Tips Bertahan Di Pekerjaan Yang Tidak Sesuai Jurusan | TopKarir.com

Tips Bertahan Di Pekerjaan Yang Tidak Sesuai Jurusan

30-12-2019 14:05:24

Para karyawan entry level seringkali mendapatkan pekerjaan yang kurang sesuai gelar sarjananya. Kemudian dihadapkan oleh dua pilihan, mengundurkan diri atau tetap bertahan. Namun, ada kalanya kamu yang sudah terlanjur terjun untuk menekuni bidang yang tak sesuai jurusan merasa tidak tahu bagaimana bertahan atau bersaing dengan yang lain. Selain kemampuan adaptasi tinggi, inilah beberapa cara untuk mengatasi ini sehingga kamu bisa survive, meski tak sesuai dengan jurusan kuliah yang pernah kamu pelajari. Simak tipsnya ya!



  • Harus tetap profesional

Apa pun latar belakang pendidikan yang pernah kamu ambil, berusahalah menikmati tugas yang diberikan dan cobalah tepat waktu mengirimkannya. Jadikan orang percaya kalau kamu layak mengemban posisi yang diberikan tersebut, karena ini satu-satunya cara agar kamu mampu bertahan di tengah persaingan kerja yang kian ketat.

 

  • Kesempatan belajar hal baru

Memang tidak ada yang mudah apabila kita memasuki dunia baru. Akan tetapi yakinlah bahwa pekerjaan ini nantinya akan dapat membawamu ke petualangan baru yang lebih baik. Anggap saja ini bonus yang kamu dapatkan.

 

  • Berani ambil resiko & konsisten

Untuk jadi orang yang berhasil, tekuni satu bidang secara konsisten. Walaupun sewaktu kuliah tidak sesuai dengan pilihan pekerjaan yang kamu ambil saat ini, namun nikmati saja apa yang ada dan cobalah bertahan di waktu-waktu sulit.

 

  • Jangan lupa jalan jalan

Ambillah waktu sejenak untuk mengambil jatah libur untuk traveling atau melakukan hobimu jika semua hal terlalu lelah untuk kamu jalani, barangkali saat ini adalah waktu yang tepat bagimu untuk istirahat, ini sangat bermanfaat buat kamu dapat kembali fokus terhadap pekerjaanmu.



Itu dia tipsnya, hal yang wajar ketika kamu merasa kurang pantas bekerja di luar bidang keahlian yang selama ini kamu pelajari. Namun jadikan itu sebagai hal yang bisa bikin kamu berkembang ya.  Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 


tutup
Registrasi berhasil

tutup