Pencari Karir Pencari Kandidat

Apa itu Marketing? Berikut Pengertian, Fungsi, Jenis dan Prospek Kerjanya

06 September 2022 09:09 3735 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Marketing merupakan salah satu ujung tombak dari sebuah bisnis, yang mana dengan menggunakan marketing tentunya reputasi dari brand akan meningkat dan kita akan mendapatkan omset yang sangat besar ketika menerapkan marketing ini dengan baik, namun untuk catatan sebelum kamu mendapatkan hasil terbaik tentunya kamu harus memilih terlebih dahulu jenis marketing mana yang cocok untuk kamu.

 

Oleh karena itu bagi kamu yang ingin ataupun sedang melakukan bisnis ada baiknya dengan memahami marketing dan juga seperti apa cara kerjanya hal ini tentu akan sangat membantu bagi kamu dalam berbisnis, selain itu dengan mempelajari teknik marketing ini kamu juga bisa bekerja di beberapa perusahaan sebagai orang yang mengurusi marketing di perusahaan tersebut.

 

Pengertian Marketing

marketing adalah sebuah strategi bisnis yang mengacu pada kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk bisa mempromosikan pembelian ataupun penjualan produk, ada beberapa hal yang mencakup marketing yaitu salah satunya adalah periklanan, penjualan, dan pengiriman produk kepada konsumen maupun mitra kerja lainnya.

 

Dengan menggunakan teknik marketing kita akan memperkenalkan produk kepada pelanggan mulai dari mempromosikannya hingga strategi pengembangan produknya, namun pada prakteknya sendiri marketing sering dimulai dengan melakukan riset pasar dan juga melakukan analisis kebutuhan konsumen sesuai dengan buyer personal.

 

Fungsi dan Manfaat Marketing

Untuk fungsi dari marketing sendiri adalah untuk menghubungkan sebuah brand dengan calon konsumen, dan agar bisa terhubung dengan baik tentunya di dalam marketing harus terdapat proses identifikasi seperti kebutuhan calon pelanggan serta Bagaimana cara perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut.

 

Biasanya saat kita bekerja di perusahaan sebagai seorang marketing kita harus bisa memberikan sebuah nilai tambah kepada produk dan juga layanan yang ada pada perusahaan tersebut tidak hanya itu kamu juga harus membangun hubungan baik dengan target pasar, untuk manfaat dari marketing sendiri dalam bisnis sangatlah banyak contohnya yaitu:

 

  • Untuk membantu target pasar dalam memahami produk dan juga layanan yang sedang kita tawarkan
  • Memberikan nilai tambah terhadap produk dan juga layanan yang kita punya
  • Sarana untuk melakukan branding
  • Dapat membangun hubungan baik dengan target pasar.
  • Bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan juga layanan yang kita punya.
  • Bisa menargetkan target pasar secara spesifik.
  • Dan yang terakhir marketing ini berguna untuk meningkatkan jumlah transaksi ataupun pembelian.

Dari beberapa manfaat di atas bisa kita simpulkan bahwa marketing ini bisa dibilang sebagai kakinya bisnis yang mana berfungsi untuk mengarahkan bisnis kita ke arah yang kita harapkan, untuk bisa mengarahkan bisnis kepada konsumen ada beberapa jenis marketing yang cukup populer dan bisa kamu gunakan untuk menargetkan pasar, Adapun untuk beberapa jenisnya kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya di bawah.

 

Jenis-Jenis Marketing yang Paling Populer

Seperti yang kita tahu bahwa teknik marketing memiliki banyak sekali teknik yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnis, jadi jangan sampai ketika kamu akan melakukan proses pemasaran kamu malah salah memilih jenis maupun tekniknya, karena hal ini akan berdampak pada ketidakmaksimalan kamu dalam memasarkan produk nantinya.

 

Psikologi Marketing

Jenis marketing yang pertama yang bisa kamu terapkan dalam bisnis adalah jenis marketing psikologi marketing, jenis ini bertujuan untuk memahami motivasi emosional target pasar dalam mempertimbangkan sebuah produk, singkatnya psikologi marketing merupakan jenis marketing yang memanfaatkan psikologi dan juga cara konsumen berpikir sehingga mereka menentukan serta memutuskan untuk melakukan pembelian.

 

Saat kamu menerapkan psikologi marketing kamu bisa membuat strategi promosi yang bisa menggerakkan konsumen dalam melakukan apa yang kamu minta, contohnya seperti mengikuti flash sale dan juga memanfaatkan diskon besar-besaran yang sudah kamu buat.

 

Kamu tidak harus berinteraksi secara langsung dengan konsumen karena kamu bisa menerapkan jenis pemasaran psikologi marketing ini melalui beberapa cara salah satunya seperti media sosial dan juga website serta marketplace. 

 

Berikut adalah penerapan psikologi marketing dalam pemasaran :

 

    • Menerapkan price sensitivity, cara ini merupakan cara di mana kita akan memberikan diskon hanya untuk konsumen pada target pasar tertentu.
    • Berikutnya kamu bisa menerapkan urgensi scarity, yaitu memberikan sebuah urgensi terkait info promosi misalnya saja seperti cooldown timer diskon.
    • Social proof, kamu juga bisa menerapkannya dengan menggunakan metode ini untuk mempengaruhi produk Anda dengan pengaruh positif, contohnya seperti menggunakan testimoni serta menempel embel-embel best seller.

Viral Marketing 

Jenis marketing berikutnya adalah viral marketing, untuk tujuannya sendiri adalah agar bisa memperluas jangkauan promosi secara tepat kepada audiens umum, singkatnya viral marketing adalah sebuah strategi promosi dengan memanfaatkan audiens untuk bisa menyebarluaskan informasi mengenai produk yang kita punya, strategi ini cukup mampu untuk mendongkrak popularitas bisnis dalam waktu yang cepat.

 

Ada banyak kelebihan ketika kamu menggunakan strategi ini contohnya kamu bisa menghemat biaya promosi dan juga akan mendapatkan jangkauan audiens yang luas dan bisa menjadi upaya peningkatan brand awareness dengan lebih efektif.

 

Digital Marketing

Berikutnya adalah Digital marketing, tujuan dari pemasaran ini adalah untuk memperluas jangkauan target audiens dan juga mendongkrak efektivitas dari konsumen, Digital marketing merupakan sebuah upaya pemasaran produk dengan memanfaatkan media digital serta jaringan internet dalam proses pemasarannya. Ada beberapa platform digital yang bisa kamu coba untuk melakukan pemasaran Digital marketing ini, contohnya dengan menggunakan Google bisnisku yaitu sebuah layanan dari Google yang akan bisa menampilkan profil bisnis kamu secara instan di halaman pencarian Google.

 

Guerilla Marketing

Jenis berikutnya adalah pemasaran guerilla marketing, jenis pemasaran ini adalah strategi marketing yang menggunakan elemen kejutan untuk bisa menarik perhatian para audiens salah satu contohnya adalah dengan melakukan kolaborasi dengan pihak lain.

 

Ketika menerapkan jenis marketing ini kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan salah satunya adalah kamu akan hemat dalam segi anggaran karena jenis pemasaran ini akan berfokus dalam ide kreativitas dari si pembuat promosi, lalu kemudian kelebihan lain adalah biasanya pemasaran ini akan mudah viral karena para konsumen akan mendapatkan kesan yang unik dan beda dari yang lain.

 

Experiential Marketing

Jenis marketing berikutnya adalah experimental marketing, teknik marketing ini bertujuan untuk mengajak konsumen agar terlibat langsung dengan produk ataupun layanan yang disediakan, strategi ini dianggap sangat efektif karena konsumen diajak langsung untuk mengetahui seperti apa kualitas produk yang sedang kita tawarkan. 

 

Setidaknya ada lima jenis eksperimental marketing yang bisa kamu lakukan yaitu yang pertama kamu bisa membuat sebuah pameran produk, mengadakan seminar, menggelar event, atau bahkan bisa berbagi pengalaman melalui virtual reality. Dalam penerapannya sendiri ada beberapa strategi yang pertama kamu bisa menentukan tujuan yang jelas misalnya kamu akan membangun awareness, yang kedua kamu bisa membagikan pengalaman yang nyata tanpa dibuat-buat, kemudian yang terakhir adalah kamu bisa meminta masukan ataupun feedback dari konsumen setelah mereka menggunakan produk kita.

 

Referral Marketing

Jenis berikutnya adalah referal marketing, jenis ini bertujuan untuk bisa memperluas promosi secara word of mount ataupun kepada orang-orang terdekat, referral marketing merupakan salah satu upaya marketing dengan mengajak pelanggan kamu untuk merekomendasikan produk ke calon konsumen yang lain.

 

Cara ini menjadi salah satu yang paling efektif karena bisa membuat produk Kamu terlihat lebih meyakinkan, Hal ini karena calon konsumen sudah lebih dulu mengetahui mengenai produk kita dari pengalaman orang lain saat memakainya, maka tidak heran jenis pemasaran ini bisa menghasilkan 3 sampai 5 kali lipat dari conversion rate serta dapat menciptakan siklus promosi yang berkelanjutan.

 

Affiliate Marketing

Jenis yang terakhir adalah affiliate marketing, untuk tujuan dari marketing ini adalah menjalankan promosi jangka panjang dengan menggunakan biaya yang minimal, marketing ini merupakan metode pemasaran digital yang di mana seseorang akan mendapatkan komisi setelah mereka berhasil mempromosikan produk kamu.

 

Jika kamu mempunyai bisnis online ataupun produk digital maka jenis pemasaran ini sangat cocok sekali untuk kamu terapkan Hal ini karena sistem kerjanya adalah melalui klik link, banner, ataupun melalui kode kupon. Contoh dari program affiliate marketing adalah setiap kali kita mengajak seseorang berlangganan pada produk di perusahaan kamu bekerja, maka mereka akan mendapatkan komisi sesuai dengan yang sudah ditetapkan baik itu 20% dan seterusnya.

 

Prospek Karir di Bidang Marketing

Seperti yang telah kita ketahui bahwa semua bisnis tentunya membutuhkan marketing maka tidak heran saat ini sudah ada lebih dari 11 ribu lowongan pekerjaan sebagai marketing di Indonesia dari data LinkedIn di tahun 2022, hal ini berarti karir menjadi seorang marketer menjadi salah satu karir yang cukup dibutuhkan.

 

Bagi kamu yang ingin berkarir di bidang marketing kamu bisa mencoba melamar pada beberapa posisi di bidang marketing berikut ini:

 

Marketing Communication

Yang pertama adalah posisi marketing communication, marketing communication adalah seseorang yang bertugas untuk menyampaikan pesan dari perusahaan kepada konsumen, posisi ini sangatlah penting karena akan bertujuan untuk membangun sebuah brand sehingga bisa lebih dikenal dan bisa dipercaya oleh konsumen maka dari itu orang akan lebih tahu latar belakang perusahaan kita sehingga produk yang dipasarkan.

 

Marketing Officer

marketing officer adalah posisi eksekutif yang bertanggung jawab untuk mengembangkan serta mengawasi divisi pemasaran dan periklanan dalam suatu perusahaan, dikutip dari indeed gaji seorang marketing officer di Indonesia rata-rata sebesar Rp. 3.197.696 perbulan.

 

Marketing Executive

Berikutnya adalah marketing executive, untuk tugasnya sendiri marketing eksekutif bertugas dalam mengembangkan strategi marketing sebuah brand atau perusahaan, contoh pekerjaannya mulai dari Menulis artikel, menguasai search engine optimization, bertemu calon klien dan juga menganalisis target audiens.

 

SEO specialist

Prospek karir di bidang marketing berikutnya adalah menjadi seorang SEO specialist, seorang SEO specialist akan bertanggung jawab dalam meningkatkan peringkat website perusahaan agar bisa lebih mudah ditemukan oleh konsumen di halaman Google. 

 

Market research analyst

Berikutnya adalah kamu bisa menjadi seorang market research Analyst, nantinya ketika kamu menjadi seorang market research maka kamu akan bertugas untuk melakukan sebuah penelitian pasar dan menyediakan analisis bagi klien untuk bisa menghasilkan produk, jadi secara singkatnya marketing research adalah seseorang yang akan memberi masukan bagaimana produk yang kita tawarkan bisa diterima oleh konsumen dan pasar.

 

Content strategist

Prospek karir di bidang marketing berikutnya adalah menjadi seorang konten strategi, saat kamu menjadi seorang konten strategi kamu akan membuat spesifikasi dan juga konten yang sesuai untuk target pasar serta menyusun strategi untuk meningkatkan promosi lewat berbagai konten sosial media yang berkualitas, tugas yang lain adalah kamu bisa menerapkan strategi untuk editorial sehingga konten bisa secara konsisten dibuat dan juga menarik.

 

Social media specialist

Bagi kamu yang suka bermain sosial media dan memiliki kemampuan dalam marketing maka berkarir menjadi seorang social media spesialis adalah salah satu pilihan yang tepat, seorang social media spesialis nantinya akan bertanggung jawab dan juga memiliki kendali untuk mengurus isi dari semua sosial media milik perusahaan, bangun yang belum kamu ingat pekerjaan ini tidak sederhana mengupload foto dan juga menambah caption saja akan tetapi banyak hal lain yang akan kamu kerjakan.

 

Public relation specialist

Prospek karir di bidang marketing berikutnya adalah menjadi seorang public relation specialist, nantinya kamu akan menjadi seorang penghubung antara perusahaan maupun organisasi dengan masyarakat sehingga profesi ini seringkali disebut sebagai humas yang mana merupakan singkatan dari hubungan masyarakat. Namun tidak hanya akan berhubungan dengan masyarakat saja kamu juga akan berhubungan dengan tardik pasar dari perusahaan dan juga konsumen yang akan membeli produk.

 

Digital marketer

Selanjutnya adalah menjadi seorang digital marketer, untuk digital marketer sendiri merupakan seseorang yang akan bertanggung jawab dalam mengerjakan sebuah campaign marketing, termasuk melakukan market research dan juga menyusun strategi marketing.

 

Content Writer

Prospek kerja di bidang marketing yang terakhir adalah menjadi seorang content writer, tugas dari seorang content writer sendiri adalah secara umum untuk membangun citra sebuah produk ataupun perusahaan melalui tulisan maupun konten yang sesuai dengan perusahaan, contohnya jika perusahaan tempat kamu bekerja bergerak pada bidang kesehatan maka konten yang akan dibuat oleh kamu adalah konten seputar kesehatan.

 

Nah, itu tadi pembahasan mengenai Apa itu marketing mulai dari pengertian, fungsi, jenis marketing, hingga prospek karir pekerjaan dalam bidang marketing. Semoga bisa membantu kamu yang saat ini sedang mendalami bidang marketing.

 

Bagi kamu yang sedang mencari lowongan pekerjaan dalam bidang marketing seperti beberapa posisi yang sudah kami sebutkan di atas, kamu bisa mengunjungi TopKarir. Dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar