Pencari Karir Pencari Kandidat

Syarat Membuat NPWP Bagi yang Belum Bekerja

13 April 2021 11:04 3640 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Selain dokumen seperti surat lamaran kerja, CV, Portofolio dan kartu identitas, beberapa perusahaan juga mencantumkan NPWP sebagai syarat melamar kerja. Namun persyaratan satu ini belum tentu sudah dimiliki oleh seorang pelamar kerja khususnya para fresh graduate.

 

Sayangnya, tidak sedikit orang yang ditolak membuat NPWP karena belum berstatus sebagai karyawan. Sebab, salah satu syarat membuat NPWP adalah surat keterangan kerja atau bagi menjalankan usaha yakni Surat Keterangan Usaha (SKU).

 

Lalu, bagaimana dengan mereka yang baru lulus dan belum bekerja? Apa syarat yang harus dipenuhi untuk membuat NPWP?

 

Baca Juga: 6 Tips Sukses Buat Fresh Graduated Dalam Dunia Kerja

 

Syarat Membuat NPWP

 

Syarat membuat NPWP untuk yang baru lulus tidak berbeda dengan syarat membuat NPWP secara umum. Namun jangan kuatir, kamu tetap bisa membuat NPWP meski belum bekerja. Untuk membuatnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

 

  1. Minta Surat Keterangan dari Kelurahan. Agar pengajuan pembuatan NPWP tidak ditolak, isi status pekerjaan sebagai pekerja lepas atau wiraswasta.
  2. Masuk ke situs pajak di www.ereg.pajak.go.id dan lengkapi data pekerjaan. Isi semua kolom yang tersedia, termasuk scan KTP. Di kolom data pekerjaan, isi dengan keterangan 'pegawai swasta' atau 'wirausaha'.
  3. Di kolom domisili dan alamat usaha, isi data alamat sesuai yang tercantum di KTP kemudian klik “Submit”.
  4. Setelah semua proses selesai, kamu tinggal menunggu apakah aplikasi yang diajukan disetujui atau ditolak. Pemberitahuan status pengajuan NPWP akan dikirimkan melalui email oleh KPP.
  5. Jika pengajuan disetujui, kamu akan kembali menerima email notifikasi bahwa NPWP siap dicetak. Jika pendaftaran dilakukan secara online, tunggu 3-7 hari sampai kartu NPWP kamu dikirim ke alamat yang telah didaftarkan.

 

Fungsi NPWP

 

Selain melamar kerja, ada banyak fungsi NPWP untuk mempermudah urusan kita. Jadi, meski kamu belum berpenghasilan, NPWP punya manfaat lain sebagai berikut:

 

  • Mempermudah pembuatan visa ke negara-negara yang membutuhkan rekening dan NPWP
  • Mempermudah proses membuka rekening di bank
  • Mempermudah pengajuan kredit di bank seperti pengajuan kartu kredit hingga KPR rumah
  • Sebagai syarat pengajuan pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

 

Baca Juga: 4 Keahlian untuk Fresh Graduate Biar Cepat Dapat Kerja

 

Nah, itu dia langkah-langkah membuat NPWP bagi yang belum bekerja. Mudah bukan? Apalagi tersedia layanan pembuatan secara online.

 

Tapi yang perlu diingat, setelah mempunyai NPWP kita patut melaporkan wajib pajak setiap tahunnya, ya! Dan bagi yang sudah punya NPWP dan sedang mencari pekerjaan, jangan lupa kunjungi kunjungi topkarir.com untuk mendapatkan pekerjaan impian. Temukan berbagai tips karier menarik lainnya di sini

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
5 Kegiatan Positif yang Membuat Cuti Kerja Kamu Bermakna

5 Kegiatan Positif yang Membuat Cuti Kerja Kamu Bermakna

Setiap pegawai tentu mempunyai hak untuk cuti, Sebagai pekerja, kamu harus memanfaatkan waktu cuti dengan sebaik mungkin. Jika tidak ada jatah cuti, tentu setiap pekerja akan sangat stres dengan segala rutinitas yang dilakukannya setiap hari kerja. Untuk itu cuti menjadi sangat berharga bagi para karyawan. Nah kamu bisa mengisi waktu cutimu dengan beberapa kegiatan positif. Diantaranya dengan melakukan 5 kegiatan positif berikut ini. Simak ulasannya ya.   Istirahat tidur Rutinitas yang padat membuatmu butuh istirahat maksimal, apalagi jika kamu bekerja sejak pagi dan baru pulang malam hari. Tentu waktu tidurmu akan berkurang. Unttuk itu manfaatkan momen cuti dengan tidur untuk memulihkan kondisi tubuhmu agar kembali fit.   Melakukan pijat refleksi Tubuh yang lelah akibat bekerja membutuhkan pijatan untuk membuatnya kembali bugar, untuk itu banyak orang terutama karyawan melakukan refleksi tubuh untuk menghilangkan letih pada badan. Pijat dapat memberi dampak positif pada tubuhmu seperti melancaran peredaran darah, mengurangi stres, hingga membantu memperbaiki keseimbangan fungsi pada tubuh. Jadi setelah pijat, kamu bisa lebih bugar dan segar kembali.   Membaca buku Waktu cuti bisa kamu manfaatkan juga dengan bersantai sambil membaca buku-buku yang telah kamu beli, atau kamu pinjam dari perpustakaan. Buku adalah jendela untuk melihat dunia. Habiskan stok buku yang belum kamu baca saat sedang memiliki waktu senggang. Kamu bisa mencoba membaca beberapa genre buku menarik seperti sejarah, ensiklopedia, biografi tokoh, buku motivasi, hingga buku fiksi seperti novel atau kumpulan cerpen.   Bersih - bersih rumah Sibuk dengan pekerjaan mungkin membuat kamu tidak punya waktu untuk beres-beres rumah. Untuk itu momen cuti bisa menjadi ajang sapu-sapu bersih lingkungan rumah. Singkirkan debu-debu pada perabotan rumahmu dan lakukanlah hal tersebut dengan hati riang. Dengan begitu waktu cutimu gak terbuang percuma.   Mengunjungi keluarga atau kerabat Cuti sejatinya adalah hari yang tepat untuk mengunjungi sanak keluarga terdekat. Padatnya aktivitas membuat waktumu tersita banyak untuk bekerja. Dengan cuti kamu bisa menghirup udara dan menghabiskannya bersama orang-orang tercinta. Kamu bisa mengunjungi keluarga atau kerabat di waktu cutimu. Sambung lah tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat yang mungkin sudah lama tidak kamu kunjungi. Mereka pasti akan senang dengan kehadiranmu.   Nah itu dia kegiatan yang bisa kamu lakukan saat cuti. Temukan tips lainnya di TopKarir & download aplikasinya ya.
Komentar