Pencari Karir Pencari Kandidat

Ini Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa yang Benar

24 Maret 2021 20:03 15195 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Surat keterangan kerja untuk visa - Saat mengajukan visa di negara atau wilayah tertentu, Anda mungkin diminta untuk memberikan bukti pekerjaan. Surat keterangan kerja mirip dengan surat yang Anda terima ketika Anda memulai pekerjaan Anda saat ini. Namun, ini sedikit berbeda. 

 

Surat kerja untuk aplikasi visa ditulis untuk menunjukkan bahwa karyawan tersebut masih bekerja di perusahaan dan diharapkan kembali setelah perjalanan. Di artikel ini, Anda akan menemukan informasi untuk menulis surat keterangan kerja untuk visa.

 

Apa tujuan dari surat permohonan visa karyawan?

Selama proses aplikasi visa, surat keterangan kerja memiliki 3 fungsi utama:

1. Memberikan bukti kemampuan keuangan

Ini adalah fungsi terpenting dari surat yang dikirim oleh perusahaan selama proses aplikasi visa. Sebelum mendapatkan visa, Anda harus meyakinkan kedutaan bahwa Anda memiliki cukup uang untuk menghidupi diri sendiri dan mensubsidi akomodasi (terutama jika visa membatasi pekerjaan Anda selama kunjungan Anda).

 

Dalam hal ini, surat tersebut akan merinci informasi tentang waktu tinggal dan posisi Anda di perusahaan. Tapi yang paling penting, gaji bulanan Anda dan mungkin harus sudah sesuai dengan standar gaji terbaru.

 

2. Berfungsi sebagai Verifikasi Pekerjaan

Selain untuk memverifikasi status keuangan, surat majikan Anda juga bisa digunakan sebagai surat keterangan kerja yang memastikan Anda pergi berkunjung untuk urusan pekerjaan. Sebab, saat mengajukan visa jangka pendek, verifikasi ini bisa jadi membantu persetujuannya.



3. Tentukan sifat tugas / bisnis yang akan dilakukan

Jika perjalanan Anda diprakarsai atau disponsori oleh sebuah perusahaan, surat dari perusahan dapat sangat memudahkan proses ini. Surat ini akan berisi informasi rinci tentang tugas atau pelatihan yang akan Anda (atau karyawan manapun) lakukan setibanya di negara tersebut. Selain itu, surat ini juga akan menjamin bahwa perusahaan akan bertanggung jawab secara finansial atas akomodasi Anda dan semua biaya perjalanan yang timbul.

 

Contoh surat keterangan kerja untuk visa yang benar

[COMPANY LETTERHEAD]

15th February 2019

(Name of Embassy)

(The address of the embassy in your country)

Dear Sir/Madam

Rianti: Passport No – 147852369

 

I am writing to confirm that Ms. Rianti is an employee of Wadas Tech. Co. and is working as a nuclear equipment operations technician.

Ms. Law has been an employee since October 2014, and her annual salary after salary deduction is $58,000. Her work at Wadas Tech Co. involves the use and maintenance of nuclear equipment to perform various analytical functions and tests.

 

She intends to visit (destination) during her vacation in December 2019. Therefore, if you provide her with all the necessary help during this time, we would be very grateful. This may improve her performance when she subsequently returns to work.

Please contact us for further instructions you may need.

 

Thank you.

Sincerely

(Sign)

Gilbert A Titterington

Employee Relations officer

For: Wadas Tech Co.

 

Contoh kedua

 

[COMPANY LETTERHEAD]

15th February  2019

(The Embassy name)

(The address of the embassy in your country)

Dear Sir/Madam

Ricky: Passport No – 741852963

 

I am writing to confirm that Mr. Ricky is employed by Metronome Limited. He is a reporter and correspondent. Mr. Ricky has been an employee since January 2017, and his total annual salary after deduction is $85,000. In addition, his work at Metronome Limited involves reporting and communicating for the company's news media.

 

He is the representative of Metronome Limited at the annual conference of journalists and journalists, which is titled "The Way Forward for Letters." The meeting is scheduled for May 17, 2019, and his expenses will be paid in full by the company.

 

Please contact me at vp@metronome.com for further instructions you may need.

Thank you.

Sincerely

(Sign)

 

Ricky A Brewer

Vice president

Metronome Limited


Selain visa, yuk temukan tips karir lainnya dari NU Career. Jangan lupa kunjungi situs resmi NU Career di https://www.nucareer.id/ untuk mencari beragam lowongan pekerjaan terbaik.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Menulis CV yang Baik Untuk Magang

Menulis CV yang Baik Untuk Magang

Anak magang pasti kesulitan untuk membuat CV yang menarik  hati HRD. Sahabat TopKarir harus memiliki keahlian dalam menulis CV sesuai dengan keahlian kamu. Usahakan untuk tidak membuat riwayat pekerjaan palsu karena HRD sudah tahu kapasitas kamu sebagai calon anak magang dan membutuhkan pengalaman. Untuk itu ada bebarapa kiat untuk menulis CV ala anak magang. Jelaskan Objektivitas dengan Menarik Sebagai anak magang kamu harus membuat dan menjelaskan dengan tepat objektivitas kamu untuk ikut dalam program magang. Kamu harus menjelaskan bahwa objektivitas kamu adalah untuk memahami industri yang kamu minati lebih dalam   Ada Sertifikat Pelatihan Softskill Lampirkan Perusahaan tidak begitu saja menerima anak magang dengan softskill yang seadanya. Anak magang juga memerlukan softskill yang dibutuhkan perusahaan. Nah, masih ada waktu untuk kamu mengikuti pelatihan softskill. Jangan pernah kamu memikir biayanya mahal, karena itu adalah aset yang berharga untuk kamu dikemudian hari. Dengan adanya kapasitas kamu dalam mengikuti pelatihan maka HRD sudah pasti memberikan penilaian yang beda.   Tulis Pengalaman Organisasi atau Event yang Kamu Tangani Kamu seharusnya dalam kegiatan kampus aktif. Artinya kamu akan terbiasa untuk mengenal struktur organisasi dan  kepemimpinan. Kamu juga akhirnya terbiasa dan terlatih dalam menjalankan event kampus. Perlu dicatat, setiap perusahaan tentunya selalu mengadakan event dan mungkin perusahaan membutuhkan keahlian kamu ini.   Sediakan Portofolio Kamu Portofolio pekerjaan bisa saja menggunakan tugas kuliah kamu yang dinilai sukses. Contohnya, tulisan kamu berhasil dimuat di tajuk wacana media nasional. Lampirkan tulisan tersebut dan ini juga bisa dijadikan senjata andalan kamu pada saat interview nanti.   Minta Surat Rekomendasi Setiap mahasiswa atau pelajar sudah psti memiliki catatan dan kesan tersendiri dari pengajarnya. Untuk itu kamu bisa meminta bantuna pengajar kamu dalam hal surat rekomendasi. Surat rekomendasi biasanya menceritakan diri kamu dalam keterampilan bidang akademik. Dengan adanya tambahan surat rekomendasi maka akan semakin membuat kualitas CV kamu semakin menarik. Itulah kiat membuat CV ala anak magang. Kamu jangan pernah menyerah dalam membuat CV yang baik. Buatlah CV sesuai dengan karakter kamu, jangan pernah menjiplak CV karya teman Sahabat TopKarir ya.    
Tips Membuat CV Menarik

Tips Membuat CV Menarik

Curiculum Vitae (CV) adalah hal yang paling penting jika kamu mau melamar kerja. Hal  pertama yang diminta oleh pihak perusahaan tentu saja CV yang kamu punya, apasih CV itu? CV adalah resume atau gambaran singkat diri kamu, lewat cv inilah perusahaan akan mendapatkan first impression tentang kamu. Itu tandanya kamu harus serius dalam membuat CV, karena CV adalah salah satu usaha untunk menjual kemampuan kamu yang akan menarik perusahaan. Untuk menarik pihak perusahaan, tentu aja kamu harus membuat CV yang menarik, terus gimana sih cara membuat CV yang menarik? Yuk disimak!   Sederhana Supaya pihak perusahaan lebih mudah untuk mengetahui tentang diri kamu, buatlah CV yang sederhana dan jelas. Biasanya CV pelamar kerja yang masuk ke perusahaan sangat banyak, dan perusahaan nggak punya banyak waktu untuk membacanya. Kalau CV kamu sudah terlihat bertele-tele dan merepotkan, tentu aja pihak perusahaan nggak akan tertarik.    Desain Menarik Jangan remehkan Desain yang ada pada CV kamu, dengan desain yang menarik bisa membuat pihak perusahaan tertarik dan tidak bosan melihatnya. Desain yang menarik juga akan membuat perusahaan berfikir kamu memang niat untuk melamar kerja. Kalau kamu bingung gimana membuat desain yang menarik untuk CV kamu, nggak perlu bingung sudah banyak yang menyediakan template desain CV yang menarik dan kamu tinggal cari di mbah google lalu mendownloadnya.    Jelas dan Padat Data-data tentang diri kamu yang ada di dalam CV harus jelas dan padat, masukan nomer telpon yang bisa dihubungi, email, alamat, dan akun sosial media kamu agar pihak perusahaan bisa gampang menghubungi kamu. Kalau kamu aja susah dihubungi udah pasti pihak perusahaan jadi nggak tertarik sama kamu.   Gimana? Udah siap bikin CV yang kece dan menarik? kalau CV kamu udah ready nggak perlu nunggu-nunggu lagi, langsung aja apply ke perusahaan yang kamu mau lewat website www.topkarir.com, sekarang apply pekerjaan nggak pake ribet.
Komentar