Tips Aman Menukar Uang Menjelang Lebaran | TopKarir.com

Tips Aman Menukar Uang Menjelang Lebaran

23-05-2019 14:48:24

Hari Raya Idulfitri semakin dekat. Sebagian besar orang punya kebiasaan membagi-bagikan "amplop" bagi keluarga, sanak saudara maupun kerabat terdekat yang berusia masih kecil pada saat Lebaran. Hal itu menyebabkan kebutuhan uang dalam pecahan nilai kecil dalam jumlah banyak semakin meningkat. Beberapa tips yang aman untuk menukar uang menjadi pecahan kecil agar siap bagi-bagikan amplop "THR" di hari raya nanti. Apa saja itu?

 

  • Menitip pada teman yang bekerja di bank

Kamu bisa memanfaatkan teman kamu yang bekerja di bank untuk menukarkan uang. Bank Indonesia bekerja sama dengan beberapa bank negeri maupun swasta menjadi wadah, tempat penukaran uang untuk kebutuhanmu di hari raya. Cara ini sangat membantu kamu untuk menghemat waktu, apalagi jika kamu sedang sibuk bekerja.

 

  • Penukaran uang di tempat resmi

BI telah menyiapkan beberapa lokasi tempat penukaran uang di setiap kota. Nah, jika kamu ingin menukarkan uang di lokasi terdekat, lakukan secepatnya mengingat batas waktu penukaran uang tidak begitu panjang.

 

  • Jangan menukar uang melalui calo

Menjelang Lebaran, banyak sekali calo penukaran uang beredar. Apalagi di stasiun, terminal, maupun tempat-tempat umum lainnya. Meski sudah kepepet, sebaiknya hindari menukar uang melalui calo. Masalahnya, kamu harus membayar lebih besar dari uang nominal yang akan kamu tukar.

 

  • Cari informasi tentang cara penukaran uang

Yang satu ini tidak boleh dilupakan, mengetahui syarat dalam penukaran uang memang menjadi kunci utama. Jangan sampai, sudah tiba dilokasi ternyata kamu ditolak untuk menukarkan uang pecahan. Biasanya yang paling penting, kamu harus membawa kartu identitas resmi dan harus mengetahui berapa jumlah uang yang dapat ditukarkan.

 

  • Jangan mepet, tukar dari sekarang

Tempat penukaran uang dengan pecahan nilai yang lebih kecil menjamur di mana-mana. Jika tidak ingin berdesak-desakan dengan demi menukar uang, sebaiknya lakukan mulai dari sekarang. Dengan begitu kamu pun tidak akan tergesa-gesa dan memilih opsi tempat penukaran.

 

Itu dia tipsnya yang bisa kamu terapkan. Yuk temukan tips lainya di TopKarir, download aplikasinya ya!


tutup
Registrasi berhasil

tutup