Pencari Karir Pencari Kandidat

Pilihan Karier: Macam-macam Profesi di Bidang Ekonomi

13 April 2021 09:04 6645 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Macam - macam profesi - Gelar di bidang ekonomi akan memberikan banyak kesempatan untuk bekerja di hampir semua industri. Itulah mengapa, profesi ekonomi menjadi salah satu bidang pekerjaan yang paling banyak diminati.

 

Selain profesi ekonomi dalam berbagai bidang dapat memberikan pemasukan yang tinggi, pekerjaan yang satu ini juga mendatangkan banyak peluang karier. Nah, penasaran kamu bisa ambil pekerjaan apa saja untuk memulai karier dengan profesi ekonomi? 

 

Berikut macam-macam profesi ekonomi di masing-masing bidang pekerjaannya yang bisa jadi rekomendasi tujuan karier.

 

Analis Kredit

 

Tugas utama seorang analis kredit bertanggung jawab untuk mengevaluasi skor kredit klien dengan memperoleh informasi spesifik. Mereka juga dapat membantu klien mengubah posisi kredit mereka dengan membuat rencana perbaikan dan memberikan informasi tentang berbagai organisasi keuangan. Pekerjaan mereka digunakan untuk membuat keputusan tertentu terkait kelayakan kredit klien seperti aplikasi kartu kredit, aplikasi pinjaman dan lainnya.

 

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Rumahan Sukses? Mulai dengan  6 Langkah Ini

 

Konsultan Ekonomi

 

Konsultan ekonomi sering bekerja dengan profesional hukum dan menghasilkan analisis, data, bukti, dan materi lain dalam kasus hukum yang berkaitan dengan ekonomi atau keuangan. Sementara konsultan hukum juga sering melakukan sebagian besar tugas ini, konsultan ekonomi mungkin dipekerjakan untuk kasus yang lebih besar dan lebih rumit.

 

Petugas Kredit atau Pinjaman

 

Petugas bagian pinjaman bekerja dengan pelamar untuk mencapai kesepakatan yang sesuai dengan individu dan lembaga pinjaman. Mereka bertanggung jawab untuk menentukan status kredit pelamar dan menentukan solusi bagi pelanggan.

Biasanya profesi ekonomi ini banyak ditemukan di bank. Namun, beberapa lembaga keuangan lainnya terutama lembaga pendanaan juga harus memiliki petugas kredit atau pinjaman.

 

Baca juga: Kenalan Yuk sama Profesi Account Manager, Cocok Buat Kamu yang Aktif dan Supel

 

Konsultan Manajemen

 

Konsultan manajemen bekerja dengan organisasi publik dan swasta untuk menilai area perbaikan operasional. Mereka mengembangkan rencana untuk meningkatkan fungsi organisasi untuk cara kerja yang lebih baik dan lebih efisien

 

Analis Keuangan Senior

 

Analis keuangan mempelajari pasar saham dan tren obligasi serta investasi lainnya. Mereka menggunakan penelitian mereka untuk membantu bisnis dan individu membuat keputusan investasi yang bermanfaat.

Mungkin kamu akan lebih mengenal analisis keuangan pasar saham dengan broker. Nah, jika berminat berkarir dengan profesi ini, kamu harus sudah mulai mengetahui dasar investasi.

 

Baca juga: 3 Pekerjaan Impian, Bergaji Tinggi, dan Cocok Banget Untuk Kamu Si Introvert

 

Manajer Kompensasi

 

Manajer kompensasi mengembangkan dan mengelola program kompensasi dan tunjangan organisasi kepada karyawan termasuk program pensiun, program kesehatan, dan banyak lagi. Mereka meneliti dan menegosiasikan rencana terbaik untuk karyawan dan mungkin juga bertanggung jawab untuk menyajikan dan menjawab pertanyaan karyawan.

 

Analisis Kuantitatif

 

Analisis kuantitatif menggunakan berbagai metode matematika dan statistik untuk melakukan manajemen risiko dan studi terkait keuangan lainnya. Mereka mungkin bekerja dengan organisasi publik atau swasta untuk meneliti kebiasaan penjualan atau pembelian untuk menentukan peluang yang menguntungkan bagi perusahaan.

 

Temukan berbagai tips karier menarik lainnya di sini. Jangan lupa download aplikasi TopKarir sekarang dan  mendapatkan info lowongan keja terbaru, info magang, tips karir, Topkarir Klinik, Pelatihan online Topedu, dan sebagainya.

 

Komentar