Lembar Saja   Dalam proses pembuatan CV tidak perlu dan harus sangat dihindari terlalu panjang dan bertele-tele. CV harus bersifat simple dan rangkuman dari histori pekerjaan atau kegiatan volunteer yang telah kamu kerjakan. Dalam pembuatan CV cukup satu lembar saja. HRD biasa tidak pernah mau membuang waktu lama untuk membaca CV yang berlembar-lembar.   Berwarna Lebih Eye Catching   Pemilihan warna yang sesuai dengan pribadi kamu adalah pilihan tepat. Dengan pemilihan warna biasanya HRD lebih mengerti tentang segala pribadi kamu. Hal ini dikarenakan warna adalah pribadi kamu. Gunakan warna yang sesuai akan tetapi hindari penggunaan banyak variasi warna.   Diagram Skill yang Simple   Dalam pembuatan CV kamu disarankan untuk menggunakan diagram yang mampu menggambarkan skill dari pribadi kamu. Diagram digunakan dengan tujuan untuk mempermudah HRD dalam membaca diagram skill yang kamu kuasai.   Deskripsikan 360 Karakter Tentang Diri Kamu   Deskripsikan tentang diri kamu dalam 360 karakter. Ceritakan mulai dari kelebihan dan kekurangan kamu dalam menghadapi pekerjaan. Tulislah sesuai dengan keadaan dan kejujuran tentang diri kamu.   Jangan Tuliskan Kemampuan Umum   Biasanya kita selalu menjelaskan bahwa kita  mahir dalam kemampuan umum dimana yang biasanya kita selalu menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari.  Misalnya kita selalu mengatakan kita mahir dalam software Microsoft Office. Mahir karena terbiasa itu bukan sesuatu yang spesial jika kamu mampu lulus dalam ujian sertifikasi itu adalah sebuah kemampuan luar biasa yang bisa dibanggakan dalam proses membuat CV pribadi kamu.   Membuat Data Pribadi yang Tidak Relevan   Dalam proses membuat CV gunakanlah data pribadi yang relevan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Misalnya ketika kamu akan melamar pekerjaan tentang Finance Technology, di satu sisi kamu membanggakan keahlian kamu di bidang Fashion. Data pribadi seperti itulah yang membuat HRD selalu menolak CV kamu karena dinilai tidak berbobot dan dinilai sebagai SDM yang kurang berkualitas, jauh dari ekspetasi yang diharapkan.    
Tips Membuat CV Menarik

Tips Membuat CV Menarik

Curiculum Vitae (CV) adalah hal yang paling penting jika kamu mau melamar kerja. Hal  pertama yang diminta oleh pihak perusahaan tentu saja CV yang kamu punya, apasih CV itu? CV adalah resume atau gambaran singkat diri kamu, lewat cv inilah perusahaan akan mendapatkan first impression tentang kamu. Itu tandanya kamu harus serius dalam membuat CV, karena CV adalah salah satu usaha untunk menjual kemampuan kamu yang akan menarik perusahaan. Untuk menarik pihak perusahaan, tentu aja kamu harus membuat CV yang menarik, terus gimana sih cara membuat CV yang menarik? Yuk disimak!   Sederhana Supaya pihak perusahaan lebih mudah untuk mengetahui tentang diri kamu, buatlah CV yang sederhana dan jelas. Biasanya CV pelamar kerja yang masuk ke perusahaan sangat banyak, dan perusahaan nggak punya banyak waktu untuk membacanya. Kalau CV kamu sudah terlihat bertele-tele dan merepotkan, tentu aja pihak perusahaan nggak akan tertarik.    Desain Menarik Jangan remehkan Desain yang ada pada CV kamu, dengan desain yang menarik bisa membuat pihak perusahaan tertarik dan tidak bosan melihatnya. Desain yang menarik juga akan membuat perusahaan berfikir kamu memang niat untuk melamar kerja. Kalau kamu bingung gimana membuat desain yang menarik untuk CV kamu, nggak perlu bingung sudah banyak yang menyediakan template desain CV yang menarik dan kamu tinggal cari di mbah google lalu mendownloadnya.    Jelas dan Padat Data-data tentang diri kamu yang ada di dalam CV harus jelas dan padat, masukan nomer telpon yang bisa dihubungi, email, alamat, dan akun sosial media kamu agar pihak perusahaan bisa gampang menghubungi kamu. Kalau kamu aja susah dihubungi udah pasti pihak perusahaan jadi nggak tertarik sama kamu.   Gimana? Udah siap bikin CV yang kece dan menarik? kalau CV kamu udah ready nggak perlu nunggu-nunggu lagi, langsung aja apply ke perusahaan yang kamu mau lewat website www.topkarir.com, sekarang apply pekerjaan nggak pake ribet.
Komentar