Pencari Karir Pencari Kandidat

Apa itu Desain Grafis? Berikut Pengertian, Tugas, Skill dan Prospek Kerja

06 September 2022 09:09 2092 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Desain Grafis merupakan salah satu bidang pekerjaan yang cocok bagi kamu yang menggemari karya seni serta menyukai bidang komunikasi di bidang visual, tidaknya itu desain grafis juga sangat cocok bagi kamu yang memiliki bakat ilustrasi menggambar, saat ini pekerjaan desain grafis semakin banyak dicari terutama oleh perusahaan-perusahaan ataupun agensi yang bergerak dalam bidang bisnis.

 

Untuk kamu yang ingin bisa menguasai skill desain grafis ini kamu bisa masuk jurusan desain grafis di beberapa kampus di Indonesia, contoh jurusan nya seperti jurusan Desain Komunikasi visual, nantinya kamu akan mempelajari berbagai jenis aspek seni mulai dari seni ilustrasi hingga Bagaimana cara menggambar menggunakan teknologi.

 

Namun Apakah kamu mengetahui apa itu desain grafis sendiri? Untuk kamu yang ingin mengetahui pengertian dari desain grafis kamu bisa menyimak pembahasannya di bawah.

 

Pengertian Desain Grafis

desain grafis adalah Salah satu bentuk seni lukis untuk menciptakan ataupun mengatur elemen berupa ilustrasi, foto ataupun garis di atas sebuah media, hal tersebut dibuat untuk menyampaikan sebuah pesan dalam bentuk seni, untuk hasil karya dari seni tersebut dibuat oleh seorang grafik designer, yaitu orang yang memiliki spesialisasi dalam menginterpretasikan pesan melalui bentuk gambar baik itu dalam lukisan ataupun dalam desain digital.

 

Seorang grafik desainer merupakan seorang komunikator visual yang dapat menciptakan konsep visual secara manual maupun menggunakan sebuah software komputer dalam membuat visualnya, hasil yang mereka buat nantinya akan dapat menginspirasi dan juga menginformasikan sebuah pesan lewat seni visual baik itu gambar atau pun juga tulisan.

 

Dalam pekerjaan sendiri seorang yang memiliki kemampuan desain grafis biasanya akan menjadi seorang grafik Designer dan memiliki tugas yang berhubungan dengan mendesain berbagai jenis visual, Adapun untuk secara umum tugas dari seorang Desain grafis adalah sebagai berikut.

 

Tugas Seorang Desain Grafis

Tugas dari seorang desain grafis selain berpikir dan juga membuat konsep desain ada beberapa tugas lain yang menjadi tanggung jawab mereka ketika bekerja sebagai grafik designer di sebuah perusahaan, beberapa tugasnya antara lain:

 

  • Menyiapkan segala bentuk material untuk diubah menjadi bentuk visual
  • Membuat rencana dan juga konsep dari segala informasi yang akan diberikan oleh klien
  • Mengilustrasikan konsep dengan membuat draft kasar dari ilustrasi dan juga copy nya.
  • Menyelesaikan proyek dan mengkoordinasikannya dengan pihak luar seperti agensi, art service, percetakan dan juga yang lainnya.
  • Berkoordinasi dengan tim untuk mencapai tujuan dari sebuah Project
  • Bertemu dengan klien untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Project yang akan dikerjakan.
  • Mengikuti proses brainstorming bersama klien dan memberikan masukan atas desain yang ingin dibuat sesuai dengan target market dari customer
  • Membuat bentuk-bentuk grafis contoh desain grafis nya seperti ilustrasi produk logo dan juga website
  • Memilih warna, gambar, dan juga font.
  • Mempresentasikan hasil ilustrasi yang sudah dibuat kepada klien.

Skill yang Harus Dimiliki Desain Grafis

Untuk bisa melakukan berbagai tugas di atas tentunya seorang grafik designer harus bisa menguasai berbagai skill desain grafis, Adapun untuk beberapa skill yang harus kamu kuasai adalah.

 

Kreativitas

Skill yang pertama yang harus kamu miliki sebagai seorang yang ingin menguasai Desain grafis adalah skill kreativitas, nantinya saat bekerja kamu akan diadakan oleh banyak Project dengan tema dan juga gaya yang berbeda sehingga hal ini akan membuat kamu tentu saja kesusahan dalam membedakan setiap objek.

 

Oleh karena itu kamu harus menuangkan kreativitas kamu dalam setiap Project agar nantinya kamu bisa melihat dengan mata terlatih mana karya buatan kamu dan orang lain.

 

Komunikasi

Berikutnya adalah skill komunikasi, saat kamu menjadi seorang grafik designer tentunya skill komunikasi ini sangatlah penting karena biasanya desainer tidak akan bekerja sendiri akan tetapi harus berhubungan dengan divisi lainnya, selain harus memiliki skill komunikasi kamu juga harus bisa menjadi seorang pendengar yang baik hal ini agar kamu bisa menerima kritik dan saran dari klien.

 

Software Desain

Skill yang wajib dimiliki agar kamu bisa menguasai desain grafis tentunya adalah software desain, penguasaan software di saat ini wajib untuk kamu kuasai karena saat ini hampir semua desainer menggunakan software desain contohnya seperti Adobe Photoshop ataupun ilustrator, selain itu ada juga banyak sekali software desain lain saat ini contohnya seperti Figma.

 

Presentasi

Berikutnya adalah skill presentasi, kamu harus menguasai skill ini karena nantinya kamu akan dihadapkan untuk mempresentasikan hasil pekerjaan kamu ataupun hasil desain kamu kepada klien yang mungkin saja belum mengetahui arti dari karya yang sudah kamu buat.

 

Manajemen Waktu

Skill terakhir yang harus kamu kuasai agar bisa menjadi seorang grafik desain dan menguasai Desain grafis adalah skill manajemen waktu, bisa saja kedepannya kamu akan mendapatkan berbagai proyek yang berbeda sehingga skill ini tentunya akan sangat dibutuhkan agar kamu bisa menyelesaikan berbagai proyek yang kamu terima sesuai dan tepat waktu.

 

Prospek Kerja Desain Grafis

Setelah kamu mengetahui apa saja skill yang harus dikuasai untuk bisa menguasai desain grafis, berikutnya bagi kamu yang mungkin saja tertarik dan ingin mendalami karir pada desain grafis kamu akan bisa bekerja pada beberapa bidang desain grafis ini.

 

Ilustrator

Prospek kerja yang pertama adalah menjadi seorang ilustrator, ilustrator merupakan sebuah seniman yang berprofesi khusus di bidang seni rupa dan untuk tugas utama dari seorang ilustrator adalah menggambar, saat kamu menjadi seorang ilustrator kamu akan dituntut untuk berpikir kreatif agar bisa menghasilkan visual yang mampu menyampaikan pesan tertentu tampak perlu menambahkan kata-kata di dalamnya.

 

UI Designer

Berikutnya adalah UI designer, pekerjaan Ini merupakan sebutan untuk orang yang mendesain interface bagi perangkat komputer maupun mobile, ketika kamu bekerja menjadi UI designer kamu akan bertanggung jawab dalam mendesain tampilan secara menarik baik dalam sisi bentuk warna dan juga tulisan.

 

Graphic Designer

Prospek kerja berikutnya adalah menjadi seorang grafik designer, seorang grafik designer mempunyai tanggung jawab untuk mewujudkan komunikasi verbal menjadi berbentuk komunikasi visual yang menarik agar seluruh pesan bisa diterima oleh konsumen.

 

Creative Director

Selanjutnya adalah menjadi creative director, saat kamu menjadi seorang creative director kamu akan bertanggung jawab penuh atas hasil konsep kreatif yang sudah diajukan oleh tim, posisi ini akan bertugas untuk menerima dan membagi beban pekerjaan yang ada kepada tim serta memberikan saran dan bimbingan agar bisa mencapai kualitas konten yang diharapkan.

 

Art Director

Prospek kerja selanjutnya dari desain grafis adalah menjadi seorang art director, nantinya kamu akan bertugas untuk mengawasi dan mensupervisi serta memberikan arahan mengenai artistik dan juga visual dalam proses pembuatan sebuah iklan atau desain.

 

Nah itu tadi pembahasan mengenai Apa itu desain grafis mulai dari pengertian, tugas, skill, dan juga prospek kerjanya, bagi kamu yang ingin menguasai kemampuan desain grafis kamu harus menguasai beberapa skill di atas. 

 

Untuk prospek kerja dari desain grafis seperti yang sudah dibahas di atas prospek kerjanya sangat bagus, karena di era digital seperti sekarang perusahaan tentunya sangat membutuhkan seorang yang memiliki skill desain grafis agar bisa meningkatkan brand mereka di masyarakat dengan cara membuat berbagai content visual di sosial media ataupun website.

 

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang desain grafis kamu bisa mencari lowongan pekerjaan di TopKarir karena di sini kamu akan mendapatkan banyak sekali lowongan kerja terutama lowongan di bidang grafik designer. Dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar