KANDIDAT PERUSAHAAN

Profesi Pekerjaan Yang Ada Di Dunia Kopi

24 Maret 2021 20:03 9932 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Bila selama ini yang kamu tau hanya bagaimana cara menikmati kopi saja, maka engga ada salahnya jika kamu dan mengethaui mengenal lima profesi yang terlibat dalam industri kopi. Apa saja itu?

 

  • Petani kopi

Di awali sejak dari pohonnya, petani kopi merupakan titik awal dari rantai industri kopi. Dari Merekalah yang menentukan jenis kopi yang akan ditanam; baik itu kopi robusta atau arabika.

 

  • Green buyer

Pernah denger sebelumnya apa itu Green buyer?  Seorang Green buyer harus memiliki skill dalam memilih green bean terbaik dan memilihnya menggunakan proses cupping yang rumit. Green buyer juga harus mengetahui jenis kopi yang paling diminati dan sedang tren di kalangan pecinta kopi.

 

  • Coffee roaster

Tugas coffee roaster tak mudah, dia harus benar-benar paham tentang ‘menghidupkan’ biji hijau yang mentah menjadi nikmat saat berada di atas cangkir. Coffee roaster harus tahu jenis dari biji kopi yang akan mereka sangrai karena proses penyangraian setiap jenis kopi berbeda-beda. Mereka akan banyak melakukan eksperimen demi menemukan cita rasa, aroma dan karakter dari biji kopi.

 

  • Professional cupper

Professional cupper memiliki andil dalam menilai cita rasa kopi secara mendalam. Mereka juga menganalisa apakah ada kecacatan pada kopi, body, cup clarity dan karakter yang dimiliki kopi. Mereka pula yang menentukan apakah kopi itu bisa dijual atau bisa dilelang.

 

  • Barista

Barista memiliki tanggung jawab untuk meracik kopi yang dapat dinikmati oleh peminum kopi. Berbagai proses dalam menciptakan secangkir kopi nikmat membutuhkan pelajaran hingga bertahun-tahun. Bahkan barista pun memiliki spesialisasinya masing-masing.



  • Sales

Di antara semua profesi yang sudah disebutkan di atas, sales memegang peranan penting dalam membidik pasar. Sales harus tau tren pasar dan apa yang sedang diminati oleh para pecinta kopi. Selain kopi, sales juga bertindak dalam menjual alat-alat pembuatan kopi.

 

Nah , ternyata banyak profesi yang terlibat di industri kopi, ya Sahabat TopKarir! Kamu juga bisa mencari lowongan pekerjaan lainnya di www.topkarir.com Semangat Sahabat TopKarir!

Komentar