Pencari Karir Pencari Kandidat

7 Software Motion Graphic Terbaik untuk Pemula dan Profesional 2021

23 April 2021 08:04 19518 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Kamu sedang mendalami motion graphic? Seiring bertambah banyaknya orang yang menguasai ilmu digital, semakin banyak pula peminat karier sebagai desainer motion graphic.  

 

Motion Graphic adalah proses membuat gambar menjadi hidup dan bergerak. Proses ini membutuhkan bantuan perangkat lunak alias software khusus. 

 

Apa itu Motion Graphic?

 

Mengutip dari 99designs, Motion Graphic adalah desain grafis yang bergerak. Motion Graphic adalah salah satu jenis dari animasi. Biasnya motion graphic menggunakan musik atau suara.

 

Motion graphic menjadi alat penyampai pesan kepada penontonnya. Biasanya motion graphic digunakan untuk iklan, video informatif, dan masih banyak lagi. Motion graphic membantu pesan tersampaikan dengan lebih baik.

 

Jika design graphic menghasilkan desain seperti logo, flyer, dan poster. Tugas desainer motion graphic untuk menggerakkan logo, tulisan dalam flyer, dan informasi lainnya, ke dalam sebuah video.

 

7 Software Motion Graphic Terbaik 2021

Untuk bisa membuat motion graphic, kamu butuh menggunakan software alia perangkat lunak khusus. Ada banyak jenis software yang tersedia, jadi kami rangkumkan tujuh software terbaik untuk mau yang masih pemula hingga yang sudah profesional.

 

1. Adobe After Effect

Adobe After Effect masih menjadi software terpenting dan terpopuler bagi mereka yang bergerak di bidang motion graphic. Software ini dinilai memiliki fitur yangs angat loengkap.

 

Adobe After Effect juga dinilai mudah digunakan oleh mereka yang masih pemula. Software ini yang utama di keluarga Adobe untuk menganimasikan dan menggabungkan desain grafis.

 

After Effect biasanya digunakan setelah kamu mengembangkan storyboard dari motion yang mau dibuat di Adobe Photoshop atau Adobe Ilustrator. Desain grafis itu kemudian dianimasikan di After Effect.

 

2. Cinema 4D

Cinema 4D dikatakan sebagai software yang bisa menjadi transisi sederhana ke motion graphic 3D. Software ini banyak digunakan karena dianggap nyaman, mudah, dan fleksibel, saat diintegrasikan ke After Effect.

 

Cinema 4D sering digunakan untuk membuat sebuah model, tekstur, rendering, animasi, dan membuat efek simulasi. Software ini biasanya digunakan mereka yang sudah bekerja secara profesional di industri animasi.

 

3. Adobe Premiere Pro

Satu lagi produk dari Adobe yaitu Adobe Premiere Pro. Software ini terintegrasi dengan After Effect, yang membuatnya penting dalam pembuatan motion graphic. Kamu bisa menggunakannya untuk melakukan penyesuaian dan komposisi video motion di software ini.

 

Pada dasarnya Adobe Premiere Pro adalah software untuk mengedit video. Desainer Motion graphic menggunakan Adobe Premiere Pro untuk menggabung-gabungkan motion, transisi, dengan audio-nya, serta melakukan sentuhan final.

 

4. Mocha Pro

Software selanjutnya untuk motion graphic terbaik di tahun 2021 adalah Mocha Pro. Software ini mungkin sulit digunakan pada awalnya, namun jika sudah terbiasa, software ini bisa membantu kamu menggerakkan grafis apapun dengan mudah.

 

Software ini juga sangat baik untuk mereka yang profesional untuk mengerjakan proyek-proyek komersial. Software ini bisa jadi plug-in di After Effect yang membuat Mocha dan AE jadi gabungan dua software terbaik bagi desainer motion graphic.

 

5. Maya

Maya adalah software yang sering digunakan studio-studio animasi bahkan di tingkat Hollywood. Maya memiliki fitur yang lengkap untuk mengembvangkan desain 3D untuk film, tayangan televisi, bahkan video game.

 

Software ini juga sangat baik untuk membuat motion graphic. Maya dinilai jadi saingan Cinema 4D. Maya mampu memproses rendering animasi 3D berkualitas tinggi. Meski begitu, software ini bisa terlalu sulit digunakan bagi mereka yang masih pemula.

 

6. Nuke

Nuke adalah software motion graphic dan animasi yang dirancang khsusu untuk mereka yang memangs udah profesional aias mahir. Software ini digunakan pada tingkat tertinggi motion graphic untuk menggabungkan elemen 3D dan video.

 

Software ini biasa digunakan dalam proses pembuatan film dan tayangan televisi. Software ini banyak digunakan oleh studio atau desainer motion graphic kelas atas dengan segala kemampuan canggihnya.

 

7. Blender

Blender adalah salah satu software VFX gratis terbaik untuk membuat animasi 3D. Software ini banyak digunakan oleh desainer di industri video game. Seperti Maya, aplikasi ini akan sangat sulit bila digunakan oleh pemula.

 

Namun jika sudah terbiasa, Blender bisa menjadi alat untuk menggunakan banyak jenis animasi. Blender adalah software yang baik dan gratis untuk kamu yang ingin belajar membuat motion graphic.

 

Dapatkan informasi dan tips karir menarik lainnya di sini. Download aplikasi TopKarir sekarang atau kunjungi topkarir.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja ter-update.

Komentar