KANDIDAT PERUSAHAAN

Pentingnya Memiliki Mentor dalam Berkarir dan Cara Menemukannya

24 Maret 2021 20:03 11366 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 7 KALI DIBAGIKAN

Seringkali anak muda kesulitan memulai dan menentukan langkah dalam setiap perjalanan karir. Saat lulus dari bangku pendidikan banyak yang masih bingung menentukan pekerjaan pertamanya, atau yang baru memulai kerja tapi merasa belum menemukan passion-nya. Kamu salah satunya bukan nih?

 

Memang sukses bukan hal yang mudah dan membutuhkan waktu untuk mewujudkannya, tapi kamu bisa mengambil langkah tepat untuk bisa meraihnya lebih cepat dengan bantuan seseorang yang berpengalaman dan sudah ahli di bidangnya.

 

Dilansir Kompas, Founder & CEO Young On Top, Mas Billy Boen, mengatakan kebanyakan anak muda tak tahu apa passion mereka. Mereka nggak tahu apa yang diinginkan, sehingga terjebak dalam keadaan yang menghambatnya meraih kesuksesan. Salah satu cara menemukan passion adalah dengan memiliki sosok inspiratif yang mendorong semangat dan memotivasi karir kamu. Karenanya penting buat kamu memiliki mentor, role model yang mampu mendukung dan memberi pelajaran untuk kesuksesan karir.

 

Mentor adalah sosok yang memiliki kombinasi antara pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki untuk dibagikan sebagai saran yang bijak. Mereka adalah seseorang yang berhasil dan sukses dalam suatu bidang. 

 

Memiliki sosok mentor yang menemani perjalanan karir kamu punya banyak manfaat lho, selain bisa membuatmu jadi lebih percaya diri, masih banyak manfaat lain seperti berikut ini.

 

Menambah relasi

Selain bisa menjalin hubungan yang baik dengan mentor profesional, kamu juga berkesempatan memperluas koneksi dengan lebih banyak orang-orang hebat. Mentor yang memiliki banyak pengalaman tentunya punya relasi yang juga luas. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menjalin hubungan baik dan belajar dari mereka demi prospek kerja / bisnis di masa depan.

 

Belajar dari pengalaman langsung

Seorang mentor akan bersedia berbagi pengalamannya meraih sukses. Mentor akan memandu kamu menghadapi masalah dan memberikan wawasannya yang berguna untuk kemajuan karir kamu. Nggak perlu khawatir hal ini akan memberatkan dirinya, karena mentor yang baik sejatinya akan dengan senang hati membantumu meraih kesuksesan dan berbagi menjadi kepuasan tersendiri untuk mereka.

 

Membentuk kekuatan dan keterampilan diri

Mentor akan tahu keterampilan dan potensi yang bisa kamu kembangkan. Dari situ kamu bisa menemukan arah tujuan karir kamu kedepan. Kamu jadi punya kekuatan dan keterampilan diri yang membedakanmu dengan orang lain.

 

Sebagai pengingat dan penasihat

Manfaat lainnya yakni kamu memiliki penasihat atau pengingat disaat kamu ingin mengambil keputusan dalam setiap langkah karir kamu. Misalnya saat mempertimbangkan tawaran pekerjaan baru, mentor akan membantu kamu untuk mempertimbangkan dampak positif/negatif-nya serta memberikan opsi secara bijaksana. Adanya mentor juga membantu kamu menghadapi permasalahan kerja atau bisnis yang sedang kamu jalani. Namun mentor juga harus terbuka dan bisa jadi pendengar yang baik untuk setiap pendapat kamu kamu punya.

 

Lalu bagaimana sih cara menemukan mentor yang cocok untuk perjalanan karir kamu? Nah, simak ulasannya di bawah ini ya.

 

Tanyakan pada diri sendiri

Pertama, tanyakan pada diri sendiri, apa yang kamu harapkan dari sosok mentor? Jika saat ini kamu masih belum menemukan bidang keahlian yang sesuai, masih kesulitan menjalani pekerjaan saat ini atau mau belajar mengembangkan keterampilan yang sedang banyak dicari oleh industri, mungkin saat ini waktu yang tepat untuk memiliki mentor.

 

Carilah tujuan yang mau kamu capai dalam berkarir sebelum memiliki mentor. Kamu harus tau, apa kekuranganmu dan punya hasrat untuk belajar hal-hal baru.

 

Amati lingkungan sosial kamu

Seorang mentor bisa datang dari mana saja, bisa dari lingkungan kerja, guru / dosen-dosen kamu semasa kuliah, komunitas, bahkan teman yang sudah punya banyak pengalaman karir dan berhasil sukses di suatu bidang. Tapi, cara memilihnya juga nggak bisa asal lho, kamu harus menganalisa dan mengamati mereka satu persatu, sesuaikan dengan bidang yang ingin kamu pelajari. Amati cara ia bekerja, mengatur waktu, cara berinteraksi dengan orang lain, attitude-nya, sampai semangatnya saat bekerja. Kalau sudah menemukan satu orang yang inspiratif di lingkungan kamu, selanjutnya kamu bisa mulai berkenalan.

 

Bangun kedekatan dengan mentor

Cara ketiga, kamu bisa mulai membangun komunikasi dengan calon mentor kamu. Jangan ragu untuk bertanya tentang kehidupan dan kariernya. Apa kesuksesan terbesar mereka atau kegagalan terbesar yang pernah ia lakukan? Dari pengalaman-pengalaman yang diceritakan, kamu bisa lebih mengenal sosok sang mentor dan menjadikan pengalaman itu sebagai pembelajaran untuk karir kamu juga.

 

Aktif memberi feedback

Nah, kamu juga harus aktif memberi tanggapan atau pendapatmu dari saran yang diberikan oleh mentor. Kamu nggak bisa hanya menuruti apa yang dikatakan sang mentor. Bagaimanapun juga mentor hanya berperan memberi masukan, dan kamu lebih tau perjalanan karir kamu secara langsung. Kamu bisa memberikan tanggapan dan berdiskusi dengan mentor untuk mendapatkan keputusan yang terbaik.

 

Itu tadi penjelasan mengenai pentingnya sosok mentor dalam berkarir dan cara menemukan mentor yang cocok untuk kamu. Di TopKarir Klinik, kamu bisa berkonsultasi dengan expert berpengalaman dari berbagai bidang, mereka bisa jadi mentor yang membantu karir kamu lho, #CeritainYuk cerita karir kamu di sini.

 

Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

Komentar