Pencari Karir Pencari Kandidat

Profesi Guru: Apa Saja Keahlian yang Dibutuhkan Posisi Ini?

29 Maret 2021 08:03 4632 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 6 KALI DIBAGIKAN

Memilih profesi guru sebagai jenjang karier merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang menyukai dunia pendidikan. Meski terlihat umum, namun pekerjaan menjadi seorang guru tidaklah mudah dan perlu memiliki banyak keahlian.

 

Bahkan, profesi guru membutuhkan skill sosial dan psikologi yang tinggi dari pekerjaan lainnya. Guru yang baik memiliki kemampuan untuk mengubah kehidupan dan mengembangkan siswa yang terpelajar dan terhormat. Mereka bukan hanya dituntut untuk membantu dan mendukung pertumbuhan pengetahuan, tetapi juga meningkatkan pribadi siswa yang baik. 

 

Nah, untuk Anda yang ingin berprofesi sebagai guru, berikut tujuh keahlian atau skill yang perlu dikuasai.

 

Kepemimpinan

Seorang guru yang baik harus memiliki kemampuan untuk memimpin dan membimbing kelas mereka. Guru harus bisa mengatur sejumlah kepribadian yang berbeda, termasuk anak-anak yang nakal, dan mengarahkan mereka ke arah yang benar. Mereka memimpin dengan memberi contoh dan harus mampu menjadi teladan yang baik dalam kehidupan para siswa.

 

Baca juga: Cara Mudah Menggunakan Internet Untuk Guru 

 

Rasa hormat

Meski lebih tua dan harus dihormati, guru yang baik tetap perlu menghormati para siswanya di kelas. Dengan begitu, siswa akan merasa aman untuk membagikan nilai dan pendapat mereka. Keahlian ini juga menjadikan teman sekelas mereka belajar menjadi pendengar yang baik dan menghargai pemikiran orang lain dan menjadi saling menghormati.

 

Multitasking

Mengajar tidak hanya tentang mengikuti kurikulum dan menilai kertas ujian, namun ini juga tentang multitasking atau mampu menguasai banyak pekerjaan sekaligus. Seorang guru yang baik perlu memiliki pandangan di belakang kepalanya dan harus dapat memantau perilaku siswanya serta menjaga perhatian mereka saat menyelesaikan kelas. Setelah kelas selesai, mereka perlu merencanakan minggu berikutnya, serta membuat dan menilai tes dan tugas, sehingga keahlian multitasking akan sangat diperlukan.

 

Baca juga: Kunci Sukses Berkarir Sebagai Guru di Era Digital

 

Kemampuan Mengajar

Keahlian yang satu ini memang sudah seharusnya dimiliki oleh semua orang yang ingin mengambil profesi guru. Tetapi, menjadi guru bukan hanya tentang menyampaikan pelajaran yang Anda miliki untuk mendidik orang lain. 

 

Anda harus memiliki keterampilan lain, gaya mengajar sendiri, dan kemampuan untuk menjelaskan serta mendemonstrasikan dengan jelas sehingga konsep yang tidak mudah dipahami dapat disederhanakan menggunakan contoh atau alat peraga yang mudah diingat siswa.

 

Komunikasi

Guru harus memiliki kemampuan komunikasi yang luar biasa. Mereka harus dapat berinteraksi dengan orang-orang dari segala usia, termasuk rekan kerja, murid, orang tua, dan pimpinan. Pendidik harus secara efektif menyampaikan informasi, memahami sudut pandang yang berbeda dari orang lain dan menjelaskan alasan pilihan yang mereka buat terkait dengan pengajaran yang diberikan.

 

Baca juga: Bermimpi Jadi Public Relation? Keterampilan Ini Wajib Kamu Miliki!

 

Kecerdasan Emosional

Keahlian lainnya yang tak kalah penting harus dimiliki seorang guru adalah kecerdasan emosional. Betapapun marah atau kesalnya Anda, Anda harus memiliki kemampuan untuk mengendalikan emosi dan tidak membiarkan emosi menguasai hingga menyakiti para siswa. Jika tidak mampu menguasai keahlian yang satu ini, tentu Anda akan gagal dalam mendidik.

 

Sabar

Kesabaran adalah kunci saat menangani anak-anak dan remaja. Pasalnya, tidak semua siswa akan berperilaku baik dan Anda harus memahami hal itu. Anda juga perlu bersabar jika seorang murid tidak memahami apa yang Anda katakan. Anda harus menemukan cara alternatif untuk menjelaskan berbagai hal sehingga bisa diterima oleh para siswa. Dan tentunya, hal tersebut membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi.

 

Nah, agar sukses menjadi seorang guru, yuk simak berbagai tips karier menarik lainnya di sini. Jangan lupa download aplikasi TopKarir sekarang dan  mendapatkan info lowongan keja terbaru, info magang, tips karir, Topkarir Klinik, Pelatihan online Topedu, dan sebagainya.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tekanan Pekerjaan Adalah Pelajaran Berharga Untuk Generasi Milenial

Tekanan Pekerjaan Adalah Pelajaran Berharga Untuk Generasi Milenial

Menghadapi tekanan pekerjaan adalah pelajaran berharga untuk generasi milenial. Hal ini dikarenakan secara karakteristik generasi milenial memiliki keunikan tersendiri dalam hal pekerjaan. Mulai dari kebiasaan hidup bergantung dengan sosial media hingga selalu pergi hangout selepas pulang kerja. Seharusnya sadar bahwa tekanan pekerjaan adalah pelajaran berharga untuk generasi milenial. Berikut adalah alasan mengapa tekanan pekerjaan mampu menjadi pelajaran berharga   Mampu Menjadi Pribadi yang Kuat   Kamu harus menyadari sebagai entry level masih banyak yang harus dipelajari. Jika dianalogikan kamu sebagai lembaran kertas putih yang harus setiap saat dituangkan tinta. Artinya kamu sebagai individu yang belum memahami industri dan siap menjadi ekspertise dalam industri.   Jiwa yang Sabar Dalam Segala Hal   Kamu sangat cocok untuk mendapatkan tekanan pekerjaan. Fungsinya adalah untuk menjadikan kamu individu yang memiliki jiwa yang sabar. Jangan pernah melawan tekanan pekerjaan, ikutilah layaknya arus air mengalir. Tanpa tantangan, tidak akan terbentuk jiwa yang sabar.   Mampu Keluar Dari Zona Nyaman   Kamu akan merasakan sebuah proses keluar dari zona nyaman kamu. Sebenarnya proses tekanan pekerjaan merupakan therapy shocked  yang diberikan agar menjadi pribadi yang baru dan mampu menemukan ritme pekerjaan sesungguhnya.   Belajar Time Management   Kamu tentunya akan semakin lihai dalam menyusun waktu. Tekanan pekerjaan biasanya mengarah terhadap efektif dan efisiensi dalam penggunaan waktu. Dengan ini kamu mampu mengatur waktu dengan baik untuk memulai seluruh pekerjaan yang akan kamu kerjakan   Mengajak Kamu Berpikir Positif   Dalam menghadapi tekanan pekerjaan, alangkah baiknya kamu menghadapinya dengan memiliki pemikiran yang positif. Artinya kamu dapat menerimanya tanpa ada keluhan dan berpikiran negatif tentang sikap atasan kamu. Dengan selalu berpikir positif kamu bisa menerapkan dalam segala hal.   Mampu Beradaptasi dan Berkoordinasi   Dengan adanya tekanan pekerjaan kamu juga belajar dan mampu untuk beradaptasi sekaligus berkoordinasi dengan teman kerja. Apalagi sistem pekerjaan kamu saling berkaitan dengan divisi yang satu dengan divisi yang lainnya. Dengan ini kamu juga akan mampu menjalin hubungan baik dengan teman kerja.     
Komentar