Pencari Karir Pencari Kandidat

Apa itu Quality Control? Berikut Pengertian, Tugas, Skill, dan Gajinya

07 September 2022 16:09 1833 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Pada setiap perusahaan tentunya ada bagian quality control yang mempunyai tujuan untuk mengecek produk yang berkualitas serta disenangi oleh pelanggan, maka tidak heran banyak perusahaan yang saat ini sangat membutuhkan profesi ini agar mereka memiliki produk yang bisa dijual dengan kualitas yang baik. 

 

Agar mendapatkan kualitas produk yang berkualitas maka perusahaan memerlukan orang yang bisa melakukan proses quality control agar produk yang sudah dibuat teruji kualitasnya, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lengkap mengenai apa itu quality control kamu bisa menyimak pengertiannya.

 

Pengertian Quality Control

quality control adalah Salah satu bagian dari manajemen produksi yang memiliki peran dan juga aturan hukum tertentu dalam pengontrolan pada proses pengemasan hingga mengeluarkan produk-produk tersebut untuk dapat dipasarkan dengan menjamin kualitas dari produk tersebut. 

 

Pekerjaan quality control artinya sangat mengutamakan ketelitian dalam menilai sebuah produk serta sangat menjunjung tinggi kepuasan dari konsumen terhadap produk-produk yang akan dipasarkan. Ada beberapa tugas yang akan dilakukan oleh seorang quality control untuk tugasnya yaitu sebagai berikut.

 

Tugas Seorang Quality Control

tugas quality control terbagi menjadi tiga tugas utama yaitu quality control incoming, quality control processing, dan quality control finishing, untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai tugas seorang quality control ini kamu bisa menyimak selengkapnya di bawah.

 

Quality Control Incoming

Tugas yang pertama adalah quality control incoming, nantinya orang yang ada untuk melakukan tugas ini melakukan tugas mengawasi bahan baku produksi hingga melakukan pengecekan bahan baku yang akan datang serta memastikan bahan baku yang sudah dipesan dalam kondisi yang sempurna.

 

Biasanya tugas ini akan melakukan metode random sampling pada setiap bahan yang datang, jika bahan baku sudah sempurna maka akan disimpan pada gudang dan sudah bisa digunakan oleh tim produksi.

 

Quality Control Processing

Tugas berikutnya adalah quality control processing, dalam proses ini quality control melakukan pengecekan saat perakitan produk hingga sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan oleh perusahaan, dan jika barang tidak sesuai maka proses produksi tidak akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

 

Quality Control Finishing

Tugas utama seorang quality control yang terakhir adalah melakukan quality control finishing, pada tahap ini quality control melakukan pengecekan produk yang sudah jadi dan akan didistribusikan ke pedagang grosir ataupun para konsumen, nantinya produk yang diterima oleh konsumen harus sempurna serta lolos pada proses quality control dan memenuhi standar kualitas dari perusahaan.

 

Tanggung Jawab Quality Control

Selain memiliki tugas utama quality control juga memiliki tanggung jawab yang harus dilakukan untuk beberapa tanggung jawabnya yaitu dalam membantu beberapa validasi serta pengecekan produk dalam sebuah proses bisnis, untuk tanggung jawab lebih lengkapnya akan dibahas di bawah.

 

Menentukan standar

Tanggung jawab yang pertama adalah menentukan standar produksi, orang yang bekerja menjadi seorang quality control memiliki tanggung jawab yang sangat penting dalam membantu menentukan standar produksi yang tepat dan juga sesuai dengan objektivitas dari perusahaan, tanggung jawab ini sangat penting karena bisa mempengaruhi produktivitas serta efektivitas dalam proses pembuatan produk.

 

Melakukan monitoring kualitas produk

Berikutnya adalah melakukan monitoring kualitas produk, seorang quality control harus memantau dan memvalidasi terhadap kualitas produk hingga bisa sesuai dengan kebutuhan konsumen, biasanya tanggung jawab ini akan diberikan kepada quality control dan juga quality assurance agar dari setiap elemen dan juga fungsionalitas nya berjalan dengan baik.

 

Menyelaraskan visi dan misi perusahaan

Selanjutnya adalah menyelaraskan visi dan misi perusahaan, seorang quality control harus bisa profesional dan bisa menyelaraskan visi misi perusahaan agar tetap bisa menjaga kualitas produk yang akan ditawarkan, untuk mencapai tujuan tersebut tentunya manajemen yang dilakukan pada setiap personil harus Memiliki pandangan yang sama agar pada proses produksi mendapatkan kualitas produk yang tetap terjaga.

 

Memperbaiki produk bisnis perusahaan

Tanggung jawab yang terakhir seorang quality control adalah memperbaiki produk bisnis perusahaan, setelah menyelaraskan visi dan misi perusahaan berikutnya quality control harus bisa menjalankan proses quality control secara penuh dan pada tahap ini biasanya akan melibatkan para stakeholder yang berkepentingan dalam menjaga kualitas produk perusahaan.

 

Skill Yang Harus Dikuasai Oleh Quality Control

Untuk bisa bekerja menjadi seorang quality control tentunya kamu harus memiliki beberapa skill yang menunjang dalam nantinya bekerja dan melakukan proses politik kontrol, untuk beberapa skill ataupun kemampuan yang harus kamu kuasai jika ingin menjadi seorang quality control yaitu sebagai berikut:

 

Mengoperasikan Komputer

Skill yang pertama yang harus dikuasai oleh seorang quality control adalah bisa mengoperasikan komputer, tidak bisa dipungkiri di zaman yang serba digital seperti sekarang ada banyak pekerjaan yang sudah melibatkan komputer khususnya dalam pekerjaan quality control, yang mana untuk menjadi seorang quality control nantinya pekerjaan ini akan banyak membutuhkan alat dalam mempermudah pekerjaan.

 

Komunikasi

Skill berikutnya yang harus dikuasai oleh quality control adalah skill komunikasi, saat menjadi seorang quality control tentunya kamu akan memiliki tanggung jawab tinggi dan dihadapkan untuk sering berkomunikasi dengan banyak karyawan lainnya maka dari itu skill komunikasi merupakan salah satu skill yang wajib dikuasai oleh seorang quality control.

 

Selain harus menguasai skill komunikasi secara langsung politik kontrol juga harus bisa menguasai skill komunikasi melalui tulisan karena kamu nantinya akan membuat beberapa laporan khusus yang menjadi salah satu hal yang akan sering dilakukan untuk berkomunikasi dengan karyawan lain.

 

Dokumentasi

Skill yang terakhir yang harus dikuasai adalah skill dokumentasi, menjadi seorang quality control tentunya akan menuntut kamu melakukan banyak sekali inspeksi saat melakukan proses produksi dan juga testing produk, untuk bisa memastikan sebuah data dilaporkan secara akurat tentunya membutuhkan dokumentasi yang akan menjadi penunjang. Maka dari itu skill dokumentasi sangatlah penting bagi kamu yang ingin menjadi seorang quality.

 

Gaji Quality Control di Indonesia

Bagi kamu yang tertarik dan ingin menjadi seorang quality control kamu harus mengetahui terlebih dahulu besaran dari gaji quality control itu sendiri di Indonesia, dikutip dari indeed.com besaran gaji yang akan diterima oleh seorang quality control di Indonesia rata-rata memiliki gaji pokok sebesar Rp.4178.367 Juta, dan untuk kota yang memberikan gaji tertinggi untuk posisi seorang quality control adalah kota Karawang yaitu memberikan gaji sebesar Rp.5.862.317 Juta setiap bulannya.

 

Itu tadi pembahasan mengenai Apa itu quality control mulai dari pengertian, tugas, skill hingga gaji yang akan diterima setiap bulannya, bagi kamu yang ingin menjadi seorang quality control kamu bisa melatih melatih kemampuan yang sudah kami sebutkan di atas, untuk garis menjadi seorang quality control sendiri di Indonesia menjadi salah satu profesi yang menjanjikan karena kita akan mendapatkan gaji yang cukup lumayan besar.

 

Untuk kamu yang ingin melamar menjadi seorang quality control kamu bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan nya pada website TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar