Cara Mudah Menggunakan Internet Untuk Guru  | TopKarir.com

Cara Mudah Menggunakan Internet Untuk Guru 

10-07-2019 14:34:15

 

Seorang guru memiliki peranan penting dalam kehidupan generasi millennials yang menuntut perubahan. Tantangan guru di zaman sekarang dipicu karena berkembangnya dunia pendidikan yang diimbangi dengan kemajuan teknologi. Revolusi Industri 4.0 menuntut para guru menguasai teknologi internet dalam proses pendidikan. Tips berikut ini dapat membantu agar bisa menjadi guru cerdas dalam memanfaatkan internet, di simak ya.



  • Metode pembelajaran berbasis game

Pelajaran yang dikenal sulit seperti matematika, fisika dan kimia bisa dibuat menarik dalam bentuk game sederhana. Untuk membuat game ini, guru dapat memanfaatkan teknologi internet yang menunjang. Pembelajaran berbasis game ini merupakan salah satu strategi agar siswa mampu bersaing di dunia digital. Selain itu, guru juga dapat meminimalisir kebiasaan buruk siswa terhadap kecanduan game online yang tidak memberikan manfaat.

 

  • Software berbasis research

Di era digital, banyak sekali bermunculan software yang mendukung pekerjaan guru. Software seperti Phet, Phypox, Modellus X , physion dan software berbasis research lainnya dapat dimanfaatkan para guru secara gratis. Aplikasi ini memudahkan guru untuk menjelaskan materi secara konseptual dan melalui penampilan gambar yang menarik dan interaktif akan membuat siswa mudah memahami materi.



  • Bisa membuat komunitas belajar online

Kebutuhan siswa di era millennials mengenai pendidikan berubah seiring zaman. Teknologi dapat internet mempermudah guru dalam memberikan ilmu untuk para siswa.  Waktu yang fleksibel dan mudah dijangkau semua siswa menjadi alasan untuk memanfaatkan komunitas belajar online ini. Tugas dan diskusi dapat dibantu dengan menggunakan aplikasi dan kelebihan dalam komunitas online, guru juga dapat menjangkau semua siswa hanya dalam satu gadget saja lho.




  • Membuat konten kreatif

Untuk menjaga penyalahgunaan dalam memanfaatkan internet, guru harus dapat menciptakan konten kreatif yang menarik perhatian siswa. Aplikasi pendukung seperti YouTube, Instagram, dan Facebook dapat dimanfaatkan guru untuk membagikan konten kreatif. Mengemas materi yang dianggap susah ke dalam video interaktif yang meningkatkan minat siswa harus dibuat, ini akan menstimulasi kognitif siswa untuk memahami pelajaran secara mudah. 

 

Nah itu dia manfaat dari penggunaaan internet untuk guru. Yuk simak tips lainnya di TopKarir & download aplikasinya ya!


tutup
Registrasi berhasil

tutup