Pencari Karir Pencari Kandidat

Apa itu Telemarketing? Berikut Pengertian, Tugas, Skill, dan Gajinya

08 September 2022 15:09 1637 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Pernahkah kamu menerima sebuah telepon yang mana seseorang mempromosikan sebuah produk kepada kamu? Jika pernah Hal itu merupakan salah satu aktivitas yang disebut dengan telemarketing, biasanya profesi telemarketing ini erat kaitannya dengan pekerjaan yang menggunakan komunikasi telepon untuk menawarkan sebuah produk atau jasa. Mungkin profesi ini jarang didengar oleh orang akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari nyatanya kita sering menemui aktivitas dalam marketing tersebut.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai profesi ini dan berencana ingin berkarir dalam dunia telemarketing kamu bisa mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu telemarketing mulai dari pengertian tugas dan juga skill apa yang harus kamu kuasai.

 

Pengertian Telemarketing

telemarketing adalah salah satu teknik pemasaran yang pada aktivitasnya memberikan sebuah informasi serta menawarkan produk ataupun jasa kepada pelanggan melalui telepon, sedangkan untuk profesinya sendiri disebut sebagai seorang telemarketer yang mana tugasnya adalah melakukan telemarketing kepada pelanggan.

 

Dalam aktivitas telemarketing ini biasanya terdapat di semua industri pekerjaan mulai dari industri telekomunikasi, perbankan. Maka tidak heran produk dan juga jasa yang ditawarkan oleh seorang telemarketing akan berbeda-beda mulai dari pelayanan jasa hingga asuransi.

 

Tugas Seorang Telemarketing Dalam Pekerjaan

Saat menjadi telemarketer kamu akan melakukan beberapa tugas telemarketing, untuk beberapa tugasnya yaitu sebagai berikut.

 

Melakukan panggilan via telepon kepada calon pelanggan

Tugas yang pertama seorang telemarketing dalam pekerjaan adalah melakukan jobdesk telemarketing panggilan melalui telepon kepada calon pelanggan, tugas ini tentunya menjadi salah satu tugas utama seorang telemarketing nanti akan ada sebuah script Yang menjadi pedoman selama melakukan pembicaraan dengan konsumen yang biasanya berisi mengenai informasi serta detail dari produk yang ditawarkan.

 

Menjelaskan produk

Tugas telemarketer berikutnya adalah menjelaskan tentang produk, saat kamu menjadi seorang telemarketer kamu tidak hanya akan melakukan panggilan via telepon serta menawarkan produk saja akan tetapi kamu juga harus menjelaskan produk yang akan kamu tawarkan kepada calon konsumen, dalam menjelaskan sebuah produk kamu harus menjelaskannya secara jelas detail dan juga tentunya harus menarik.

 

Untuk bisa menjelaskan produk secara terperinci tersebut tentunya kamu harus memiliki pemahaman yang baik terlebih dahulu mengenai produk yang akan kamu tawarkan kepada para calon konsumen maka dari itu sebelum melakukan panggilan kepada konsumen Kamu bisa mempelajari produknya terlebih.

 

Menjawab pertanyaan dan panggilan dari pelanggan

Berikutnya adalah bertugas untuk menjawab setiap pertanyaan dan juga panggilan dari pelanggan, saat pelanggan tertarik dengan produk kamu tentunya para pelanggan akan menanyakan beberapa detail mengenai produk yang kita tawarkan, pertanyaannya bisa berupa harga dari produk manfaat hingga Apakah produk yang kamu tawarkan memiliki jenis lain atau tidak.

 

Saat para pelanggan menanyakan pertanyaan tersebut kamu harus bisa menjawabnya dengan baik dan juga harus detail agar para pelanggan yang menanyakan pertanyaan tersebut mengerti mengenai penjelasan yang sudah kamu berikan, selain menjawab pertanyaan sebagai seorang telemarketer juga kamu diharuskan untuk bisa menerima panggilan dari pelanggan baik itu panggilan mengenai keluhan ataupun pemesanan produk.

 

Menindaklanjuti pelanggan untuk penjualan 

Sebagai seorang telemarketer juga kamu akan bertugas untuk menindaklanjuti pembicaraan yang telah dilakukan sebelumnya, ketika para pelanggan tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan kamu harus dapat segera memproses permintaan dari pelanggan tersebut, contohnya seperti mengarahkan si pelanggan kepada bagian penjualan untuk bisa melanjutkan proses pembelian produk.

 

Membuat daftar pelanggan yang telah dihubungi 

Tugas berikutnya dari seorang telemarketer adalah membuat daftar pelanggan yang telah dihubungi, setelah kamu memberikan informasi dan memberikan penawaran mengenai produk yang ditawarkan langkah berikutnya kamu juga bertugas untuk membuat daftar dari pelanggan pelanggan yang nantinya bisa dihubungi kembali.

 

Sebagai seorang telemarketer kamu harus bisa membedakan dan menyortir pelanggan mana saja yang bisa dihubungi untuk menawarkan produk kembali dan mana pelanggan yang memang tidak bisa dihubungi kembali ataupun tidak tertarik dengan produk yang ditawarkan.

 

Pencatatan kontak pelanggan

Selain membuat daftar pelanggan mana saja yang bisa dihubungi dan tidak tugas berikutnya dari seorang telemarketer adalah melakukan pencatatan kontak pelanggan dan menjaga serta memeliharanya, dengan memiliki catatan kontak pelanggan ini nantinya kamu akan dimudahkan untuk bisa menemukan pelanggan mana yang tertarik ataupun pelanggan mana yang pernah membeli produk yang kamu tawarkan.

 

Hal ini juga berfungsi agar dalam melakukan penawaran kembali produk kita kedepannya kepada para pelanggan kamu tidak kesusahan dan juga hal ini bisa membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan tersebut.

 

Melakukan survei pelanggan 

Tugas yang terakhir yang akan dilakukan oleh seorang telemarketer dalam pekerjaan adalah melakukan sebuah survei pelanggan, survei ini sangatlah penting dilakukan karena dengan melakukan survei pelanggan kamu akan mengetahui informasi mengenai pelanggan yang potensial.

 

Dan juga kamu akan mendapatkan data yang nantinya bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas produk yang kamu tawarkan, selain itu duluan melakukan survei pelanggan juga hal ini akan meningkatkan pelayanan berdasarkan bibit yang diterima langsung dari pelanggan yang pernah kamu hubungi dan juga pelanggan yang pernah menggunakan produk.

 

Skill Yang Harus Dikuasai Telemarketing

Agar bisa menjalankan beberapa tugas di atas telemarketer harus bisa menguasai beberapa skill dalam melakukan telemarketing, untuk beberapa skillnya kamu bisa mempelajari beberapa skill di bawah ini.

 

Marketing

Skill pertama yang harus kamu kuasai agar bisa menjadi seorang telemarketing yang handal adalah skill marketing, kamu bisa mempelajari minimal pemahaman dasar dari teknik marketing serta mengetahui demografi calon pelanggan mulai dari usia, pekerjaan, jenis kelamin dan yang lainnya.

 

Dengan menguasai skill marketing ini nantinya kamu akan lebih memahami mengenai pasar dan juga target konsumen dari perusahaan kamu, sehingga strategi marketing yang akan dijalankan oleh perusahaan bisa berjalan dengan baik, saat kamu sudah memiliki skill ini tentunya bisa menjadi modal yang sangat baik untuk kamu berkarir dalam dunia telemarketing.

 

Komunikasi 

Skill berikutnya yang harus kamu kuasai adalah skill komunikasi, seperti yang sudah diketahui bahwa tugas utama dari seorang telemarketer adalah berhubungan langsung dengan calon pelanggan atau konsumen sehingga skill komunikasi ini menjadi salah satu syarat wajib dan juga kemampuan wajib yang harus dikuasai oleh kamu jika ingin menjadi seorang telemarketer.

 

Sebagai seorang telemarketer kamu diharuskan untuk bisa membuat pembicaraan yang santai dan juga nada bicara yang terkesan tidak kaku agar para pelanggan bisa terkesan oleh penjelasanmu, selain itu kamu juga harus bisa membangun pembicaraan yang nyaman dengan pelanggan.

 

Manajemen Waktu

Sebagai seorang telemarketer skill terakhir yang harus kamu kuasai adalah skill manajemen waktu, skill manajemen waktu ini sangatlah penting bagi seorang telemarketer karena nantinya kamu akan diadakan dengan banyak sekali tugas mulai dari mencatat data pelanggan, memeriksa email dan juga melakukan panggilan via telepon kepada pelanggan.

 

Kamu harus bisa memanajemen waktu kamu agar bisa mengerjakan beberapa tugas di atas tadi dengan tepat , selain itu saat melakukan panggilan telepon kepada pelanggan kamu harus mengetahui jam-jam sibuk mereka agar nantinya ketika kamu melakukan panggilan tidak mengganggu aktivitas dari calon pelanggan tersebut.

 

Gaji Telemarketing di Indonesia

Bagi kamu yang ingin berkarir menjadi seorang telemarketing di Indonesia kamu harus mengetahui terlebih dahulu besaran gaji dari seorang peran marketing, 

Dikutip dari indeed.com, gaji telemarketing di Indonesia rata-rata sebesar Rp. 3.790.049 juta perbulan, dan untuk kota Gaji tertinggi yang akan didapatkan oleh seorang telemarketing adalah kota Surabaya yang memberikan gaji sebesar Rp.4.405.035 juta perbulan.

 

Gimana tertarik untuk berkarir di bidang telemarketing? Bagi kamu yang tertarik kamu bisa mencari lowongan pekerjaan mengenai telemarketing ini pada website TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar