Pencari Karir Pencari Kandidat

Affiliate Marketing: Pengertian, Kelebihan, dan Tutorial Menjalankannya

06 September 2022 17:09 1429 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Affiliate marketing tentunya bukan lagi sesuatu yang asing bagi kamu, terutama yang sudah berkecimpung dalam dunia bisnis online. Affiliate marketing ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup terkenal dan memiliki banyak sekali peminat. Strategi pemasaran ini tidak hanya menguntungkan bagi para pengusaha ataupun pelaku bisnis tapi juga sangat menguntungkan bagi kamu para affiliate marketer.

 

affiliate marketing indonesia memiliki banyak sekali peminat Hal ini dikarenakan kamu akan menghasilkan uang dari internet tanpa harus memiliki produk untuk dijual, di sini kamu hanya perlu untuk aktif sosial media dan memiliki kemampuan dalam membuat sebuah konten untuk memasarkan produk orang lain dengan menggunakan teknik ini. Untuk pengertian lebih lengkapnya sendiri mengenai affiliate marketing kamu bisa menyimaknya di bawah.

 

Pengertian Affiliate Marketing

affiliate marketing adalah sebuah program yang di mana kamu mempromosikan produk ataupun jasa dari suatu perusahaan ataupun brand, dan ketika orang membeli pada produk yang sudah kamu promosikan kamu akan mendapatkan komisi, untuk besaran komisinya sendiri cukup bervariasi tergantung dari persentase dan juga harga barang yang kamu jual tersebut. 

 

Biasanya komisi yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan strategi Marketing ini tidak hanya dari penjualan saja akan tetapi ada juga dari hasil klik dan juga download, strategi ini sangat efektif untuk meningkatkan sales dan juga penjualan produk, bahkan dari data yang telah dikeluarkan oleh rakuten advertising ada sebanyak 80% brand menggunakan affiliate marketing untuk mempromosikan produknya.

 

Kelebihan dan Kekurangan Affiliate Marketing

Strategi pemasaran menggunakan affiliate marketing tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan, untuk kelebihan dan kekurangannya sendiri adalah sebagai berikut.

 

Kelebihan Affiliate Marketing 

  • Tidak memerlukan modal selain kuota internet
  • Sangat mudah untuk dilakukan
  • Komisi yang didapat sangatlah besar
  • Bisa dikerjakan dengan fleksibel
  • Banyak produk yang bisa ditawarkan

Kekurangan affiliate marketing

  • Penghasilan berasal dari komisi produk Sehingga pemasukan tidak tetap
  • Butuh kesabaran dan kerja keras
  • Persaingan luas karena sudah banyak affiliate marketer lain
  • Tidak mudah memilih produk yang sesuai

Tutorial Menjalankan Affiliate Marketing 

Setelah kamu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya berikutnya bagi kamu yang ingin mencoba untuk menjadi seorang affiliate marketing kamu bisa menyimak pembahasan kali ini mengenai affiliate marketing tutorial dibawah.

 

Daftar program affiliate marketing

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin menjadi seorang affiliate Marketing adalah kamu bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu pada program affiliate marketing, caranya cukup mudah kamu bisa langsung mendaftarkan diri pada website masing-masing perusahaan yang produknya ingin kamu promosikan, selain itu kamu juga bisa mendaftarkan diri pada program affiliate marketing pada beberapa e-commerce contohnya seperti shopee.

 

Bagikan Link afiliasi

Setelah kamu sudah mendaftarkan diri menjadi affiliate marketer, kamu bisa mulai membagikan link produk yang ingin kamu tawarkan kepada para pelanggan melalui sosial media baik itu Instagram ataupun Tik tok, kamu bisa membuat konten semenarik mungkin agar para pelanggan tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan tersebut.

 

Selain bisa mempromosikan lewat sosial media kamu juga bisa menyebarkan Link yang sudah kamu afiliasi kepada orang-orang terdekat kamu baik itu melalui WhatsApp atau pun juga secara langsung, pada platform Tik tok biasanya ada banyak sekali orang-orang yang membuat konten menarik dan memberikan link produk yang mengarah pada toko ataupun e-commerce tempat mereka menjadi affiliate marketer.

 

Ada banyak sekali cara untuk membagikan link afiliasi ini kamu juga bisa membagikan link-nya melalui kolom komentar, misalnya saja kamu bisa membagikan link tersebut pada beberapa kolom komentar Tik tok ataupun YouTube.

 

Tunggu Orang Membeli dan Dapatkan Komisi 

Setelah kamu menyebarkan link afiliasi kamu berikutnya kamu hanya perlu menunggu orang melakukan pembelian kepada produk yang sudah kamu sebarkan tadi, dan ketika para pelanggan melakukan pembelian nantinya komisi akan secara otomatis masuk kepada akun afiliasi kamu. Mudah bukan?

 

Rekomendasi Platform Untuk Affiliate Marketing

affiliate marketing platform saat ini sudah sangat beragam , kamu hanya tinggal memilih platform mana yang memang cocok untuk kamu dan yang paling kamu sukai, ada beberapa platform yang kami rekomendasikan untuk kamu yang ingin menjadi seorang affiliate marketing, untuk beberapa pelakunya yaitu sebagai berikut.

 

  1. Shopee Affiliate 
  2. Tokopedia Affiliate 
  3. Tiktok shop Affiliate 
  4. Lazada Affiliate 
  5. Blibli Affiliate
  6. Amazon Affiliate
  7. Bukalapak Affiliate 

Untuk menjadi seorang affiliate marketer sebenarnya ada banyak sekali platform yang bisa kamu gunakan, namun sejauh ini 7 platform di ataslah yang merupakan salah satu platform yang paling banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia.

 

Nah, itu tadi pembahasan mengenai affiliate marketing mulai dari pengertian, kelebihan, rekomendasi platform serta tutorial cara menjalankannya, Semoga bisa membantu bagi kamu yang saat ini sedang berencana ingin menjadi seorang affiliate marketing.

 

Bagi kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan kamu bisa mengunjungi TopKarir, karena di sini kamu akan mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru dan terlengkap. Mendapatkan buku informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar