KANDIDAT PERUSAHAAN

Job Seeker Wajib Tahu, Cover Letter Adalah Dokumen Penting untuk Melamar Kerja

15 April 2021 11:04 3617 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Saat ingin melamar pekerjaan pasti kamu akan menyiapkan dokumen untuk diserahkan ke perusahaan, Salah satunya yaitu cover letter atau dalam bahasa Indonesia berarti surat lamaran. Secara singkat cover letter adalah surat pengantar yang kamu buat ketika melamar ke suatu pekerjaan.

 

Cover letter yang ditulis dengan baik adalah cara sempurna untuk membedakan diri kamu dari orang lain, belum lagi meyakinkan perekrut bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut. Untuk tahu info lebih lanjut mengenai cover letter simak artikel dibawah ini.

Definisi cover letter

Cover letter adalah dokumen yang kamu kirimkan bersamaan dengan CV-mu (biasanya sebagai sampul depan). Namun, ini berbeda dari CV daripada menulis tentang keterampilan dan pengalaman kamu, dalam cover letter secara khusus ditulis dengan pekerjaan yang kamu lamar.

 

Cover letter memungkinkan kamu untuk menonjolkan area atau skill tertentu yang akan membuatmu tepat untuk posisi tersebut. 

Yang harus disertakan dalam cover letter

Berikut beberapa hal penting yang harus kamu tulis untuk dibahas dalam surat lamaranmu:

  • Data pribadi kamu (misalnya nama, alamat, nomor telepon)
  • Nama manajer perekrutan (jika kamu memilikinya)
  • Di mana kamu menemukan lowongan
  • Mengapa kamu cocok untuk pekerjaan itu
  • Apa yang dapat kamu lakukan untuk perusahaan
  • Pernyataan penutup (termasuk berterima kasih kepada perekrut atas waktunya)

Mengapa cover letter penting?

Sederhananya, surat lamaran adalah cara termudah dan paling efektif untuk menonjolkan diri kamu. Hal ini akan memberikan nilai tambah ketika kamu melamar pekerjaan.

 

Perekrut akan belajar lebih banyak tentang kamu, kepribadian kamu, apa yang sebenarnya kamu inginkan dari pekerjaan itu dan mendapatkan wawasan tentang mengapa kamu melamar.

Karena CV kamu seharusnya pendek dan ringkas, surat lamaran adalah cara terbaik untuk menceritakan pencapaian kamu.

Bagaimana seharusnya format cover letter?

Sama seperti CV, tidak ada format yang pasti saat menulis surat lamaran. Namun, layout surat lamaran akan menunjukkan banyak hal tentang pendekatan kamu, dan perhatian kamu secara keseluruhan terhadap detail.

 

Untuk memastikan apa yang kamu tulis logis, langsung ke intinya dan mudah dibaca, berikut beberapa yang bisa kamu ikuti untuk menulis surat lamaran:

  • Jelas dan ringkas
  • Buat paragraf pendek dan langsung ke inti (tidak bertele-tele)
  • Dukung pernyataan apa pun yang kamu buat dengan fakta & angka
  • Pilih font profesional
  • Periksa ejaan dan tata bahasa
  • Gunakan template

Berapa panjang cover letter yang baik?

Sekitar setengah halaman A4 (maksimum satu halaman). Ingat ya cover letter harus sedikit lebih mendalam daripada CV kamu, tetapi tetap menarik dan langsung ke intinya. Perekrut tidak akan mau membaca seluruh kisah hidupmu.

Apakah penting saya memiliki cover letter?

Kamu harus selalu mengirimkan surat lamaran dengan CV-mu, tidak ada pengecualian. Hal ini bukan hanya menunjukkan bahwa kamu serius dengan pekerjaan yang kamu lamar, tetapi juga memberi kamu kesempatan untuk menyesuaikan lamaran kamu dengan peran tersebut.

 

Selain perihal membuat cover letter, dapatkan tips karir terbaik lainnya untuk bekal karirmu di sini. Temukan juga berbagai lowongan kerja yang lagi kamu cari di JatimCerdas.id.

Komentar