Pencari Karir Pencari Kandidat

Mengenal NFT dan Apa Aja Sih Keuntungannya?

23 Januari 2022 21:01 2214 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Baru-baru ini media kita dipenuhi berita kemunculan Ghozali yang meraup keuntungan hingga milyaran rupiah bermodalkan foto selfienya.

 

Lewat akun bernama Ghozali Everyday, foto selfie Ghozali kini nilainya sudah mencapai puluhan juta rupiah seiring popularitasnya yang kian melonjak. Ia menggunakan Open Sea yang dikenal sebagai salah satu marketplace NFT terbesar.

 

Terus, apa sih NFT itu? Dan kenapa foto selfie aja bisa menghasilkan pendapatan yang bernilai besar? Yuk kita bahasa bareng-bareng pengertian NFT, cara kerjanya sampai cara membuatnya.

 

Apa pengertian NFT?

Melansir laman Forbes, NFT atau non-fungible token diartikan sebagai sebuah aset crypto digital yang mewakili objek nyata dalam bentuk karya seni, seperti lukisan, musik, foto, aset game, video dan lain-lainnya. 

 

NFT diperjual belikan secara online, transaksi dalam sistem NFT biasanya menggunakan teknologi blockchain ethereum. Soal harga jual, semua tergantung pada kualitas, kreativitas, keunikan sampai reputasi dari sang seniman dan sifatnya subjektif.

 

Bukan sekedar mengoleksi karya seni digital, para pembeli percaya bahwa NFT yang dibeli akan menjadi aset investasi yang nilainya terus tumbuh.

 

Di sisi kreator, NFT juga menjadi wadah berkreasi bagi para seniman dengan menawarkan imbalan yang menjanjikan.

 

Sebuah NFT yang dijual memiliki nomor kode dan metadata unik yang tidak ada duanya atau berbeda dari aset NFT lain. Karena tidak bisa diduplikasi, aset NFT yang sudah dibeli menjadi langka.

 

NFT diibaratkan sebagai sertifikat keaslian untuk sebuah aset virtual. Oleh sebab itu, karya NFT yang dibeli oleh seseorang menjadi aset yang berharga di dunia digital, sama halnya dengan memiliki barang berharga di dunia nyata.

 

Keuntungan yang didapat

Setelah mengenal apa itu NFT, kali ini kita bahas keuntungan apa aja sih yang didapat dari NFT. 

 

Mengutip Kabarsiger dari NFT Street, berikut manfaat utama dari kepemilikan NFT yang kian populer belakangan ini.

 

1. Keberadaanya yang langka, non-fungibility

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, karena faktor kelangkaan, sebuah NFT punya nilai berharga dan menjadi aset investasi yang gak kalah menjanjikan.

 

Sebagai aset digital yang bisa dimiliki secara eksklusif, sebuah karya NFT nilainya bisa diperkirakan akan terus meningkat di kemudian hari.

 

Inilah yang membuat sebuah aset NFT biasanya dilego atau berpindah kepemilikan lewat mekanisme lelang di berbagai platform online, seperti Nifty Gateway, Valuables, Foundation, Christie's, dan lain sebagainya.

 

2. Membantu para kreator/seniman

NFT juga membantu para seniman untuk membuktikan kepemilikan asli atas karya-karyanya, dan memudahkan mereka untuk mendapatkan hak cipta dari sebuah karya digital.

 

Lewat NFT, banyak seniman-seniman daerah yang kini sudah merambah pasar internasional. Kehadiran NFT membantu memperluas penjualan karya-karya seniman dan memperkenalkan talenta yang mereka punya.

 

Gak heran, industri NFT kini menjadi ladang kemunculan seniman berbakat. Selain itu, karena setiap aset NFT bersifat unik, seniman juga terdorong untuk memaksimalkan kreativitas dan menghasilkan karya yang orisinil.

 

3. NFT bermanfaat untuk bisnis

Kepopuleran NFT juga semakin berkembang di ranah bisnis. Ada banyak manfaat bisnis yang didapat dengan menggunakan NFT, yakni untuk mengamankan produk dan mencegah pembajakan.

 

Kembali lagi ke faktor keaslian atau orisinalitas, industri fashion yang memiliki masalah besar dengan barang-barang palsu, sangat terbantu dengan kehadiran NFT.

 

Selain itu, NFT juga membantu para pembeli mengidentifikasi barang palsu yang banyak beredar.

 

Gak cuma fashion, industri musik, hiburan, sampai pertanian pun sudah banyak yang memanfaatkan NFT dalam bisnisnya.

 

Sudah paham kan apa itu NFT dan apa aja keuntungannya? NFT kini sudah menjadi salah satu pilihan investasi yang menarik. Tapi jangan cuma ikut-ikutan hype aja nih, dan akhirnya membeli karya NFT tanpa pertimbangan.

 

Temukan informasi dan tips menarik lainnya di TipsKarir. Untuk bantu perjalanan karirmu jadi lebih mudah download aplikasi TopKarir di Play Store dan App Store.

Komentar