Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Istilah Teknis Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Main Saham

08 Agustus 2022 14:08 824 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Saham saat ini menjadi salah satu produk finansial yang paling banyak diminati orang, meskipun demikian ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai aneka hal mengenai teknis dalam berinvestasi saham tersebut, padahal hal-hal teknis ini sangatlah penting ketika kamu ingin bermain saham.

 

Sebelum kita mengenal mengenai istilah teknis dalam bermain saham ada baiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu saham, saham adalah sebuah surat berharga yang bisa menunjukkan kepemilikan sebagian aset dari sebuah perusahaan, dengan kata lain para pemegang saham ini akan dianggap juga sebagai pemilik perusahaan tersebut.

 

Ketika kamu ingin mencoba untuk menanamkan dana atau modal pada saham maka tentu saja istilah-istilah dalam saham harus kamu mengerti dan juga pahami dengan baik, hal ini agar kamu bisa berkomunikasi dengan mudah baik antara pihak-pihak yang berkaitan dalam pasar modal, serta membantu kamu ketika melakukan proses transaksi jual beli saham.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja istilah-istilah teknis yang ada pada saham kamu bisa menyimak pembahasan kali ini mengenai 5 istilah teknis yang wajib kamu ketahui sebelum main saham.

 

5 Istilah Teknis Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Main Saham

Bursa efek

Saat kamu main saham istilah teknis yang pertama yang wajib kamu ketahui adalah bursa efek, bursa efek atau sering juga disebut bursa saham merupakan sebuah pasar yang mempertemukan antara penjual dengan pembeli saham. Biasanya istilah pasar digunakan untuk melakukan perdagangan tradisional serta konvensional yang mana akan melibatkan produk secara langsung, sedangkan untuk kata bursa biasanya digunakan untuk melakukan perdagangan yang tidak menjual produk secara fisik.

 

Rekening Dana Nasabah (RDN)

Dalam investasi saham kamu harus mengimbangi pemahaman mengenai investasi dan juga istilah yang ada di dalamnya salah satunya adalah dengan mengetahui istilah rekening dana nasabah atau RDN, untuk fungsi dari RDN ini tidak jauh berbeda dengan rekening pada umumnya yang mana RDN ini menjadi tempat penampungan untuk keperluan transaksi jual beli pada pasar modal.

 

Biasanya RDN akan dibuka oleh perantara pedagang efek maupun pihak lain yang ditunjuk sesuai peraturan yang berlaku, jika kamu seorang nasabah RND maka kamu bisa memonitor saldo secara langsung karena pencatatan dana nasabah pada bank pencatatannya terpisah dengan dana di perusahaan efek.

 

Rekening dana nasabah untuk investasi saham ini memiliki poin plus lainnya yaitu setiap bulannya kamu akan dikirimkan sebuah mutasi rekening melalui rekening koran elektronik, namun saat akan membuka rekening ini Kamu tidak bisa membuka RND di sembarang bank karena hanya beberapa bank tertentu saja yang memfasilitasi untuk pembuatan RND ini.

 

Sekuritas

Istilah teknis berikutnya yang wajib kamu ketahui ketika ingin main saham adalah istilah sekuritas, pengertian dari sekuritas adalah sebuah instrumen keuangan dengan nilai tertentu yang bisa mencerminkan kepemilikan seseorang ataupun badan usaha pada suatu aset. Sekuritas sering juga disebut efek, untuk kepemilikan sekuritas ataupun efek ini wajib menghasilkan sebuah retur bagi pemiliknya sesuai dengan persentase kepemilikan atas aset.

 

Sama halnya dengan aset sekuritas juga merupakan sebuah objek yang bisa dengan mudah dipindahtangankan melalui transaksi jual beli, hanya saja bedanya sekuritas hanya bisa diperjualbelikan melalui pasar ataupun perusahaan efek.

 

Initial Public Offering (IPO)

Istilah selanjutnya adalah initial public offering (IPO), IPO atau sering juga disebut penawaran umum merupakan sebuah istilah di mana sebuah perusahaan atau emiten menawarkan dan menjual efek-efek yang telah diterbitkannya dalam bentuk saham kepada masyarakat secara luas.

 

Sederhananya IPO merujuk pada masa di mana perusahaan pertama kali masuk di bursa saham Indonesia ataupun BEI, IPO ini juga sekaligus menjadi salah satu penanda di mana sebuah perusahaan swasta menjadi perusahaan publik oleh karena itu initial public offering ini juga sering disebut dengan go public.

 

Dividen

Yang terakhir adalah dividen, dividen merupakan sebuah bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada seluruh pemegang saham. Jumlah dividen yang akan dibagikan diusulkan dewan direksi perusahaan serta disetujui pada rapat umum pemegang saham atau RUPS.

 

Secara sederhananya dividen adalah hak ataupun jatah dari perusahaan yang akan mendapatkan keuntungan kepada pihak yang menjadi investor maupun pemegang saham.

 

Gimana tertarik untuk main di saham? Ada baiknya ketika kamu akan bermain saham harus mengetahui dan juga mempelajari lebih dalam mengenai istilah-istilah di atas agar nantinya ketika kamu terjun dalam investasi saham kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi mengenai lowongan kerja serta informasi lainnya mengenai saham dan juga karir kamu bisa mengunjungi TipsKarir.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
5 Jenis Pekerjaan Part-Time yang Bisa Buat Dompet Kamu Tebal

5 Jenis Pekerjaan Part-Time yang Bisa Buat Dompet Kamu Tebal

Pekerjaan Part-Time atau paruh waktu memang sangat diminati terutama untuk mahasiswa yang harus kuliah sambil bekerja. Selain menambah kemampuan bekerja paruh waktu juga bisa menambah uang jajan kamu loh.   Ini dia pekerjaan paruh waktu yang bisa bikin isi dompet kamu tebal Translator Kalau kamu suka dengan bahasa asing, bekerja paruh waktu sebagai translator atau penerjemah bahasa bisa kamu jadikan sebagai penambah uang jajanmu. Harga biasanya disesuaikan dengan tingkat kesulitan naskah dan bahasa. Selain menambah materi kamu juga bisa memperdalam kemampuan bahasa asing kamu loh Sahabat TopKarir.   Graphic Design Jika kamu tertarik pada bidang visual seperti design, bekerja paruh waktu sebagai design grafis sangat menjanjikan loh Sahabat TopKarir, karena jika sudah suka dengan designmu para pemakai jasa akan terus memakai jasa kamu untuk membuat kebutuhan visual mereka.   Fotografer Punya hobi fotografi? Kenapa kamu nggak salurkan aja untuk menghasilkan uang? Sebagai permulaan kamu bisa menawarkan jasamu kepada teeman-teman yang membutuhkan sesi foto seperti bertunangan atau menikah.   MC Buat kamu yang suka tampil, bekerja paruh waktu sebagai pembawa acara di suatu acara juga menjanjikan loh. Selain berpotensi untuk menambah pundi-pundi uang kamu juga bisa mengasah kemampuan Public Speaking kamu.   Penulis Blog Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa freelance untuk mengisi artikel atau blognya. Jika kamu punya hobi menulis, tidak ada salahnya jika kamu bekerja sebagai penulis lepas.   Tertarik untuk menambah uang jajan kamu Sahabat TopKarir? Coba 5 pekerjaan paruh waktu di atas yuk!  
Komentar