KANDIDAT PERUSAHAAN

Begini Cara Mengatur Uang THR biar Makin Berkah

28 April 2022 08:04 4607 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Dapetin gaji ketiga belas atau tunjangan hari raya (THR) pastinya udah dinanti-nanti sama karyawan sejak memasuki bulan Ramadan. Tapi terkadang uang THR dateng cuma buat pergi alias mampir bentar aja di rekening tabungan, abis itu habis entah untuk apa aja.

 

Apalagi buat para pekerja pendatang baru yang pertama kalinya terima THR, gak jarang suka khilaf mengeluarkan uang untuk keperluan yang kurang jelas. Padahal, benefit THR akan lebih berasa kalau kita bisa mengelolanya dengan bijak.

 

Nah, biar uang THR bisa lebih maksimal dirasakan manfaatnya, bahkan bisa jadi lebih berkah untuk kamu, ada beberapa tips mengaturnya. Simak ulasannya di bawah ini ya.

 

1. Prioritaskan untuk kebutuhan Hari Raya

Namanya juga Tunjangan Hari Raya, ya uang ini memang tujuannya digunakan untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Lebaran.

 

Prioritaskan penggunaannya untuk kebutuhan Lebaran, seperti membeli tiket mudik, membeli baju baru, menyiapkan hidangan Lebaran atau menyiapkan THR untuk sanak saudara.

 

Kendalikan setiap pengeluaran kamu dengan bijak, meskipun diprioritaskan untuk Lebaran, bukan berarti kamu membeli segala barang tanpa perhitungan. Ingat, semua yang berlebihan itu nggak baik, lho.

 

2. Sisihkan untuk ditabung sebelum digunakan

Salah satu kendala dalam menabung apalagi kalau bukan nggak ada uangnya. Sekarang, ketika kamu sudah menerima THR sebagai tambahan gaji pokok, kamu nggak ada alasan lagi untuk skip menabung.

 

Sebelum digunakan untuk membeli keperluan lain, sisihkan sejumlah uang THR yang kamu dapat ke dalam rekening tabunganmu.

 

Jangan cuma dipakai untuk self-reward aja, pikirkan juga dana darurat atau tabungan masa depanmu nanti. Cukup sisihkan minimal 10 persen dari total uang THR aja kok, gak berat kan?

 

3. Manjakan diri dengan cukup

Nggak apa-apa kok kalau mau manjain diri pakai uang THR, toh itu juga salah satu bentuk penghargaan atas usaha dan kerja keras kamu.

 

Tapi ingat, beli apa yang memang kamu butuhkan, bukan untuk keinginan sesaat. Kalau cuma buat menuhin keinginan, yang ada kamu gak akan dapet manfaat yang baik buat diri kamu maupun orang lain. Tetap hemat berbelanja, ya.

 

4. Sedekahkan sebagian uang THR untuk sesama yang membutuhkan

Ramadan dan Lebaran adalah momen terbaik untuk memperbanyak ibadah dan sedekah, karena Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat ganda pada hambanya yang taat dan memperbanyak hal-hal baik.

 

Rezeki yang kita terima termasuk dalam bentuk THR ada hak orang lain yang membutuhkan. Kamu bisa menyalurkan sebagian rezeki itu bersedekah, infak, sumbangan anak yatim atau kewajiban membayar zakat.

 

Dengan begitu di momen Lebaran, diharapkan semua umat Muslim dapat merayakannya dengan sukacita dan kehangatan.

 

Itu tadi empat cara mengatur uang THR biar manfaatnya bisa dirasakan dan makin berkah.

 

Yuk, baca lebih banyak informasi dan tips karir menarik lainnya di TipsKarir. Temukan berbagai lowongan kerja seluruh Indonesia ter-update di sini. Download juga aplikasi TopKarir untuk dapatkan kemudahan melamar pekerjaan.

Komentar