Tips dan Trik Menjadi Penyiar Radio Handal | TopKarir.com

Tips dan Trik Menjadi Penyiar Radio Handal

18-06-2019 10:55:44

Banyak yang bilang jadi penyiar radio itu gampang, cuman ngomong doang. Tapi, tidak segampang itu lho. Secara singkat penyiar radio adalah seorang penampil yang melakukan pekerjaan penyiar, menyajikan produk komersial, menyiarkan berita/informasi,acting, acara olahraga, pewawancara,diskusi, quiz dan narasi. Banyak yang bilang jadi penyiar radio itu gampang, cuman ngomong doang. Tapi, tidak segampang itu lho. Berikut tips-tips yang bisa membantu kamu untuk lebih baik dalam penyiaran. Simak ya.

 

  • Ceria

Menjadi seorang penyiar radio, kamu harus ceria. Penuh semangat ketika berbicara. supaya yang ngedengarin juga semangat. Kalau penyiarnya loyo, gimana pendengarnya mau semangat. Sedangkan, menjadi penyiar salah satunya juga adalah untuk memberi semangat atau menjadi penyemangat pendengar.

 

  • Percaya Diri

Yap! Menjadi seorang penyiar, kamu harus percaya diri, karena kalau tidak percaya diri, siaran kamu bisa tidak berjalan dengan lancar. Kalau sudah merasa grogi, kamu harus segera meyakinkan diri untuk percaya diri lagi.

 

  • Asik

Selain ceria, menjadi penyiar juga harus asik, supaya bisa mencairkan dan membuat suasana menjadi hidupsehingga pendengar tidak bosan. Menjadi asik, tidak melulu soal gaul. Tapi bisa juga menjadi bawel. Bawel yang "berisi". Kamu bisa memperbanyak perbendaharaan kata, supaya kata-kata kamu tidak monoton.

 

  • Berwawasan Luas

Supaya kamu tidak kehabisan bahan saat siaran, kamu harus berwawasan luas. Kamu bisa membaca, karena pengetahuan berawal dari membaca. Atau kamu juga bisa memperbanyak ngobrol dengan orang disekitar kamu, supaya semakin banyak pengetahuan.







  • Up To Date

Kamu harus tahu mengenai hal-hal terbaru, karena image seorang penyiar adalah serba tahu. Tahu akan hal-hal baru. Jangan sampai, kamu kalah up to date sama pendengar. Termasuk mengenai bahasa slang yang sedang booming sekarang.



  • Suka Musik

Radio memang tidak bisa dipisahkan dari musik. Untuk itu, penyiarnya harus paham mengenai musik, supaya bisa bridging a.k.a menjembatani lagu dengan materi siaran atau juga bisa bicara di atas intro lagu.

 

  • Artikulasi yang jelas

Menjadi penyiar radio, suara dan bahasa adalah aset utama. Untuk itu, diperlukan artikulasi yang jelas supaya pesan yang disampaikan kepada pendengar bisa dipahami dengan baik.

 

Itu dia tips nya, yuk temukan tips lainnya di TopKarir & download aplikasinya ya Sahabat TopKarir!


tutup
Registrasi berhasil

tutup