Pencari Karir Pencari Kandidat

Profesi Pekerjaan Yang Ada Di Dunia Kopi

24 Maret 2021 20:03 7447 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Bila selama ini yang kamu tau hanya bagaimana cara menikmati kopi saja, maka engga ada salahnya jika kamu dan mengethaui mengenal lima profesi yang terlibat dalam industri kopi. Apa saja itu?

 

  • Petani kopi

Di awali sejak dari pohonnya, petani kopi merupakan titik awal dari rantai industri kopi. Dari Merekalah yang menentukan jenis kopi yang akan ditanam; baik itu kopi robusta atau arabika.

 

  • Green buyer

Pernah denger sebelumnya apa itu Green buyer?  Seorang Green buyer harus memiliki skill dalam memilih green bean terbaik dan memilihnya menggunakan proses cupping yang rumit. Green buyer juga harus mengetahui jenis kopi yang paling diminati dan sedang tren di kalangan pecinta kopi.

 

  • Coffee roaster

Tugas coffee roaster tak mudah, dia harus benar-benar paham tentang ‘menghidupkan’ biji hijau yang mentah menjadi nikmat saat berada di atas cangkir. Coffee roaster harus tahu jenis dari biji kopi yang akan mereka sangrai karena proses penyangraian setiap jenis kopi berbeda-beda. Mereka akan banyak melakukan eksperimen demi menemukan cita rasa, aroma dan karakter dari biji kopi.

 

  • Professional cupper

Professional cupper memiliki andil dalam menilai cita rasa kopi secara mendalam. Mereka juga menganalisa apakah ada kecacatan pada kopi, body, cup clarity dan karakter yang dimiliki kopi. Mereka pula yang menentukan apakah kopi itu bisa dijual atau bisa dilelang.

 

  • Barista

Barista memiliki tanggung jawab untuk meracik kopi yang dapat dinikmati oleh peminum kopi. Berbagai proses dalam menciptakan secangkir kopi nikmat membutuhkan pelajaran hingga bertahun-tahun. Bahkan barista pun memiliki spesialisasinya masing-masing.



  • Sales

Di antara semua profesi yang sudah disebutkan di atas, sales memegang peranan penting dalam membidik pasar. Sales harus tau tren pasar dan apa yang sedang diminati oleh para pecinta kopi. Selain kopi, sales juga bertindak dalam menjual alat-alat pembuatan kopi.

 

Nah , ternyata banyak profesi yang terlibat di industri kopi, ya Sahabat TopKarir! Kamu juga bisa mencari lowongan pekerjaan lainnya di www.topkarir.com Semangat Sahabat TopKarir!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Jenis Pekerjaan Yang Membutuhkan Jiwa Sosial Tinggi

Jenis Pekerjaan Yang Membutuhkan Jiwa Sosial Tinggi

Kamu tipe orang yang memiliki jiwa sosial tinggi, suka membantu orang lain yang tengah mengalami kesulitan, menyukai bentuk macam perhatian, dan memiliki kepuasan tersendiri saat bisa membantu orang lain? Jika kamu memiliki jiwa yang selalu ingin menolong dan ingin membawa perubahan yang baik pada hidup orang lain, maka itu sudah menjadi salah satu modal kamu dalam memilih karir sebagai pekerja sosial. Berikut ini jenis jenis pekerjaan yang membutuhkan jiwa sosial, cocok untuk kamu nih. Simak ya! Guru Menjadi seorang guru adalah pekerjaan pertama yang membutuhkan jiwa sosial yang tinggi. Tidak hanya membina siswa secara akademik, seorang guru juga diharapkan untuk dapat membangun siswa menjadi pribadi yang lebih baik. Untuk itu seorang guru harus terampil dan cepat tanggap dalam menyelesaikan masalah yang terjadi dalam hubungan antar pribadi.   Konselor Untuk kamu yang suka aktivitas sosial ditambah mendengarkan keluhan orang lain, konselor adalah pilihan pekerjaan yang tepat. Pekerjaan ini cocok untuk seorang yang memiliki jiwa sosial tinggi dan suka berinteraksi langsung terhadap orang lain.    Perawat Menjadi seorang perawat adalah salah satu jenis pekerjaan yang paling sesuai untuk kamu yang mempunyai ketertarikan sangat besar terhadap lingkungan sosial. Kamu dituntut untuk memiliki jiwa sosial tinggi, yang mengutamakan kepentingan orang lain ketimbang kepentingan pribadi.  Pemadam Kebakaran Menjadi petugas pemadam kebakaran adalah salah satu pekerjaan yang memiliki jiwa sosial yang cukup tinggi. Menjadi petugas pemadam kebakaran tidak hanya dituntut untuk melakukan penyelamatan korban kebakaran atau petugas pemadaman, mereka juga dituntut untuk melakukan penyelamatan korban bencana seperti banjir, gedung runtuh, gempa bumi dll. Mulia sekalikan pekerjaan ini?    Itulah empat jenis pekerjaan yang membutuhkan jiwa sosial yang tinggi. Jika kamu merasa memiliki tingkat kepedulian yang cukup dan suka membantu kesulitan orang lain. Rekomendasi pekerjaan diatas sesuai untukmu. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!   
Komentar