Tips Anti Burnout Untuk Millennial | TopKarir.com

Tips Anti Burnout Untuk Millennial

17-12-2019 16:43:48

Kalau kamu mulai merasa kelelahan baik mental maupun fisik akibat tekanan kerja yang berat, itu artinya kamu terkena burnout syndrome. Kondisi ini berakibat pada menurunnya performa kerja dan kesehatan. Kamu selalu merasa kelelahan meski melakukan pekerjaan kecil sekalipun. Millennial sangat rentan mengalami burnout syndrome, sebab harus memikirkan pekerjaan dan kehidupan pribadi dalam waktu bersamaan. Belum lagi jam kerja yang tidak menentu. Nah, untuk kamu yang merasa burnout, simak tips-tips berikut untuk mengatasinya.

 

 

  • Bekerjalah sesuai kemampuan tanpa tekanan

 

Sebaiknya setiap pekerjaan dilakukan dengan memperhatikan batas kemampuan. Kamu tidak perlu bekerja secara sempurna melainkan efektif. Jangan biarkan dirimu tertekan karena ambisi.

 

 

  • Perhatikan kondisi fisikmu dengan beristirahat

 

Jangan paksakan fisikmu ketika lelah dengan aktivitas kerja yang berat. Lebih baik beristirahat untuk mengembalikan konsentrasi dan energi dibanding harus memaksakan fisik bekerja terus tanpa henti. Yang ada kamu stres dan mudah emosi.

 

 

  • Sempatkan kumpul-kumpul bareng teman

 

Hangout bareng sahabat diluar jam kerja bisa bikin pikiranmu lebih fresh. Selain itu berbagi cerita akan membuat pikiranmu jadi lebih lega, siapa tau mereka bisa kasih solusi untuk masalah burnout-mu. Karena hidup bukan cuma soal kerja dan kerja, kamu harus menyeimbangkan dengan kehidupan sosial juga.

 

 

  • Buat agenda pekerjaan harian

 

Sebaiknya kamu mulai membuat rencana harian, pekerjaan apa yang harus kamu selesaikan. Dengan begitu pekerjaanmu bisa lebih terkontrol dan tidak keteteran jika ada pekerjaan dadakan.

 

 

  • Agendakan liburan

 

Setelah bergelut dengan kerjaan, tugas, deadline, ada baiknya kamu merencanakan liburan untuk mengembalikan pikiran dan melepas penat. Pekerjaan yang dilakukan saat kondisi lelah malah akan membuahkan hasil yang kurang maksimal. Jadi jangan ragu mengajukan cuti ya Sahabat TopKarir.

 

Itu dia 5 tips mengatasi burnout syndrome buat para millennial. Yuk temukan informasi dan tips-tips seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga. 


tutup
Registrasi berhasil

tutup