KANDIDAT PERUSAHAAN

Tips Menjadi Customer Service Yang Baik

24 Maret 2021 20:03 8744 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Dengan adanya loyal customer maka customer service sudah pasti menjadi garda depan ketika terjadi kesalahan maupun pembelian. Customer juga pasti berharap CS bisa menjadi pihak yang membantu. Nah bagaimana sih menjadi CS yang membantu? Kamu bisa mencoba 7 tips untuk jadi customer service yang baik di bawah ini, ya Sahabat Topkarir!

 

 

  • Mampu berkomunikasi dengan baik

Seorang customer service harus mampu berkomunikasi dengan baik di manapun tempatnya. Ia harus bisa berbahasa dengan jelas, ramah, dan sopan. Hal ini akan sangat berpengaruh pada bagaimana customer service dapat memberikan informasi maupun solusi terhadap pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan baik dan tepat.

 

 

  • Memahami produk dengan baik

Kemampuan berkomunikasi dan berbahasa yang baik tidak akan berguna bila customer service tidak tahu apa-apa tentang produk yang ditawarkan perusahaannya. Untuk itu, seorang customer service harus dibekali dengan pemahaman produk yang baik, agar tidak menimbulkan keraguan di benak pelanggan terhadap kualitas dan cara penggunaan produk yang dipasarkan oleh perusahaan.

 

 

  • Responsif dan cepat dalam melayani pelanggan

Pelanggan tidak suka menunggu, mendapatkan pelayanan yang cepat merupakan harapan setiap pelanggan. Baik kaitannya dalam mendapatkan informasi maupun penyelesaian masalah. Sedangkan pelanggan kamu mungkin terdiri dari banyak orang. Bila respon customer service terhadap satu pelanggan saja lama, tentu akan berpengaruh juga kepada pelanggan lainnya. Hal ini akan memberikan citra buruk di mata pelanggan.  Oleh sebab itu, terkadang penting sekali merespon pelanggan dengan cepat meskipun itu hanya berbentuk beberapa kata saja, seperti “mohon menunggu sejenak”, atau “akan kami usahakan secepat mungkin”.

 

 

  • Mampu meyakinkan konsumen

Seorang customer service harus memiliki kemampuan untuk meyakinkan konsumen. Berbagai argumen sesuai logika yang disampaikan oleh customer service harus bisa membuat konsumen yakin dan merasa puas.

 

 

  • Jangan memberi janji di luar kemampuan

Mungkin kamu pernah kecewa karena seseorang telah mengingkari janjinya kepada kamu. Begitu juga dengan pelanggan, hindari memberi janji yang kamu tahu kalau janji tersebut sulit atau tidak mungkin akan kamu tepati. Jadi jangan pernah membohongi pelanggan dengan memberi janji atau keterangan palsu ya. Kejujuran adalah segalanya dalam sebuah pelayanan.

 

 

  • Lakukan tugas sesuai standar baku perusahaan

Semua bentuk layanan maupun perlakuan kepada pelanggan haruslah mempunyai standar baku yang jelas. Customer service wajib melakukan tugas sesuai prosedur dan standar servis yang sudah dibuat dan ditetapkan oleh perusahaan. Hal ini ditujukan agar pelanggan memperoleh servis yang sempurna dari perusahaan. Konsistensi terhadap prosedur dan standar baku perusahaan juga harus ditanamkan dan senantiasa dijalankan oleh customer service. Dengan demikian, customer service sebenarnya memiliki peran besar kepada perusahaan dalam membentuk citra entitas yang profesional dan service oriented.

 

 

  • Berikan pelayanan terbaik

Pelanggan yang puas terhadap pelayanan customer service perusahaan, akan menjadi senjata marketing yang ampuh bagi perusahaan tersebut. Karena mayoritas calon konsumen akan lebih tertarik dan memakai produk maupun jasa kamu ketika mereka memperoleh referensi dari teman atau kerabat dekatnya. Jadi, jangan sampai kamu pilih kasih terhadap pelanggan ya, berikan service terbaik kamu kepada semua pelanggan.

 

Itulah beberapa tips tentang bagaimana menjadi customer service yang baik Sahabat TopKarir! Temuka tips lainnya di www.topkarir.com

Komentar