Pencari Karir Pencari Kandidat

Manfaat Gabung Komunitas untuk Perkembangan Karir

24 Maret 2021 20:03 3456 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap jalan dan kesuksesan karir seseorang adalah komunitas. Komunitas jadi wadah yang bisa dimanfaatkan untuk menambah jaringan pertemanan, relasi, tempat berbagi dan berkumpul bersama orang-orang yang punya satu kesamaan hobi, visi, sampai profesi.

 

Hubungan yang kamu lakukan di komunitas bisa mempengaruhi pola pikir, dan pada tahap tertentu perjalanan karir kamu. Di komunitas kamu bisa mengembangkan potensi diri dan bereksplorasi sampai membawa kamu bertemu peluang karir yang luas. Karenanya, penting bagi seorang untuk bergabung dalam sebuah komunitas dan merasakan langsung manfaatnya buat kesuksesan karir. Berikut beberapa manfaat ikut komunitas untuk karir kamu.

 

Melatih skill komunikasi

Saat berada di dalam suatu komunitas kamu akan bertemu dengan banyak orang dan melakukan interaksi. Hubungan yang terjalin di komunitas akan membuatmu terbiasa berbicara dengan banyak orang, mengeluarkan pendapat, berdiskusi atau sekedar bercerita seputar hobi dan berbagi informasi terkini.

 

Belajar negosiasi

Komunitas itu bentuknya diskusi terbuka, lewat diskusi, kamu bisa menyuarakan gagasan yang kamu punya untuk sebuah tujuan komunitas. Misalnya saat komunitas akan mengadakan acara penggalangan dana untuk korban bencana, kamu bisa ikut andil memberikan ide-ide dan berdiskusi mencari jalan tengah bersama anggota komunitas lain. Atau saat komunitas membuat kegiatan lain dan membutuhkan sponsor, menawarkan kerja sama dengan calon sponsor juga bisa melatih kemampuan negosiasi kamu.

 

Membuka wawasan lebih luas

Di komunitas kamu juga akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Kamu bisa mendapat banyak insight dan pengetahuan baru. Misal di dalam komunitas pesepeda pasti terdiri dari banyak orang yang punya pekerjaan dan level kerja yang berbeda-beda. Kamu bisa berkenalan dan cari tahu banyak hal tentang pekerjaan dan pengalaman anggota komunitas lain untuk mendapatkan gambaran dan wawasan seputar karir.

 

Menambah poin plus di CV dan portofolio

Memiliki Curriculum Vitae (CV) dan portofolio yang bagus semakin memudahkan kita dalam menemukan pekerjaan setelah lulus dari jenjang pendidikan. Salah satu cara untuk menambah kemampuan yang kita miliki dalam CV dan portofolio yaitu dengan bergabung di sebuah komunitas. Komunitas mendorong kita untuk lebih produktif, mengerjakan suatu project, pameran, pertunjukan, yang pada akhirnya bisa menjadi nilai tambah saat memasuki dunia kerja.

 

Relasi jadi makin luas

Berawal dari interaksi yang dibangun di komunitas, kamu bisa mendapatkan relasi yang luas. Relasi ini bisa jadi jalan kamu bertemu dengan peluang karir. Jadi jangan ragu berkenalan dengan orang lain di dalam komunitas ya, siapa tau ia mereka bisa membantumu menuju sukses lewat pengalaman dan ilmu yang mereka bagi.

 

Itu tadi beberapa manfaat komunitas untuk perkembangan karir kamu. Yuk baca tips-tips dan info seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tekanan Pekerjaan Adalah Pelajaran Berharga Untuk Generasi Milenial

Tekanan Pekerjaan Adalah Pelajaran Berharga Untuk Generasi Milenial

Menghadapi tekanan pekerjaan adalah pelajaran berharga untuk generasi milenial. Hal ini dikarenakan secara karakteristik generasi milenial memiliki keunikan tersendiri dalam hal pekerjaan. Mulai dari kebiasaan hidup bergantung dengan sosial media hingga selalu pergi hangout selepas pulang kerja. Seharusnya sadar bahwa tekanan pekerjaan adalah pelajaran berharga untuk generasi milenial. Berikut adalah alasan mengapa tekanan pekerjaan mampu menjadi pelajaran berharga   Mampu Menjadi Pribadi yang Kuat   Kamu harus menyadari sebagai entry level masih banyak yang harus dipelajari. Jika dianalogikan kamu sebagai lembaran kertas putih yang harus setiap saat dituangkan tinta. Artinya kamu sebagai individu yang belum memahami industri dan siap menjadi ekspertise dalam industri.   Jiwa yang Sabar Dalam Segala Hal   Kamu sangat cocok untuk mendapatkan tekanan pekerjaan. Fungsinya adalah untuk menjadikan kamu individu yang memiliki jiwa yang sabar. Jangan pernah melawan tekanan pekerjaan, ikutilah layaknya arus air mengalir. Tanpa tantangan, tidak akan terbentuk jiwa yang sabar.   Mampu Keluar Dari Zona Nyaman   Kamu akan merasakan sebuah proses keluar dari zona nyaman kamu. Sebenarnya proses tekanan pekerjaan merupakan therapy shocked  yang diberikan agar menjadi pribadi yang baru dan mampu menemukan ritme pekerjaan sesungguhnya.   Belajar Time Management   Kamu tentunya akan semakin lihai dalam menyusun waktu. Tekanan pekerjaan biasanya mengarah terhadap efektif dan efisiensi dalam penggunaan waktu. Dengan ini kamu mampu mengatur waktu dengan baik untuk memulai seluruh pekerjaan yang akan kamu kerjakan   Mengajak Kamu Berpikir Positif   Dalam menghadapi tekanan pekerjaan, alangkah baiknya kamu menghadapinya dengan memiliki pemikiran yang positif. Artinya kamu dapat menerimanya tanpa ada keluhan dan berpikiran negatif tentang sikap atasan kamu. Dengan selalu berpikir positif kamu bisa menerapkan dalam segala hal.   Mampu Beradaptasi dan Berkoordinasi   Dengan adanya tekanan pekerjaan kamu juga belajar dan mampu untuk beradaptasi sekaligus berkoordinasi dengan teman kerja. Apalagi sistem pekerjaan kamu saling berkaitan dengan divisi yang satu dengan divisi yang lainnya. Dengan ini kamu juga akan mampu menjalin hubungan baik dengan teman kerja.     
Komentar