KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Sosok Kartini Muda yang Prestasi dan Karyanya Menginspirasi

20 April 2022 13:04 5878 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Seperti yang kita tau, setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Hari dimana sosok Raden Ajeng Kartini lahir yang jasa dan pengorbanannya sangat besar terutama dalam memperjuangkan hak perempuan pribumi Nusantara.

 

Berbagai masalah yang disebabkan tradisi feudal yang menindas, pernikahan paksa dan poligami perempuan Jawa kelas atas serta terbatasnya pendidikan bagi anak perempuan membuat Kartini tergerak untuk menguraikan pendapatnya dalam surat-surat yang dikirim ke korespondensi Belanda.

 

Sampai saat ini, dedikasi Kartini selalu menjadi inspirasi banyak perempuan muda di Indonesia untuk menegakkan emansipasi dan mewujudkan mimpi-mimpinya. Termasuk 5 sosok Kartini muda berikut ini yang kita kenal dengan karya dan prestasinya yang menginspirasi.

 

1. Niki Zefanya

Niki Zefanya merupakan penyanyi muda asal Indonesia yang belakangan ini namanya banyak dibicarakan di media sosial. Gimana nggak, Niki menjadi penyanyi perempuan pertama dari Indonesia yang tampil di ajang musik bergengsi dunia yakni Coachella.

 

Perjuangannya menembus industri musik global gak diraih dengan mudah, ia memulai karir dari karya musik yang diunggahnya ke akun Youtube. Kecintaannya terhadap musik membawa semangat Niki untuk memproduksi lagu-lagu berkualitas yang dicintai penggemarnya.

 

Dedikasinya dalam berkarya bisa kamu jadikan contoh nih, untuk percaya pada mimpi dan berusaha mewujudkannya dengan usaha yang konsisten.

 

2. Angkie Yudistia

Perempuan inspiratif yang satu ini adalah penyandang disabilitas tunarungu, namun keterbatasan tak menghalanginya dalam berprestasi. Ia membuktikan kompetensinya dengan menjadi salah satu staf khusus dan Juru Bicara Presiden Joko Widodo di bidang sosial.

 

Di tahun 2008, Angkie meraih penghargaan sebagai The Most Fearless Female Cosmopolitan 2008. Melihat permasalahan kelompok disabilitas dalam mendapatkan pekerjaan, Angkie mendirikan perusahaan bernama Thisable Enterprise dengan tujuan meningkatkan daya saing kelompok disabilitas di dunia kerja.

 

3. Maudy Ayunda

Cantik, muda, berbakat, dan punya banyak prestasi menjadikan sosok Maudy Ayunda masuk dalam daftar wanita inspiratif yang banyak diidolakan generasi muda.

 

Sebagai seorang publik figur, Maudy Ayunda berhasil membawa pengaruh positif bagi generasi muda di era ini, lho. Maudy Ayunda tercatat sebagai lulusan dari dua universitas ternama dunia yakni Universitas Oxford dan Stanford.

 

Sukses berkarir di industri perfilman tak membuat Maudy lupa akan pentingnya pendidikan untuk masa depannya. Salah satu prestasi yang baru-baru ini ia terima yakni menjadi juru bicara Pemerintah di momen presidensi G20, membanggakan bukan?

 

4. Merry Riana

Kartini masa kini yang satu ini kisahnya juga layak diacungi jempol. Merry Riana sukses menceritakan perjalanan hidupnya dari seorang mahasiswi yang pas-pasan di luar negeri menjadi perempuan sukses yang meraih pendapatan 1 juta dollar.

 

Cerita perjalanannya tertuang dalam buku berjudul “Mimpi Sejuta Dollar” bahkan pernah diangkat jadi film layar lebar juga, lho. Siapa yang udah nonton?

 

Selain sebagai pengusaha, Merry Riana juga dikenal sebagai seorang speaker, trainer, dan motivator wanita asal Indonesia nomor satu di Asia.

 

5. Diajeng Lestari

Buat para hijabers pasti udah gak asing sama platform berna Hijup.com. Hijup.com lahir dari ide segar Diajeng Lestari, yang ingin menjembatani desainer lokal dengan para konsumen di dalam maupun luar negeri.

 

Kini, Hijup.com menjadi salah satu startup di bidang mode fashion terbesar di Indonesia. Karena kesuksesannya, Diajeng Lestari pernah mendapatkan funding salah satu perusahaan investasi.

 

Funding tersebut dimanfaatkan untuk mengembangkan startup Hijup.com agar lebih maju dan bertambah besar. Semangatnya dalam merepresentasikan produk lokal ke kancah Internasional bisa ditiru oleh perempuan muda Indonesia.

 

Itu tadi deretan kartini muda masa kini yang karya dan prestasinya bisa menginspirasi dalam meraih mimpi dan cita-cita.

 

Yuk, baca lebih banyak informasi dan tips karir menarik lainnya di TipsKarir. Temukan berbagai lowongan kerja seluruh Indonesia ter-update di sini. Download juga aplikasi TopKarir untuk dapatkan kemudahan melamar pekerjaan.

Komentar