Pencari Karir Pencari Kandidat

Manfaat Yang Bisa Kamu Ambil Dari Pelatihan Kerja

24 Maret 2021 20:03 1114 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

 

 

Dalam bekerja, yang kamu butuhkan adalah skill bukan kemampuan teori yang biasa kamu hafal saat kuliah. Agar benar-benar sanggup bersaing dalam dunia kerja, kamu butuh skill yang mumpuni sehingga perusahaan atau instansi yang kamu taksir bisa kamu raih. Untuk memperdalam skill yang kamu punya, kamu bisa mengikuti pelatihan kerja, seperti magang atau program pelatihan yang disediakan oleh Kementerian Tenaga Kerja. sebenarnya apa sih pentingnya pengalaman kerja untuk kamu? Nah berikut ini ulasanya, di simak ya.

 

  • Menambah pengetahuan baru

Pelatihan kerja atau magang yang kamu ikuti pastinya akan memberikan pengetahuan baru untukmu. Meski saat kuliah kamu merasa sudah cukup mengerti dan paham secara teori, namun nyatanya saat terjun ke lapangan masih ada hal-hal sederhana yang pastinya akan membuat kamu terpana. Kamu akan menemukan hal-hal baru untuk kamu terapkan nantinya saat memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

 

  • Mengasah skill yang kamu miliki

Disini skill yang kamu miliki benar-benar terasah. Kamu akan benar-benar mempraktikkan teori yang sudah kamu dapat saat kuliah dulu dalam praktek lapangan.  kamu akan mengetahui bagian mana yang menjadi titik lemahmu sehingga bisa kamu asah agar menjadi lebih baik.

 

  • Memperluas pertemanan

Memperluas pertemanan itu perlu apalagi jika kamu tak ingin menganggur lama saat tamat kuliah nanti. Mengikuti pelatihan kerja bisa membuatmu menambah lingkup pertemananmu. Kamu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai kota atau daerah. Hal ini juga akan mempermudahmu mendapatkan informasi lowongan untuk memperoleh pekerjaan.

 

  • Mendapat pengalaman berharga

Saat kamu bekerja, kamu akan dipandu oleh tenaga profesional yang ahli dalam bidangnya. Hal ini akan membuat kamu lebih siap saat kamu dihadapkan dengan dunia kerja yang sebenarnya.

 

  • Makin percaya diri 

Saat kamu mengikuti pelatihan kerja atau mempunyai pengalaman kerja., kamu akan mendapatkan sertifikat keahlian atau surat referensi kerja yang biasanya diberikan setiap kamu selesai mengikuti program magang atau pelatihan kerja. Sertifikat ini bisa kamu gunakan sebagai dokumen tambahan dalam melamar pekerjaan nanti. Dengan sertifikat ini kamu akan makin percaya diri dalam menghadapi persaingan di dunia kerja 

 

Itu dia manfaat dari pengalaman kerja yang tentuanya baik untuk diri kamu. Yuk temukan tips lainnya di TopKarir & download aplikasinya ya!

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
4 Kegiatan Seru Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kuliah di Luar Negeri

4 Kegiatan Seru Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kuliah di Luar Negeri

Sahabat TopKarir punya impian buat kuliah di luar negeri? Kamu harus coba wujudkan ya, mumpung usia masih muda, masih gampang dan semangat untuk terus belajar dan belajar. Sahabat TopKarir juga harus mengetahui ternyata kehidupan belajar ketika kamu di Indonesia dan luar negeri akan mengalami perbedaan. Perbedaan ini karena kamu bisa melaukan 4 kegiatan seru untuk mengisi masa indah kamu kuliah di luar negeri.   Berikut adalah 4 kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat kuliah di luar negeri.   Belajar di perpustakaan   Kamu akan bingung jika melihat perpustakaan selalu penuh di seluruh sudut ruangan. Percayalah kuliah di luar negeri akan lebih banyak menyita waktu kamu untuk belajar di perpustakaan. Hal ini dikarenakan tugas dan tuntutan penyelesaian riset kamu harus segera diselesaikan. Kamu harus memanfaatkan waktu studi kamu dengan efisien karena kalau terlambat tentunya kamu akan menanggung konsekuensi sendiri dengan membengkaknya biaya kuliah. Hal ini dikarenakan penyelenggara beasiswa sudah menghitung biaya kuliah kamu sesuai dengan kebutuhan.   Jadi pekerja paruh waktu   Untuk menambah uang jajan, biasanya para mahasiswa Indonesia bekerja paruh waktu, mereka biasanya memiliki jatah sekitar 3- 4 jam dalam  seminggu untuk bekerja freelance. Kegiatan ini dilakukan untuk mengusir rasa bosan dan jenuh karena tinggal jauh dari orang tua.   Jelajah negara   Dalam waktu liburan singkat atau kamu yang ingin menghemat biaya untuk tidak pulang selama masa liburan, bisa melakukan aktifitas jelajah negara. Kamu bisa keliling negara yang sedang kamu diami. Selain mendapatkan foto-foto yang keren, kamu juga bisa menjadikan hal ini sebagai salah satu moodbooster . Kamu bisa melakukan hal ini disaat weekend atau masa jeda perkuliahan.   Belajar asimilasi kebudayaan   Tinggal di negeri orang tentunya ada kebudayaan baru yang belum kamu pahami. Kamu bisa mempelajarinya lebih dalam dan mengenal lebih jauh budaya tersebut. Tujuannya adalah untuk mengetahui budaya setempat dan  belajar asimilasi budaya ini merupakan pengalaman yang sangat berharga untuk kamu.   Yuk buruan apply beasiswa di luar negeri yang sesuai dengan pilihan kamu di www.topkarir.com,  supaya kamu bisa lakukan 4 hal seru diatas Sahabat TopKarir.     
Komentar