KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Tips Lolos Rekrutmen BUMN 2022, Wajib Dicatat!

22 April 2022 09:04 12517 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah perusahaan yang sebagian maupun secara penuh dimiliki dan dikontrol oleh Pemerintah. Ada banyak perusahaan BUMN di Indonesia, yang namanya udah nggak asing lagi antara lain Pertamina, Bank BRI, Bank Mandiri, Telkom, PLN dan lainnya.

 

Untuk tahun ini sudah dibuka pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yang dimulai sejak 14 April lalu hingga 25 April 2022. Sebanyak 56 BUMN siap menerima karyawan baru lulusan Diploma, S1 dan S2.

 

Karena BUMN dikenal menawarkan benefit kerja yang menjanjikan, banyak pencari kerja yang menjadikannya sebagai perusahaan impian. Gimana nggak, BUMN menawarkan banyak hal mulai dari fasilitas, kompensasi hingga jenjang karir.

 

Karena statusnya sebagai perusahaan milik negara, seleksi masuk BUMN punya banyak tahapan dan dikenal cukup sulit. Karena itu, bagi kamu yang tertarik melamar di perusahaan BUMN, sebaiknya ketahui terlebih dulu tips rekrutmen BUMN di bawah ini.

 

1. Siapkan kelengkapan dokumen sesuai syarat

Tahapan seleksi awal yang penting disiapkan yakni mengumpulkan dokumen sebagai syarat administratif, bentuknya bisa soft copy maupun hard copy.

 

BUMN kini sudah menerapkan sistem seleksi digital yang memungkinkan efisiensi dalam proses rekrutmen.

 

Jangan malas buat mengecek website perusahaan BUMN secara berkala, untuk mengikuti update informasi dan berita seputar pendaftaran dan seleksi.

 

Siapkan segala dokumen yang menjadi syarat, ini bisa kamu baca dengan teliti melalui website https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id

 

Untuk segala dokumen yang harus di-scan, cek ulang kualitas hasil scan atau foto yang akan di-upload agar informasi dari dokumen, agar bisa lebih jelas terbaca.

 

2. Cari tau kekuatan dan minat kerjamu

Terdapat banyak pilihan dan posisi yang dibuka untuk seleksi masuk BUMN kali ini. Untuk itu kamu perlu menentukan pilihan karir yang tepat, nih. Untuk Rekrutmen Bersama BUMN 2022, kamu hanya diperbolehkan memilih maksimal 3 posisi di BUMN yang berbeda.

 

Jika bisa masuk BUMN adalah tujuan karirmu, bisa masuk BUMN sekaligus dapetin posisi yang sesuai minat akan sangat menguntungkan untuk karir kamu kedepannya.

 

BUMN juga akan melihat secara detail keterampilan dan potensi kerjamu melalui CV maupun portofolio yang terlampir. Semakin kuat latar belakang pendidikan dan pengalamanmu di suatu bidang yang sesuai dengan posisi yang dibuka, akan memperbesar peluang untuk bisa diterima.

 

Kamu bisa mengikuti Tes Minat Bakat terlebih dulu untuk tau apa minat dan potensi kerja yang kamu punya. Kenali segala kelebihan dan kekurangan kamu. Dengan begitu kamu bisa menjadi diri sendiri dan tau tujuanmu dalam berkarir di BUMN.

 

3. Kenali perusahaan BUMN yang kamu pilih

Pahami juga perusahaan BUMN dan posisi yang nantinya kamu pilih, nggak boleh asal, lho ya. Sesuaikan perusahaan dan posisi dengan kualifikasi yang kamu punya.

 

Ketahui informasi seputar jenis perusahaan, sejarah, sampai visi misi dari perusahaan tersebut, apakah sejalan dengan orientasi karir kamu.

 

Dengan mempelajari perusahaan BUMN pilihan kamu, akan sangat menguntungkan nantinya saat kamu berhasil masuk ke tahap wawancara. Kamu jadi bisa menguasai informasi perusahaan dengan lebih dalam dan membuktikan antusiasme yang besar terhadap[ perusahaan tersebut.

 

Ohiya, nggak lupa rekrutmen BUMN itu semuanya gratis, tidak dipungut biaya sekecil apapun. Jadi selalu waspada jika ada oknum yang mengatasnamakan BUMN dan meminta sejumlah biaya sebagai syarat rekrutmen, sudah jelas itu merupakan penipuan.

 

4. Siapkan diri ikuti serangkaian tes masuk

Selanjutnya, siapkan diri untuk hadapi berbagai tes masuk BUMN. Setelah melewati seleksi administrasi, kamu akan dihadapkan dengan tahapan tes berikutnya, yakni Tes Kemampuan Dasar (TKD ) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB).

 

TKD ditujukan untuk mengukur kemampuan dasar mulai dari verbal, numerik, berpikir logis, dan berpikir analitis. Sedangkan TKB bertujuan untuk menguji para calon pegawai BUMN untuk menilai kecocokan kompetensi dengan posisi yang dilamar.

 

Pelamar dengan skor terbaiklah yang akan meraih posisi tersebut, karena itu, siapkan dirimu untuk mengikuti tes semaksimal mungkin. Kamu bisa belajar dari contoh-contoh soal TKD dan TKB lewat buku, internet, atau program pelatihan.

 

5. Yakinkan pilihan dan diskusikan dengan orangtua

Salah satu syarat rekrutmen BUMN, kamu harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia. Karena itu kamu juga butuh pertimbangan untuk memutuskan bekerja di perusahaan BUMN.

 

Diskusikan pilihan karirmu dengan orangtua, satukan pendapat dan yakinkan mereka agar kamu mendapat bantuan semangat serta doa.

 

Setelah berusaha semaksimal mungkin, tak lengkap usahamu jika tanpa diiringi doa khususnya dari kedua orangtua.

 

Itu tadi 5 tips untuk bisa lolos rekrutmen BUMN yang saat ini sedang berlangsung. Semoga usaha dan kerja kerasmu dapat menuai keberhasilan ya, good luck Sahabat TopKarir!

 

Yuk, baca lebih banyak informasi dan tips karir menarik lainnya di TipsKarir. Temukan berbagai lowongan kerja seluruh Indonesia ter-update di sini. Download juga aplikasi TopKarir untuk dapatkan kemudahan melamar pekerjaan.

Komentar