KANDIDAT PERUSAHAAN

Tips Untuk Pelajar yang Gak Mudik Saat Lebaran

24 Maret 2021 20:03 Pembekalan Karir 3743 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Mudik sudah membudaya bagi semua kalangan, termasuk pelajar atau mahasiswa yang masih belajar di luar kampung halaman. Karena berbagai kesibukan, beberapa dari mereka tidak berkesempatan untuk berkumpul dengan keluarga di Hari Raya. Untuk mengurangi rasa rindu saat berkumpul dengan keluarga di hari yang suci, berikut tips bagi kalian yang berlebaran di tanah rantau. Simak ya.

 

  • Membantu penduduk sekitar

Gotong royong bersama warga di sekeliling kos akan memberikan pengalaman yang berbeda. Selain mengisi waktu, bergaul dengan penduduk sekitar juga menambah pengetahuanmu tentang merayakan Idul Fitri di tempat lain. Bukan tidak mungkin jika suatu saat sedang butuh bantuan, para warga tidak segan akan membalas budi.

 

  • Merayakan bersama teman senasib

Sebagai mahasiswa atau pelajar rantau, kalian pasti punya teman yang bukan berasal dari kota dimana kampus kalian berada. Apabila di antara mereka ada yang gak pulang kampung, ajaklah untuk mengadakan acara bersama di Hari Raya. Sebagai contoh, kalian mengadakan janji untuk salat Id bersama yang dilanjutkan masak dan makan bareng. Selain mengobati rindu, kalian juga jadi bertambah akrab. Atau, kalian juga bisa traveling bersama ke destinasi yang sama-sama belum pernah dikunjungi.

 

  • Berbisnis kue lebaran

Bagi kalian yang punya kemampuan membuat kue, ada baiknya keahlian itu digunakan untuk berbisnis. Menjelang Idul Fitri, banyak keluarga yang akan mencari sajian untuk tamu yang akan datang saat Hari Raya. Peluang ini dapat dimanfaatkan dengan menjual kue yang kamu buat. Gak hanya keuntungan finansial, kamu juga akan mengasah pengalaman menjalankan bisnis. Ke depannya, pengalaman itu bisa digunakan untuk pekerjaan sampingan.

 

  • Telepon keluarga

Opsi terakhir apabila kamu gak dapat menahan susahnya merayakan Hari Raya sendiri, telpon saja keluarga di rumah. Bahkan bisa menggunakan fitur video call yang sekarang sudah ada. Selain mendengar suara, juga bisa bertatap muka dengan sanak saudara.

 

Jangan berkecil hati ya, kamu bisa mencoba tips yang sudah dijelaskan di atas. Semangat ya Sahabat TopKarir! yuk temukan tips lainnya di aplikasi TopKarir.

Komentar