Pencari Karir Pencari Kandidat

Pahami Konsep 3P dalam Mengelola Gaji Karyawan

24 Maret 2021 20:03 5956 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Salah satu tugas penting seorang HR selain merekrut karyawan adalah mengelola kompensasi, termasuk di dalamnya gaji. Dalam mengelola gaji HR harus menentukan skala dan struktur upah, menghitung gaji para karyawan sesuai bagiannya, sampai membuat slip gaji sesudah gaji tersebut diterima oleh karyawan. Belum lagi harus menyesuaikan besaran gaji dengan cuti, uang lembur, dan insentif lain. Banyak komponen yang harus diperhatikan dalam mengelola gaji, karenanya seorang HR wajib mengedepankan ketelitian dan keakuratan yang tinggi.

 

Untuk membantu Anda dalam menentukan gaji karyawan, terdapat konsep 3P yang bisa Anda pelajari. Konsep 3P ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan HR dalam menentukan gaji karyawan, terutama yang masih dalam proses penentuan. Atau jika Anda ingin memperbaiki sistem gaji yang sudah ada sekarang supaya lebih tepat sasaran.

 

Pay For Position

Sistem penggajian yang menggunakan konsep pay for position berarti membayar karyawan berdasarkan jabatan atau posisi yang dimiliki karyawan tersebut. Perusahaan umumnya akan menggaji karyawan berdasarkan latar belakang pendidikan, pengalaman, dan senioritas dari para karyawan. Namun, perusahaan yang memakai konsep ini terkadang tidak memperhatikan keahlian dan kualitas kerja yang dihasilkan oleh karyawan. Performa karyawan yang relatif biasa atau standar bukan menjadi masalah besar. Penggajian dengan sistem ini memungkinkan karyawan menerima peningkatan gaji melalui 2 jenis, yakni secara vertikal dan secara horizontal.

 

Jenis penggajian yang naik cara vertikal diartikan semakin tinggi posisi atau jabatan seseorang, maka gajinya pun akan mengalami kenaikan. Sedangkan untuk sistem horizontal, walaupun jabatan atau posisinya tetap, tetapi gaji bisa lebih tinggi dalam suatu divisi dibanding divisi lain di perusahaan yang sama. Hal ini dapat terjadi apabila nilai jabatan atau pekerjaan dalam suatu divisi mengalami peningkatan dibanding divisi lainnya dalam posisi yang sama. Contohnya, posisi junior videographer di divisi kreatif gajinya bisa lebih besar dibanding posisi junior akuntan di divisi keuangan sebab kontribusi dan gagasannya sangat besar untuk kemajuan perusahaan. Divisi lain masih memiliki peranan penting terhadap perusahaan, hanya nilainya saja yang berbeda.

 

Pay For Person

Sistem upah yang satu ini merupakan konsep penggajian dengan melihat dan mempertimbangkan keahlian atau skill yang dimiliki karyawan. Semakin tinggi kompetensi dan keahlian yang dimiliki seorang karyawan, gajinya pun akan semakin tinggi. Terlebih jika keahlian karyawan tersebut berdampak besar bagi kemajuan perusahaan. Biasanya sistem pay for person diterapkan pada karyawan yang mempunyai skill tinggi di bidang tertentu, seperti contohnya memiliki kemampuan research yang cepat dan akurat dibandingkan karyawan lain.

 

Sistem penggajian ini utamanya harus bersifat objektif dan tanggung jawab yang besar supaya bisa memperhitungkan skala penggajian dengan tepat dan mudah. Keunggulan lainnya jika Anda menerapkan konsep ini yakni Anda dapat membangun konsep People Operation di mana karyawan menjadi faktor terbesar dalam pengambilan keputusan.

 

Pay For Performance

Dan yang terakhir penggajian dengan konsep pay for performance yang artinya memberikan gaji karyawan berdasarkan performa atau prestasi yang diraih karyawan. Semakin tinggi performa karyawan maka akan semakin besar gaji yang ia terima. HR bisa mengaplikasikan sistem yang satu ini melalui pemberian tunjangan intensif dari perusahaan.

 

Pay for performance biasanya diterapkan di divisi pemasaran yang berhubungan dengan target pencapaian untuk menggaet klien atau konsumen. Divisi apapun yang memanfaatkan sistem penggajian ini harus mempunyai indikator yang jelas dan terukur untuk menentukan apakah pemberian gaji sudah sesuai dengan performa dan prestasi yang dimiliki karyawan. Ketepatan indikator juga bermanfaat untuk sebagai motivasi bagi karyawan lain agar meningkatkan prestasi dan performanya.

 

Itu tadi penjelasan dari konsep 3P dalam penggajian karyawan. Temukan talenta muda terbaik untuk bergabung bersama perusahaan Anda di TopKarir. Dapatkan akses dan sistem rekrutmen yang mudah dengan fitur sortir kandidat. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik di sini. Tips-tips karir lainnya seputar HR bisa Anda temukan di Ruang HR TopKarir.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Olahraga Sederhana Yang Bisa Lakukan Ketika Di Kantor

Olahraga Sederhana Yang Bisa Lakukan Ketika Di Kantor

Bagi pekerja kantor, meluangkan waktu untuk olahraga tidaklah mudah. Tuntutan kewajiban akan pekerjaan memaksa kita untuk merelakan beberapa hal yang seharusnya rutin untuk dilaksanakan, seperti halnya olahraga yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pernahkah terpikirkan olehmu untuk melakukan olahraga sambil bekerja? Ini nih ada beberapa gerakan olahraga sederhana yang bisa dilakukan di kantor untuk membuat fisik kamu kembali sehat. Yuk disimak ya!   Gerakan mengangkat bahu Gerakan ini berguna untuk melemaskan otot bahu yang tegang karena terlalu banyak bekerja. Caranya, duduklah dalam posisi tegap, angkat bahu kamu hingga setinggi telinga sambil menarik nafas dalam. Kamu juga bisa selingi gerakan ini dengan meregangkan otot leher ke samping, ke depan, dan belakang.  Gerakan ini akan membuat bahu kamu merasa lebih nyaman.   Push up meja Pastikan meja kamu kuat ya. Kamu bisa memulai gerakan dengan mundur beberapa langkah dari meja dan letakkan tangan di atasnya, lalu lakukan gerakan push up pada meja. Kamu bisa ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali.   Captain's chair Sesuai dengan namanya, gerakan ini dilakukan dengan bantuan kursi. Duduklah dengan tegap dan lurus kan lutut. Lalu, tekuk lutut dan angkat kakimu hingga melewati pusar.  Kamu bisa mengulang gerakan sebanyak 30 kali.     Gerakan berjinjit Gerakan ini sangat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu berdiri di belakang kursi, lakukan gerakan berjinjit dengan ujung kakimu. Lakukan gerakan ini secara perlahan hingga 10 kali. Ini berguna untuk melancarkan peredaran darahmu.  Nah itu dia gerakan-gerakan di atas yang mudah dan ringan untuk dilakukan di kantor. Yuk engga ada lagi alasan untuk engga berolahraga.  Temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 
Komentar