KANDIDAT PERUSAHAAN

Tips Mengatur Pola Tidur di Bulan Ramadan, Bantu Semangat Aktivitas dan Puasamu!

13 April 2021 16:04 4065 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Ramadan 2021 datang lagi nih, dalam hadis, muslim yang menyambut bulan ini dengan suka cita Allah akan haramkan jasadnya masuk ke dalam neraka. Selain dengan perasaan gembira, kamu juga harus mempersiapkan diri dengan kebiasaan dan amalan di bulan ramadan.

 

Salah satu yang perlu kamu sesuaikan adalah pola tidur. Kebiasaan tidur bisa sangat mempengaruhi ibadah puasa kamu di siang hari.

 

Jam tidur yang kurang akan membuat tubuh kita cepat lelah dan mudah mengantuk. Hal ini tentu semakin mengganggu jika kamu juga seorang pekerja dan punya banyak aktivitas di siang hari.

 

Untuk mengatur pola tidur yang baik, ada beberapa tips yang perlu kamu terapkan. Simak ulasannya berikut ini ya.

 

Atur waktu tidur lebih awal

Mengingat paginya kamu harus bangun sahur, cobalah untuk tidur malam lebih awal. Jangan paksa tubuhmu untuk terjaga sampai diatas jam 10 malam. Ingat, sebagai orang dewasa, kamu butuh tidur 7-9 jam per hari.

 

Kalau nggak membiasakan tidur lebih cepat selama bulan puasa, jam tidurmu bisa berkurang sekitar 40 menit karena terpotong waktu sahur.

 

Penelitian Journal of Sleep Research menyebutkan, hal ini akan mengurangi durasi tahap tidur pulas atau REM (rapid eye movement) yang mengakibatkan tubuh jadi mudah lelah dan mengantuk di siang hari.

 

Rutin tidur dan bangun di waktu yang sama

Kamu juga harus mulai membiasakan diri dengan tidur dan bangun di jam yang sama baik di hari kerja maupun hari libur. Kalau kamu sudah terbiasa tidur teratur di jam yang sama, tubuhmu juga ikut membiasakan diri.

 

Dengan menerapkan jadwal tidur yang teratur, manfaatnya akan membuat tubuh jadi lebih ringan, hangat, dan hormon kortisol juga dilepaskan, sehingga kamu punya lebih banyak energi untuk beraktivitas.

 

Sempatkan tidur setelah solat subuh

Sebaiknya hindari makan sahur saat mepet waktu imsak. Selain membuatmu jadi terburu-buru, tubuhmu jadi nggak punya cukup waktu untuk mencerna makanan dengan optimal sebelum waktunya sholat subuh.

 

Setelah sholat, kamu masih punya waktu sekitar 1-2 jam sebelum memulai aktivitas pagi. Manfaatkan jeda waktu ini untuk menambah jam tidurmu.

 

Hindari makan makanan besar sebelum tidur

Nggak lupa, hindari makan makanan terlalu banyak sebelum tidur. Jangan biarkan perutmu kosong saat tidur apalagi kekenyangan. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan tidurmu.

 

Buat kamu yang biasa minum kopi, ini juga harus dihindari ya. Kandungan kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan produksi hormon adrenalin yang akan membuat matamu terus terjaga.

 

Biasakan olahraga ringan

Membiasakan tubuh melakukan aktivitas fisik bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik, termasuk di bulan ramadan. Kegiatan ini juga jadi salah satu cara mengatur pola tidur di bulan puasa.

 

Bisa dengan bersepeda, yoga, jogging, menari, maupun gerakan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah.

 

Intinya, lakukan aktivitas seperti biasa, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Terlalu banyak tidur di siang hari juga bisa membuat tubuh menjadi lebih pasif dan otot tidak bekerja dengan maksimal.

 

Itu tadi tips mengatur pola tidur agar semangat jalani aktivitas di bulan puasa. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

 

Komentar