Pencari Karir Pencari Kandidat

Tips Merekrut Kandidat Fresh Graduate yang Berkualitas

24 Maret 2021 20:03 3930 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Saat perusahaan Anda membuka lowongan pekerjaan, kandidat yang melamar tentu beragam. Bukan hanya pelamar kerja yang sudah punya banyak pengalaman, tapi juga kandidat yang baru saja menyelesaikan pendidikanya dan belum pernah sama sekali terjun ke dunia profesional. Umumnya seorang fresh graduate punya semangat yang menggebu-gebu, hal ini bisa dilihat sebagai potensi besar untuk berkembang dan memberikan kontribusi untuk perusahaan Anda. Merekrut fresh graduate sebenarnya memang cukup tricky, untuk itu TopKarir rangkum 5 strategi merekrut fresh graduate untuk perusahaan Anda :

 

Tanyakan rencana dan strategi karirnya kedepan

Untuk merekrut fresh graduate yang tepat, Anda harus menanyakan rencana karirnya ke depan. Hal ini bertujuan untuk mengenal keseriusan ia dalam bekerja di perusahaan Anda. Tidak hanya rencana, ia harus bisa menjelaskan gambaran strategi untuk mewujudkan rencananya itu. Dengan begitu Anda akan tau seberapa matang kemampuan berpikirnya dan apakah ia siap melewati tantangan pekerjaan nantinya.

 

Perhatikan attitude nya saat interview

Kunci utama yang harus dimiliki kandidat pencari kerja adalah sikap. Hal ini bisa tergambar ketika proses interview. Bagaimana cara ia menjawab pertanyaan, ketepatan waktu, sampai bahasa tubuhnya. Menurut Mark Murphy, penulis Hiring for Attitude, 46 persen dari 20.000 pekerja baru gagal dalam kurun waktu 18 bulan. 89 persen kegagalan mereka disebabkan karena attitude, alasan kekurangan skill hanya mengisi 11 persen sisanya.

 

Cari tahu kontribusi dan keaktifannya di luar akademik

Anda tidak bisa menilai kemampuan seorang fresh graduate hanya dari nilai yang tertera dalam ijazah. Untuk bisa bekerja di perusahaan, mereka harus memiliki setidaknya pengalaman berorganisasi atau komunitas. Pengalaman ini bisa dijadikan pertimbangan kemampuan kerja tim dan adaptasi di lingkungan kerja nanti. Keaktifan fresh graduate di luar kampus bisa mengasah kemampuan berkomunikasi, menyampaikan pendapat dan profesionalisme. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan keikutsertaan mereka dalam berbagai aktivitas kelompok. 

 

Pertimbangkan apa yang ia lakukan selama menganggur

Banyak fresh graduate yang memilih tidak langsung mencari pekerjaan usai lulus. Ada yang memilih beristirahat beberapa saat untuk menyegarkan pikiran sebagai reward untuk diri sendiri. Ada juga yang memilih ikut pelatihan dan sertifikasi untuk membekali diri dengan keterampilan sebelum terjun ke dunia kerja. Karenanya, Anda perlu menanyakan berapa lama ia menganggur dan kegiatan apa yang ia lakukan untuk mengisi waktu tersebut. Anda bisa memilih kandidat yang melakukan aktivitas produktif dibanding yang hanya membuang waktu dengan hal-hal yang tidak penting.

 

Itu tadi 4 strategi merekrut kandidat fresh graduate yang berkualitas untuk perusahaan Anda. Temukan kandidat muda terbaik untuk bergabung di perusahaan Anda bersama TopKarir, hubungi kami di sini. Tips-tips karir lainnya seputar HR bisa Anda temukan di Ruang HR TopKarir.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
4 Keahlian Wajib untuk Fresh Graduate yang Ingin Bekerja di Hotel

4 Keahlian Wajib untuk Fresh Graduate yang Ingin Bekerja di Hotel

Sebagai salah satu bidang kerja di industri hospitality, staf hotel menjadi salah satu pekerjaan yang diminati para fresh graduate. Atmosfer bekerja di industri ini terbilang sangat menyenangkan, cenderung fleksibel dan gak bikin jenuh, siapa yang nggak betah bekerja di sebuah hotel yang megah? Apalagi buat kamu yang senang bertatap muka dengan banyak orang. Sebelum memutuskan untuk melamar sebagai staf hotel, simak yuk 4 keahlian yang wajib kamu punya biar sukses di bidang ini.   Kemampuan dasar komputer Keterampilan menggunakan komputer sangat dibutuhkan ketika memasuki dunia kerja, termasuk bekerja di hotel. Hampir di semua posisi kemampuan dasar komputer diperlukan mengingat semua pekerjaan akan terintegrasi ke dalam sistem komputer.   Kemampuan komunikasi Bekal kemampuan yang juga penting kamu punya kalau mau bekerja di hotel adalah keterampilan komunikasi. Untuk mengasah skill ini kamu harus sering-sering berinteraksi dengan orang dari beragam latar belakang dan karakter. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan diri saat berkomunikasi dan menyampaikan pesan dengan baik. Skill ini juga diperlukan dalam sebuah ekosistem kerja tim atau ketika melayani tamu hotel.   Menguasai bahasa asing Memang sih kemampuan bahasa asing hanya dibutuhkan untuk beberapa posisi seperti GRO (Guest Relation Officer) atau FDA (Front Desk Agent). Tapi keterampilan dasar bahasa asing juga diperlukan untuk posisi lain baik lisan maupun tulisan. Bahasa asing yang kini banyak dibutuhkan industri perhotelan adalah Bahasa Inggris dan Mandarin. Kamu bisa melatih dan meningkatkan kemampuanmu bahasamu dengan mengikuti pelatihan di lembaga pelatihan bahasa asing.   Etika profesi Etika profesi secara umum dipahami sebagai aturan atau cara kerja yang dilakukan oleh karyawan dalam melaksanakan tugas. Manajemen hotel pasti mengharapkan agar setiap karyawannya bisa menunjukan kualitas kerja dengan etika profesi yang baik. Etika profesi meliputi kedisiplinan kerja sesuai SOP, etos kerja yang dilihat dari cara kamu menghadapi tekanan, inisiatif, tanggung jawab dan juga sopan santun baik dalam lingkup pekerja maupun tamu hotel.   Itu tadi 4 keahlian penting buat kamu fresh graduate yang mau bekerja di industri perhotelan. Informasi dan tips-tips karir lainnya yang berguna untuk kesuksesan karir kamu ada di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang.
Komentar