Pencari Karir Pencari Kandidat

7 Skill yang Harus Dikuasai Buat Ikut Program Management Trainee

23 April 2021 09:04 6136 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 5 KALI DIBAGIKAN

Jika kamu ingin mengikuti Program Management Trainee sesuai impianmu, maka kamu harus mengetahui skill apa apa saja yang harus ada pada dirimu. Sebagian bisa kamu latih sebelum melamar jika selama ini kamu belum menguasainya. 

 

Dalam perekrutan calon karyawan, perusahaan tidak hanya melihat dari kecerdasan akademis saja. Kadang skill mendalam di bidang kepemimpinan dan skill komunikasi yang baik, malah jauh lebih dihargai. 

 

Jadi, jika kamu mengimpikan untuk memegang jabatan tinggi di sebuah perusahaan dalam waktu yang cepat, ada baiknya mengikuti perekrutan Program Management Trainee. Program ini bakal membantu kamu mendapatkan skill yang dibutuhkan.



Skill yang Harus Dikuasai untuk Ikut Management Trainee

1. Kepemimpinan

Kamu dituntut mempunyai kemampuan menganalisa situasi, data, dan orang-orang yang berhadapan dengan kamu. Karena kamu harus mampu berkoordinasi dan membuat keputusan dalam situasi tertentu. Mampu mengakomodir kemauan dari bawahan dan melihat tujuan kedepan.

 

2. Kecerdasan emosional

Ini adalah kemampuan yang sangat dasar kamu miliki. Kamu harus mampu menahan emosi, bersabar dalam situasi yang sangat berat, menunjukkan empati, agar tetap terkontrol hingga tidak jatuh dalam situasi yang sulit.

 

3. Beradaptasi 

Kamu harus mempunyai skill cepat dalam beradaptasi, baik kepada orang-orang dalam lingkungan perusahaan, juga dalam kebiasaan cepatnya perubahan lingkungan kerja. Ini juga disebut Manage Ambiguity, yaitu kemampuan seseorang untuk beradaptasi dalam perubahan dan ketidakpastian.

 

4. Problem solving 

Ini akan menjadi nilai lebih jika kamu punya kemampuan cepat mengidentifikasi dan mengelola masalah. Banyak permasalahan yang akan ditemukan saat bekerja, jika kamu punya skill ini, maka kamu akan cepat menyelesaikannya. Tentu saja karir kamu bisa cepat melejit karena skill ini.

 

5. Percaya diri bersikap positif

Seorang pemimpin secara lahiriah seharusnya sudah mempunyai rasa percaya diri yang tinggi tapi mampu bersikap positif. Di tengah banyaknya permasalahan dalam pekerjaan, kamu harus mampu tetap percaya diri dan bisa memotivasi orang lain.

 

6. Fleksibel

Kamu harus bisa mendengarkan ide-ide atau masukan dari orang lain, tidak memaksakan kehendak, bersedia memahami, dan menjadi pendengar yang baik sebelum kamu memutuskan sesuatu yang sangat penting.

 

7. Pengetahuan di bidang yang akan kamu kerjakan

Kemampuan kamu belajar cepat akan sangat membantu jika kamu masuk ke bisnis yang baru. Mungkin kamu sudah mendapatkan juga dari secara teori di masa kuliahmu, tapi secara prakteknya kamu harus mampu belajar cepat bidang bisnis yang akan kamu kerjakan.

 

Kamu bisa mendapatkan sebagian skill ini dari kamu kuliah dengan aktif di organisasi kampus, luar kampus. Bisa juga cona berbisnis sambil kuliah dan masuk dalam komunitas yang membuat kamu terbiasa dengan team work, adaptasi, dan mengerjakan hal-hal baru sambil berlatih skill komunikasi dan kepemimpinan.


Dapatkan informasi dan tips karir menarik lainnya di sini. Download aplikasi TopKarir sekarang atau kunjungi topkarir.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja ter-update.

Komentar