Tips Hemat Menghadapi Godaan Diskon Akhir Tahun | TopKarir.com

Tips Hemat Menghadapi Godaan Diskon Akhir Tahun

10-12-2019 10:50:19

Menjelang pergantian tahun, pusat-pusat perbelanjaan di berbagai kota dan toko online mulai memasang diskon besar-besaran. Saatnya kamu memanfaatkan waktu untuk berburu barang-barang impian. Tapi jangan sampai niat hemat berujung melarat, karena kondisi keuanganmu jadi sekarat. Kamu harus bisa mengelola pengeluaranmu di tengah diskon akhir tahun yang bertebaran. Bagaimana caranya? Yuk simak tips-tipsnya.

  1.     Atur anggaran belanja

Tentukan anggaran belanja dengan bijak dan cermat. Buat daftar barang yang ingin kamu beli lalu catat anggarannya. Hal ini berguna untuk mengontrol dan membatasi uang yang keluar dari sakumu.

 

  1.     Cek barang yang sudah kamu punya

Melihat tulisan diskon kadang kita gak sadar masuk ke toko dan membeli banyak barang. Padahal barang yang dibeli sudah punya di lemari, alhasil tidak terpakai. Karenanya kamu harus lebih bijak lagi ya memilih barang sesuai kebutuhan.

 

  1.     Bedakan antara kebutuhan dengan keinginan

Kamu juga harus bisa membedakan mana barang yang menjadi kebutuhanmu atau hanya ingin. Biasanya barang yang dibeli atas dasar keinginan hanya dipakai sesekali atau bahkan tidak sama sekali.

 

  1.     Jangan mudah tergiur promo

Sebaiknya kamu bandingkan harga promo barang yang ingin dibeli dengan harga di toko lain, supaya kamu bisa menentukan worth it atau tidaknya. Karena terkadang promo hanya digunakan sebagai gimmick sebuah produk dengan memanfaatkan momen akhir tahun, padahal toko lain punya harga yang sama di hari biasa.

 

  1.     Ingat bahwa belanja barang diskon juga termasuk pengeluaran

Kamu harus sadar kalau berburu barang diskon dengan jumlah yang banyak juga membuat pengeluaran membengkak. Dengan begitu kamu tau batasan sebelum memutuskan membeli barang.

 

Itu tadi 5 tips mengatur keuangan supaya lebih hemat di tengah pesta diskon akhir tahun. Intinya kamu harus bijak memutuskan barang mana yang harus dibeli berdasarkan kebutuhan ya. Yuk temukan tips-tips karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga!


tutup
Registrasi berhasil

tutup