Tips Sukses Berbisnis Dengan Teman | TopKarir.com

Tips Sukses Berbisnis Dengan Teman

30-12-2019 16:12:29

Membangun sebuah usaha bareng teman jauh lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan dengan orang yang baru dikenal. Namun, hati-hati dalam memilih teman bisnis. Banyak usaha yang gagal karena salah memilih partner bisnis. Tidak semua teman kamu bisa cocok diajak membangun bisnis bersama. Ada beberapa kunci sukses berbisnis dengan teman yang harus dipahami terlebih dahulu. Nah simak ulasannya berikut ini ya!

 

  • Teman yang nyambung dan nyaman

Pilih yang sudah memiliki chemistry, yakni teman yang sudah cocok dengan kamu secara karakter. Jika kamu & teman yang sudah nyambung Kalian dapat saling beradaptasi dengan perbedaan antara satu sama lain. Sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar.



  • Tentukan visi dan misi bersama

Pastikan kamu & teman bisnis kamu mempunyai satu visi misi bersama dalam mencapai tujuan maupun target bersama. Buatlah dan ambil komitmen bersama. Dengan begitu, hubungan bisnis tidak akan rusak karena perbedaan prinsip dan kepentingan.

 

  • Bagi peran dan tanggung jawab

Meski menjalankan bisnis bersama, setiap orang harus mendapatkan peran yang jelas, siapa yang mengurus keuangan, pemasaran, operasional, dan sebagainya. Sehingga kalian bisa tahu tanggung jawab masing-masing dan menjalankan tugas dengan baik.

 

  • Buat surat perjanjian

Ingat bahwa bisnis adalah bisnis. Usaha harus memiliki payung hukum yang kuat agar hubungan kemitraan bisnis lebih serius, kamu perlu membuat surat perjanjian terkait hubungan bisnis terikat secara profesional. Ini bertujuan bila ada terjadi penambahan modal dan usaha yang semakin berkembang.

 

  • Jaga komunikasi saat ada masalah

Ada saat di mana banyak masalah yang akan menguji ketahanan bisnis.Tetap jaga komunikasi dalam segala kondisi. Bicarakan baik-baik setiap persoalan personal maupun bisnis. Fokuslah mencari solusi dan selesaikan masalah bersama-sama.

 

Itulah tips membangun bisnis dengan teman. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya


tutup
Registrasi berhasil

tutup