Pencari Karir Pencari Kandidat

Tertarik jadi Sales Representative? Kenali Lebih Dulu Tugas dan Tanggung Jawabnya

13 Juli 2021 16:07 70180 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 5 KALI DIBAGIKAN

Sales representative bukan lagi sesuatu yang asing didengar di dunia bisnis dan pemasaran. 

 

Banyak perusahaan membutuhkan posisi ini, gak heran info lowongan kerja sales representative selalu ada dan tersebar di mana-mana.

 

Pengertian sales representative

Sales representative diartikan sebagai sebuah pekerjaan yang tugas utamanya menjual produk maupun jasa kepada klien dengan target meningkatkan angka penjualan.

 

Berbeda dengan sales associate yang menawarkan produk langsung ke konsumen, sales representative menyasar pada kelas konsumen yang lebih besar seperti pabrik, perusahaan atau industri lain, organisasi, sampai lembaga pemerintahan.

 

Mangkanya orang yang bekerja untuk posisi ini harus dibekali keterampilan kerja utama yakni komunikasi persuasif dan negosiasi untuk menarik minat klien.

 

Untuk lebih mengenal profesi ini, yuk kenalan dulu sama tugas dan tanggung jawabnya.

 

Tugas dan tanggung jawab sales representative

Lebih detailnya tugas seorang sales representative berbeda sesuai kebutuhan di tiap perusahaan. Tetapi pada umumnya tugas-tugas tersebut dapat dijelaskan dalam poin-poin berikut.

 

1. Menjual produk perusahaan

Tugas utama seorang sales representative adalah menjual barang/jasa yang perusahaan punya.

 

Nggak sebatas itu aja, mereka juga bertugas menemukan klien potensial sampai menjaga hubungan jangka panjang dengan klien.

 

Sales representative harus sigap membantu dan menyelesaikan masalah yang dihadapi klien berhubungan dengan semua transaksi.

 

Karena itu, mereka juga harus berperan sebagai customer support untuk memastikan kepuasan klien. 

 

Biasanya sales representative memiliki target penjualan yang sudah ditentukan perusahaan dan harus dipenuhi dalam periode tertentu.

 

2. Menguasai product knowledge dengan baik

Seorang sales representative akan kesulitan menawarkan apalagi menjual produknya tanpa product knowledge (pengetahuan produk) yang baik.

 

Sebelum akhirnya deal dengan klien, sales representative harus mempresentasikan produk/jasa yang ditawarkan secara jelas dan detail.

 

Pengetahuan yang mendalam tentang produk mulai dari latar belakang, tujuan dibuatnya produk, komposisi bahan, kegunaan, kelebihan sampai ketahanan produk harus sudah ada di luar kepala.

 

Nah, kalau hubungan yang baik sudah di jalin, saat sales representative mempresentasikan produknya ke klien akan jadi lebih mudah mencapai kesepakatan yang menguntungkan.

 

3. Mengurus segala keperluan administratif yang dibutuhkan klien

Tanggung jawab selanjutnya yakni mengurus kebutuhan terkait administrasi klien.

 

Kamu harus memastikan semua dokumen dan informasi yang diperlukan tersedia, agar proses jual beli berjalan dengan lancar.

 

4. Menjaga citra perusahaan

Dalam Bahasa Inggris, representative diartikan sebagai perwakilan. Artinya, sales representative juga berperan sebagai brand image yang membawa nama baik perusahaan.

 

Peran sebagai brand image ini nggak sebatas di lingkup pekerjaan aja, melainkan juga di lingkungan sosial lain yang lebih luas.

 

Karena itu attitude positif dibutuhkan sebagai kualifikasi untuk posisi ini, jangan sampai sikap buruk yang ditunjukkan juga ikut mencoreng nama baik perusahaan.

 

5. Update dengan perkembangan dan tren pasar

Tanggung jawab umum lainnya dari seorang sales representative adalah mengamati dan mengikuti perkembangan pasar.

 

Sales representative harus peka akan tren dan kebutuhan konsumen.

 

Kita tahu kebutuhan masyarakat sifatnya dinamis atau terus berubah, inovasi produk selalu dibutuhkan agar perusahaan bisa menjawab kebutuhan tersebut.

 

Gimana cara agar terus update? Kamu bisa aktif membaca berita, ikut seminar, mengamati fluktuasi pasar, dan memantau strategi kompetitor.


Itu tadi penjelasan terkait sales representative serta tugas dan tanggung jawabnya. Temukan informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download atau update aplikasi gratis di App Store dan Play Store.

Komentar