Pencari Karir Pencari Kandidat

Tips Mengelola Gaji Pertama, Biar Gak Cepat Habis

24 Maret 2021 20:03 1502 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Setelah sebulan bekerja, melewati banyak hambatan di awal, gaji pertama jadi yang paling dinantikan. Pasti kamu sudah memikirkan, untuk apa uangnya nanti, atau barang apa aja yang mau dibeli. Buat kamu yang baru bekerja dan mendapat gaji pertama, mengatur finansial jadi tantangan tersendiri. Jika tidak dikelola dengan benar, bisa habis tanpa sadar. Untuk mengantisipasi hal itu terjadi, yuk simak tips-tips mengelola gaji pertama berikut ini.

 

 

  • Mencatat pengeluaran secara detail

 

Dengan mencatat seberapa besar uang yang kamu keluarkan, kamu akan sadar untuk menekan pemborosan, sebelum uangmu habis. Periksa saldo tabungan secara berkala untuk mengetahui saldo yang tersisa.

 

  • Terapkan aturan 50 - 30 - 20

 

Dilansir moneysmart.id, seorang perencana keuangan, Anthony Badilla mengenalkan aturan 50 - 30 -20 dengan membagi pendapatan menjadi beberapa bagian. Contohnya 50% gaji kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan, seperti makan dan transportasi. 30% disisihkan untuk tabungan dan membayar utang. 20% sisanya bisa kamu pakai untuk hiburan dan membeli keinginan pribadi. 

 

 

  • Biasakan hidup hemat

 

Di tengah godaan gaya hidup yang menyenangkan. Kamu harus bisa membatasi diri untuk tidak ikut-ikutan. Sebaiknya kamu bisa membedakan pilihan dengan kebutuhan. Misalnya baru-baru ini tren minuman kopi dan bubble tea sedang marak, kalau kamu gak hemat, gaji pertamamu bisa jadi sekedar lewat.

 

Itu dia 3 tips penting supaya kamu bisa mengelola gaji pertama. Ingat juga ya, kamu masih harus memenuhi kebutuhan di bulan berikutnya, jadikan gaji pertama sebagai motivasi bukan sekedar apresiasi untuk memanjakan diri. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Metode Belanja Hemat Agar Gaji Kamu Tidak Cepat Habis

Metode Belanja Hemat Agar Gaji Kamu Tidak Cepat Habis

Para pekerja sering sekali boros dengan membelanjakan uangnya atau gajinya untuk budget fashion dan beauty. Sering kali ini menguras gaji kamu, nah untuk menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran kamu harus melakukan menghemat uang belanja, nah berikut ini tips agar belanja hemat agar gaji kamu tidak cepat habis, simak ya!   Jangan terfokus pada merek Jangan tergoda, bandingkan dengan merek lain yang lebih murah. Syukur syukur kalau kamu bisa membeli produk yang tidak bermerek namun punya fungsi sama.   Catat rencana belanja Dengan cara mencatat daftar belanja yang ingin kamu beli, bisa berhemat & mengatur prioritas barang yang ingin kamu beli.    Simpan nota pembelian Supaya pengeluaran terkontrol simpanlah bon belanja. Tujuan menyimpan bon ini adalah agar kamu bisa membandingkan harga bulan ini dan bulan lalu. Dengan cara seperti itu kamu bisa tahu saat harga sedang murah dan tempat beli produk murah tersebut.   Berburu diskon  Coba amati tiap hari dan carilah promo atau diskon-diskon yang menguntungkan buat kamu yang biasanya banyak terdapat di supermarket besar. Pastikan produk yang kamu beli tidak kadaluarsa dan memang betul-betul kamu butuhkan ya.   Itu dia tipsnya Sahabat TopKarir, yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 
Komentar