KANDIDAT PERUSAHAAN

Apa Itu Reimbursement? Ini Pengertian dan Contohnya

15 April 2021 11:04 4170 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Reimbursement adalah kompensasi moneter yang diterima untuk menutupi transaksi yang dilakukan sebelumnya. Dengan kata lain, reimbursement berarti mendapatkan uang kembali dari pembelian tertentu.

1. Apa arti reimbursement dalam bisnis?

Reimbursement sering hadir setiap hari dalam keseharian kita. reimbursement adalah tindakan di mana kamu mendapatkan kembali uang yang telah kamu keluarkan untuk produk atau layanan tertentu.

 

Kejadian ini kebanyakan terjadi ketika kamu membayar sesuatu atas nama pihak ketiga atau orang lain memiliki tanggung jawab untuk menanggung biaya tersebut.

 

Kata reimbursement sangat mirip dengan kata refund karena kedua kata tersebut memiliki arti kamu mendapatkan uangmu kembali.

 

Perbedaan antara kedua kata tersebut adalah refund sering sekali dikaitkan dengan barang yang rusak atau pelanggan kurang puas dengan transaksi yang terjadi.

 

Sedangkan kata reimbursement biasanya digunakan untuk situasi dimana seharusnya seseorang tidak perlu mengeluarkan uang dan hal itulah yang menyebabkan reimbursement terjadi.

 

Contoh situasinya seperti biaya perjalanan yang diganti oleh perusahaan kepada karyawan, perusahaan asuransi yang mengganti pengobatan yang dibeli oleh individu yang diasuransikan atau pembelian yang dilakukan untuk orang lain yang harus dibayar kembali.

2. Contoh reimbursement

Ricky adalah Manajer Penjualan Nasional perusahaan  PT. Jaya Mie. Perusahaan yang memproduksi mie instan. Salah satu tugas Ricky sebagai manajer penjualan nasional adalah harus bepergian ke berbagai pulau di Indonesia untuk mengawasi Manajer Penjualan Regional. 

 

Perusahaan biasanya membayar biaya perjalanan Ricky di muka, tetapi kali ini dia melakukan perjalanan dan tidak ada cukup waktu untuk mengurus dan menunggu uang perjalanan yang dikeluarkan perusahaan.

 

Akhirnya Ricky mengumpulkan semua kwitansi biaya pengeluaran dan memberikannya kepada perusahaan. Apakah ini situasi reimbursement?

 

Istilah reimbursement, menurut definisi kami adalah kompensasi moneter yang diterima untuk menutupi transaksi yang dilakukan sebelumnya. Biaya perjalanan ini seharusnya ditanggung oleh perusahaan.

 

Ini berarti perusahaan harus mengganti semua biaya yang dikeluarkan oleh Ricky selama perjalanan, sesuai dengan kebijakan penggantian perusahaan.

 

Selain perihal reimbursement pegawai, temukan tips karir terbaik lainnya di sini. Temukan juga berbagai lowongan kerja yang lagi kamu cari di JatimCerdas.id.

Komentar