Pencari Karir Pencari Kandidat

Syarat dan Cara Daftar Kartu Pra kerja 2022

04 Agustus 2022 12:08 2920 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Kartu Pra Kerja merupakan sebuah program pemerintah yang menjadi salah satu upaya untuk memulihkan ekonomi masyarakat setelah pandemi, saat kamu mengikuti program kartu Prakerja ini kamu akan mendapatkan bantuan berupa materi. program kartu pra kerja ini juga memiliki efek jangka panjang karena dapat membantu meningkatkan keterampilan dari masyarakat usia produktif yang saat ini sedang mencari kerja.

 

Program kartu pra kerja ini sudah membuka beberapa gelombang yang bisa kamu ikuti dan nantinya sampai tahun 2024 program kartu pra kerja akan dipastikan terus berlanjut, manfaat yang akan kamu dapatkan ketika lolos seleksi program kartu pra kerja adalah kamu akan mendapatkan pendanaan untuk mengikuti pelatihan di berbagai platform digital senilai 1 juta rupiah, selain itu kamu juga mendapatkan insentif sebesar Rp.600.000 selama 4 bulan dan juga mendapatkan insentif survei tenaga kerja sebesar Rp.150.000.

 

Bagi kamu yang ingin daftar kartu pra kerja namun belum mengetahui apa saja syarat dan juga bagaimana cara daftarnya, kamu bisa menyimak pembahasan kali ini karena kami akan memberikan kamu syarat dan cara daftar kartu pra kerja di Tahun 2022.

 

Syarat dan Cara Daftar Kartu Pra kerja 2022

Syarat Daftar Kartu Pra kerja

Sebelum kamu mendaftarkan diri untuk mengikuti program kartu pra kerja ada baiknya kamu harus melengkapi beberapa syarat berikut ini agar nantinya ketika kamu mendaftar bisa mengikuti seluruh rangkaian dengan mulus.

 

  1. Warga negara Indonesia berusia 18 - 64 tahun
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  3. Sedang mencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, contohnya seperti buruh yang dirumahkan dan juga pekerja yang tidak menerima upah, termasuk juga pelaku usaha mikro.
  4. Bukan pejabat negara, pemimpin ataupun anggota DPR, ASN, TNI, polri, kepala desa dan perangkat desa, maupun pegawai BUMN atau BUMD
  5. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi penerima kartu pra kerja

Cara Daftar Kartu Pra kerja

Ketika sebelumnya kamu sudah melakukan pendaftaran sebagai pendaftar kartu pra kerja akan tetapi kamu tidak lolos seleksi maka kamu tidak perlu melakukan pendaftaran ulang pada bab selanjutnya karena data kamu sebelumnya sudah tersimpan otomatis oleh Project management office prakerja, namun bagi kamu yang belum pernah mendaftar sama sekali pada program kartu pra kerja kamu bisa menyimak Cara Daftar Kartu Pra kerja di bawah ini. 

 

  1. Langkah pertama untuk melakukan pendaftaran kartu pra kerja adalah kamu bisa masuk pada link daftar kartu pra kerja berikut ini : https://dashboard.prakerja.go.id/daftar 
  2. Setelah kamu mengklik menu " Daftar sekarang" kamu akan diminta untuk melakukan registrasi dan memasukkan email serta password.
  3. Jika sudah kamu bisa cek email yang sudah kamu daftarkan tadi kemudian lakukan proses verifikasi
  4. Setelah melakukan proses verifikasi kamu bisa masuk kembali pada situs resmi pra kerja dan masuk dengan akun yang baru saja kamu buat.
  5. Berikutnya kamu bisa Isi data diri sesuai dengan ktp dan juga kartu keluarga, setelah itu lakukan juga verifikasi nomor handphone. Pada saat kamu diminta untuk verifikasi foto KTP kamu bisa masuk dengan menggunakan browser pada handphone.
  6. Selanjutnya kamu bisa menjawab pertanyaan pendaftar peserta dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya.
  7. Setelah menjawab pertanyaan pendaftar kemudian kamu bisa menyelesaikan tes motivasi dan juga kemampuan dasar.
  8. Jika semua langkah sudah kamu lewati maka berikutnya kamu tinggal menunggu notifikasi kelulusan pada program kartu pra kerja melalui SMS dan juga email.

Apabila lolos seleksi pada program kartu pra kerja ini maka pastikan untuk mengikuti seluruh rangkaian pelatihan secara rutin agar keanggotaan kamu pada program kartu pra kerja ini tidak dicabut dan kamu bisa mendapatkan dana insentif setiap bulannya.

 

Saat kamu selesai mengikuti program kartu pra kerja dan menyelesaikan beberapa pelatihan maka kamu akan siap untuk melamar pekerjaan, dapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan dan juga informasi menarik lainnya mengenai program kartu pra kerja hanya di TipsKarir.

Komentar