Wajib Tau! Arti Tersembunyi Dibalik Pertanyaan Wawancara  | TopKarir.com

Wajib Tau! Arti Tersembunyi Dibalik Pertanyaan Wawancara

05-12-2019 17:52:49

Setelah penantian panjang mencari kerja, akhirnya dipanggil interview juga, siapa yang tidak senang coba? Pastinya wawancara jadi waktu yang krusial ya, perusahaan akan menentukan apa kamu layak diterima atau tidak sebagai karyawan. Untuk itu kamu harus bisa meyakinkan pewawancara, kalau kredibilitasmu bisa diterima, dan meninggalkan kesan yang positif. Nah, sebaiknya kamu cermati arti pertanyaan wawancara dan bagaimana kamu menjawabnya, yuk simak ulasannya.

 

 

  • Coba deskripsikan diri kamu

 

Pada saat ini pewawancara bukan cuma mau tahu pribadi kamu, dibalik itu mereka akan menilai kemampuan komunikasi dan presentasi yang kamu punya. Seberapa percaya diri kamu di depan orang lain.

 

 

  • Kenapa kamu tertarik melamar di perusahaan ini?

 

Nah pertanyaan ini menguji pengetahuan kamu tentang perusahaan, apakah kamu sudah melakukan riset dan mengenal perusahaan yang kamu tuju. Dari jawabanmu, pewawancara akan melihat seberapa tertarik dan semangatnya kamu bergabung di perusahaan tersebut.

 

 

  • Kenapa kita harus memilih kamu?

 

Pertanyaan ini bertujuan agar kamu bisa menjelaskan kelebihan dan kompetensimu di posisi yang kamu lamar. Manfaatkan pertanyaan ini untuk menjual kemampuan yang kamu punya. Yakinkan pewawancara kalau kamu layak diterima.

 

 

  • Jelaskan kelemahan kamu

 

Saat disuruh menjelaskan kelemahan kamu, hindari jawaban “saya tidak punya kelemahan” pernyataan ini dinilai tidak jujur, sebab tidak ada satupun orang yang sempurna. Ceritakan kekuranganmu apa adanya, tapi sedang berusaha kamu perbaiki. Hindari juga pernyataan “saya tidak bisa, bilang saja “belum bisa”/”belum tahu” artinya kamu membuka diri untuk belajar.

 

 

  • Apa rencana kamu 5 tahun kedepan?

 

Selain untuk tahu apa tujuan kamu di masa depan, pertanyaan ini juga bermaksud menilai seberapa baik kamu dalam menyusun rencana. Kalau rencana kamu bisa sesuai dengan misi perusahaan, bisa jadi kamu masuk list karyawan.

 

Sekarang sudah tahu kan makna dibalik pertanyaan-pertanyaan saat wawancara? Semoga kamu bisa lebih jeli lagi ya menjawabnya. Yuk temukan tips-tips lainnya seputar karir di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga


tutup
Registrasi berhasil

tutup