Tips Mudah Menyeimbangkan Antara Karir & Pendidikan | TopKarir.com

Tips Mudah Menyeimbangkan Antara Karir & Pendidikan

22-08-2019 14:38:39

Kamu mungkin sering mengalami kesulitan menyeimbangkan segala aspek dalam kehidupanmu seperti karir maupun pendidikan. Pasti ada saat dimana aspek yang satu berjalan baik tapi yang satu terbengkalai karena kurang mendapat perhatian darimu. Semua itu karena kamu tidak tahu bagaimana cara yang efektif untuk membuat keduanya berjalan lancar dan seimbang. Lalu bagaimana caranya agar pekerjaan & pendidikan pribadi bisa berjalan secara seimbang? Agar bisa menjalankan pekerjaan dengan baik sekaligus fokus menuntut ilmu, kamu bisa melakukan beberapa hal ini, simak yuk!

 

  • Utamakan pendidikan

Pekerjaan atau bisnis yang memberikan pendapatan memang sangat menggiurkan. Tetapi sebaiknya kamu tidak lupa kalau pendidikan merupakan prioritas utama. Dengan menyelesaikan pendidikan, berarti kamu sudah memperoleh pengakuan resmi terhadap ilmu dan kompetensi yang telah kamu dapatkan selama menuntut ilmu. Pendidikan yang diselesaikan dengan baik bisa menjadi modal utama untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih berkualitas dan lebih menjanjikan masa depan yang cerah.

 

  • Membagi Waktu Antara Pendidikan dan Pekerjaan

Berusahalah membagi waktu dengan baik supaya kamu bisa menyeimbangkan kehidupan pekerjaan dan pendidikan. Bila kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, maka waktu yang dibutuhkan untuk menamatkan pendidikan bisa terorganisir dengan baik.

 

  • Memanfaatkan Waktu Senggang dengan Bijak

Ketika orang yang hanya bekerja atau hanya kuliah punya waktu senggang untuk bersenang-senang, maka kamu justru harus memanfaatkan waktu senggang tersebut dengan bijak. Bukan hanya harus selalu mengurus pekerjaan atau pendidikan, waktu senggang bisa dimanfaatkan secara bijak untuk beristirahat. Memiliki waktu istirahat yang cukup akan membuat tubuh kamu fit dan kamu pun siap untuk menyelesaikan segudang rutinitas pekerjaan dan rutinitas belajar yang menyita waktu serta tenaga. 

 

  • Pilih program dengan bijak

Carilah program studi yang dirancang untuk mempermudah orang-orang yang memiliki kesibukan. Beberapa kampus kadang menawarkan fleksibilitas untuk belajar secara online. kamu bisa menyesuaikan nya dengan memiliki pengajar pribadi atau mentor yang sesuai dengan bidang yang dihadapi untuk membantu menyeimbangkan tanggung jawab kerja dan sekolah. Setidaknya ini dapat membantu kamu menerapkan pengetahuan dan memenuhi tujuan secara profesional nantinya.

 

  • Pertimbangkan lokasi tempat kerja dan lokasi kampus

Lokasi tempat kerja dan lokasi kampus yang berdekatan membuat kamu tidak perlu membuang waktu saat harus bergegas ke kantor atau ke kampus dengan memanfaatkan jeda waktu yang sempit. Selain hemat waktu, lokasi tempat kerja dan lokasi kampus yang berdekatan juga tidak membuat kamu kelelahan saat harus berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

 

Nah itu dia tips nya Sahabat TopKarir, jangan lupa untuk konsultasi dengan dosen maupun atasan mu dikantor yaa. Kamu bisa cobain fitur TopKarir Klinik untuk konsultasi seputar karir maupun cerita tentang karirmu. Yuk temukan tips lainnya di aplikasi Topkarir & download aplikasinya ya!

 

 

 

 

 

 




tutup
Registrasi berhasil

tutup