Pencari Karir Pencari Kandidat

Mahasiswa Indonesia sebagai Agen Perubahan Indonesia dan Dunia melalui Startup Weekend Indonesia

24 Maret 2021 20:03 4226 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Menghubungkan dan memberdayakan anak muda di seluruh Indonesia dengan membangun Startup selama 54 jam bagi para Mahasiswa yang sejalan dengan salah satu dari 5 Program Prioritas Pemerintah RI 2020-2024: pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan

 

Jakarta, Indonesia, 28 Oktober 2020 – Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2020, Startup Weekend Indonesia Online NextGen menggelar tahapan Graduation Day.

 

Setelah melewati beberapa tahapan, mulai dari Orientation Day pada 1 Oktober 2020, tahapan Entrepreneur Class yang terbagi menjadi empat batch, pada 2-25 Oktober 2020, dimana para peserta mahasiswa membangun startup mereka dalam waktu 54 jam di masing-masing university partner, dan Startup Weekend Indonesia Online NextGen akhirnya ditutup dengan tahapan terakhirnya, Graduation Day, pada 28 Oktober 2020. 

 

Lebih dari 1500 peserta telah bergabung dalam Startup Weekend Indonesia Online NextGen dengan total 163 startup tercipta selama kegiatan Entrepreneur Class. Bekerjasama dengan 28 universitas yang tersebar di 13 kota di Indonesia, SWI Online NextGen menggaet lebih dari 173 mentor dan speaker untuk membimbing para peserta mahasiswa dalam mengembangkan startup mereka. Dari total 300 ide startup yang telah tercetus selama Entrepreneur Class dan melalui kurasi Board of Mentors, terpilih 10 startup yang lolos ke tahap Live QnA bersama juri nasional, yaitu Michael Tampi (CIO dari Mugi Rekso Abadi), Ridzki Kramadibrata (President dari Grab Indonesia), dan Isabella Wibowo (Strategic Partnerships Development Manager Geo dari Google Indonesia). 

 

Graduation Day dibuka oleh sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, dan Faye Wongso, selaku Co-Founder dan CEO dari Kumpul yang menjadi National Coordinator dari Startup Weekend Indonesia Online NextGen. Dalam sambutannya, Mas Nadiem Makarim mempunyai harapan besar pada generasi muda, khususnya pada mahasiswa Indonesia, bahwa perubahan besar Indonesia nantinya. 

 

“Melalui Startup Weekend Indonesia, saya berharap segera hadir pengusaha-pengusaha muda baru, baik itu entrepreneur bisnis maupun social entrepreneur, untuk turut memberi solusi berbagai masalah nasional, dan turut berkontribusi dalam pembangunan negaranya,” imbuh Nadiem Makarim. 

 

Selain sesi Live QnA, Graduation Day juga menghadirkan diskusi seputar startup untuk membekali mahasiswa Indonesia dalam perannya di industri digital, dan dihadiri oleh para speaker ahli yang dibagi menjadi dua sesi acara, yaitu Finding Your Why yang diisi oleh Gita Wirjawan (CEO dan Founder dari Ancora Group), Pangeran Siahaan (CEO dan Founder dari Asumsi), dan Rhaka Ghanisatria (Co-Founder dari Menjadi Manusia); dan sesi selanjutnya yaitu Startup Survival 101 yang diisi oleh Rudi Ariffianto (Manager SMEPP dari PT Pertamina (Persero), Tessa Wijaya (Co-Founder dan COO dari Xendit), dan Christian Sugiono (CEO dan Founder dari Cumi.id), yang dimoderatori oleh Naya Tinanda Nabila (Co-Founder dan CEO dari Rollover Reaction). 

 

Dari 10 startup yang mengikuti tahapan Graduation Day, terpilih Eco-Aerator (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) sebagai Juara Pertama Graduation Day, disusul oleh Easy Cook (Universitas Atma Jaya Yogyakarta) sebagai Juara Kedua dan Kandang Pintar (Telkom University) sebagai Juara Ketiga. Terdapat juga pemenang kategori Judges Favorite yang dimenangkan oleh Dodolan.id (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur), dan kategori Public Favorite dari 9.300+ voters di website SWI Online NextGen yang dimenangkan oleh GajiKu (Universitas Multimedia Nusantara) dengan total dukungan sebanyak 1.646 suara. 

 

Melalui Startup Weekend Indonesia Online NextGen, dan berkat dukungan oleh banyak pihak dan city organizer, sekaligus bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, diharapkan generasi muda Indonesia, dan mahasiswa khususnya, untuk makin berkembang dalam menunjukkan dirinya dalam kompetisi ekonomi digital dunia dan melalui ide-ide yang luar biasa, siap untuk menjadi #MahasiswaBerinovasi.

 

Tentang KUMPUL 

KUMPUL adalah penggerak ekosistem entrepreneurship dan startup di Indonesia yang mengkatalisasi pertumbuhan ekosistem ekonomi kreatif dan digital melalui program-program yang dijalankan bersama 60 jaringan coworking dan komunitas di 30 kota Bersama 15.000 member. KUMPUL adalah mitra utama Techstar dan pemegang lisensi Startup Weekend Indonesia, serta mitra strategis dan koordinator Gerakan 1000 Startup Digital. www.kumpul.id 

 

Tentang Techstars 

Techstars adalah platform global untuk investasi dan inovasi. Para pendiri Techstars terhubung dengan pengusaha, pakar, mentor, alumni, investor, ketua komunitas, dan perusahaan untuk menumbuhkan perusahaan mereka. Techstars mengoperasikan tiga divisi: Program Startup Techstars, Program Akselerator Berbasis Mentor Techstars, dan Kemitraan Inovasi Korporat Techstars. Portofolio akselerator Techstars mencakup lebih dari 1.900 perusahaan dengan kapitalisasi pasar lebih dari $26 Miliar. www.techstars.com

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
5 Alasan Freshgraduate Ingin Kerja Di Startup

5 Alasan Freshgraduate Ingin Kerja Di Startup

Setelah lulus kuliah dan wisuda, para fresh graduate sudah punya rencana ingin bekerja dimana. Buat kamu yang berencana akan bekerja, tentu kamu akan tiba pada pertanyaan, ingin bekerja dimana.  Sebagian ingin bekerja di perusahaan besar, namun sebagian lagi ingin bekerja di startup, walaupun bekerja di dunia startup memang sedang diminati oleh banyak fresh graduate mengingat bahwa saat ini perkembangan teknologi semakin pesat. Namun apa alasannya ingin bekerja di startup? Berikut ini ulasannya. Simak ya!   Suasana kerja yang menyenangkan Mengingat skala perusahaan startup yang masih kecil, rasa kekeluargaan di dalamnya akan terasa. Disamping itu suasana kantor juga membuat nyaman dengan design yang unik & tidak membosankan. Terkadang perusahaan startup menyediakan beberapa fasilitas yang sangat menarik lho. Mulai dari tempat bermain, tempat bersantai, sampai tempat olahraga & dijamin gak akan membuat bosan.   Jam kerja fleksibel Jam bekerja di startup hampir sama dengan perusahaan lainnya, 8-9 jam. Namun di startup kamu bisa memulai bekerja dengan jam yang kamu mau asalkan dengan kurun waktu 8-9 jam, bahkan kamu bisa bekerja dari rumah lho atau di luar kantor seperti cafe atau restaurant. Serukan?    Banyak pengalaman ilmu Startup biasanya adalah perusahaan yang masih terbilang seumur jagung. Kamu akan menemukan rekan kerja yang seumuran & anak muda lainnya yang open minded, berwawasan, & masih memiliki semangat yang tinggi dengan ide-ide yang masih baru dan cemerlang.    Mendapatkan inovator sejati Di startup biasanya kamu bisa menemukan sosok inovator seperti Co-Founder yang memulai bisnisnya sendiri dari nol, yang sudah pasti memiliki mental dan profesionalisme yang berbeda dibandingkan dengan orang-orang yang tidak pernah mencoba membuat sesuatu bisnis. Orang-orang seperti itu yang perlu kamu dekati untuk berguru kepadanya. Nah, itu dia alasannya yang bikin fresh graduate ingin bekerja di dunia startup. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 
Komentar