Pencari Karir Pencari Kandidat

Merasa Stres dan Tertekan di Tempat Kerja? Waspada Burnout Syndrome!

24 Maret 2021 20:03 1639 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Pekerjaan apapun tentunya membutuhkan tanggung jawab, pengorbanan, baik waktu maupun pikiran. Tidak jarang orang yang kelelahan karena melupakan kondisi fisiknya, sedangkan pekerjaan terus berdatangan. Alhasil tekanan dan stres pun muncul, kondisi ini dikenal dengan burnout syndrome. Burnout berdampak pada kesehatan fisik maupun mental. Nah, untuk mengantisipasinya kamu perlu tahu tanda-tanda berikut ini.

 

 

  • Selalu merasa lelah

 

Pekerjaan yang menguras energi membuat fisik kamu harus kuat bertahan, apalagi di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini. Kelelahan tidak hanya lelah fisik, tapi juga mental dan emosional. Tetap jaga kesehatan ya Sahabat TopKarir kalau kelelahan, beristirahatlah.

 

 

  • Kurang motivasi

 

Kalau kamu sudah merasa malas dan sulit bangun pagi, kaki semakin berat melangkah ke kantor, itu jadi pertanda kamu kekurangan motivasi. Kamu sudah tidak antusias dengan rutinitas kantor dan lingkungan kerja, nah mulai hati-hati burnout melanda.

 

 

  • Kepuasan menurun

 

Burnout akan membuat kamu merasa kurang bahagia dan tidak puas dengan apa yang saat ini kamu jalani. Kamu selalu merasa kurang meskipun apresiasi datang.

 

 

  • Penurunan performa

 

Kelelahan dan kekurangan motivasi akan berdampak pada penurunan performa kerja. Buat kamu yang merasa hasil kinerjamu menurun bisa jadi kamu mulai mengalami burnout. Sebaiknya kembali fokus pada pekerjaan dan pikirkan hal-hal yang kamu sukai, agar performamu meningkat lagi.

 

 

  • Merasa sendiri

 

Orang-orang yang punya pergaulan luas bahkan saat burnout akan merasa terasing. Kamu akan menjauh dari lingkungan sosialmu, dan memilih menyendiri. Merasa paling terbebani dan sulit menyampaikan masalah pekerjaan ke orang lain. Saat hal ini mulai kamu alami sebaiknya selalu ingat bahwa hidup tidak sendiri, kamu bisa menceritakan segala permasalahan yang akan membuatmu merasa lebih baik.

 

Nah itu tadi 5 gejala yang bisa kamu antisipasi sebelum burnout mengganggu kesehatan fisik, mental, dan emosional kamu. Jika sudah terlanjur mengalaminya, segera periksakan kondisi fisikmu ke dokter dan mentalmu ke psikiater. Tetap jaga tubuh dan pikiranmu ya Sahabat TopKarir. Yuk temukan informasi dan tips-tips seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Tidur Siang yang Berkualitas di Tempat Kerja

Tips Tidur Siang yang Berkualitas di Tempat Kerja

Ketika kamu sedang bekerja , sering ada timbul rasa mengantuk dan lelah.  Jika sudah begitu manfaatkan waktu istirahatmu untuk tidur, namun selama kamu mendapatkan waktu yang pas dan sesuai di tempat kerja. Kamu bisa melakukan tidur siang yang berkualitas di tempat kerja, berikut tipsnya   Jangan Menyia-nyiakan Waktu Istirahat   Sebenarnya tidak ada satupun perusahaan yang melarang pegawainya saat jam istirahat. Istilah kasarnya “terserah kamu mau buat apa yang penting jam istirahat habis kamu kembali bekerja”. Sayangnya, banyak pekerja yang justru memanfaatkan ini untuk tidur secara berlebihan.   Kamu harus sadar kalau kamu tidak sedang berada di rumah, tapi kamu berada di tempat kerja. Itu berarti kamu tidak bisa tidur semaunya. Hanya saja, selalu ada akal busuk yang kerap terlintas. Bahkan faktanya, banyak pekerja yang menghabiskan 1 jam istirahat untuk tidur dan di jam seharusnya ia bekerja ia justru gunakan untuk makan. Hal ini pasti salah.   Nah, langkah terbaik adalah dengan tidak menghabiskan jam istirahat kamu untuk makan apalagi tidur. Atur waktu, kamu bisa gunakan waktu untuk makan atau tidur selama beberapa menit.   Atur Alarm Sebelum Tidur   Ya, kamu punya ponsel pintar atau kalau memang perlu sediakan jam alarm di meja kerja kamu. Atur alarm sebelum kamu mulai menutup mata, sekitar 15 menit atau paling lama 20 sampai 25 menit. Waktu tersebut adalah waktu paling ideal agar kamu mendapatkan tidur siang yang berkualitas.   Cari Tempat yang Tidak Berisik dan Gelap   Cahaya lampu akan sangat mengganggu waktu tidur kamu. Untuk itu, agar kamu mendapatkan tidur yang berkualitas di tempat kerja kamu, carilah tempat yang gelap atau paling tidak cahaya yang minim. Kalau memang tidak ada, kamu bisa menggunakan penutup mata.   Selain itu, kamu sebaiknya jangan tidur di kantin atau tempat-tempat yang ramai. Karena selain kamu akan terganggu karena suara riuh kamu juga bisa menjadi bahan kejahilan teman-teman kamu.  
Komentar