Pencari Karir Pencari Kandidat

Pekerjaan dengan Bayaran Tinggi di Industri Perfilman

30 Maret 2022 08:03 1478 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Dalam industri hiburan, perfilman jadi salah satu yang nggak ada matinya. Meskipun saat awal pandemi kemarin, industri ini sempat tertidur sementara karena terbatasnya akses keluar rumah dan bioskop yang ditutup total.

 

Namun, berbagai inovasi terus dilakukan seperti hadirnya bioskop online, sampai eksistensi perfilman di berbagai platform streaming film lokal maupun internasional.

 

Kini industri perfilman mulai bergeliat kembali, termasuk di Indonesia, berbagai jenis genre film dengan cerita yang menarik sudah mulai berseliweran di bioskop-bioskop.

 

Ngomongin soal perfilman, pasti nggak terlepas dari peran para sineas yang bekerja keras untuk menghasilkan film yang punya kualitas bagus.

 

Profit yang dihasilkan dari satu buah film juga terbilang besar, karena ongkos produksinya yang nggak sedikit apalagi kalau sudah ada sponsor yang masuk.

 

Kalau kamu tertarik berkarir di industri ini, ada beberapa daftar profesi yang menjanjikan bayaran tinggi. Simak ulasannya di bawah ini.

 

1. Produser

Produser memiliki peran yang gak kalah penting dari mulai ide penulisan skenario, seorang investor, bahkan merambah sebagai manajer sampai dengan aktor. Produser akan terlibat sepanjang pembuatan film dari mulai pra produksi sampai pasca produksi.

 

Pada fase pra-produksi, produser akan membaca cerita dan mengumpulkan ide dari penulis dan sutradara. Setelah ide film ditentukan, produser akan mencari dana untuk merealisasikan film tersebut.

 

Berbagai tanggung jawab yang dipegang produser, nggak heran mereka mampu meraup pendapatan Rp900 jutaan per proyek film.

 

2. Sutradara

Sebagai seseorang yang bekerja fokus pada proses produksi sebuah film, sutradara dituntut memiliki kreativitas yang tinggi di bidang sinematografi. Hal ini dilakukan agar film yang produksi menghasilkan visualisasi yang sesuai dengan alur cerita yang sudah dirangkai.

 

Lebih dari itu, sutradara juga punya peran sebagai pengarah bagi para aktor agar performa aktingnya sesuai dengan gambaran yang diinginkan. Ia juga turut mengatur para kru film agar bekerja sesuai dengan tugasnya.

 

Saat proses editing film, sutradara juga harus mendampingi editor agar sesuai dengan standar dan ekspektasi sebuah film, termasuk juga menentukan latar musik yang tepat.

 

Umumnya seorang sutradara bisa mengantongi bayaran sekitar Rp 1 miliar untuk setiap proyek.

 

3. Penulis skenario

Penulis skenario punya tugas pokok yakni menulis naskah film secara lengkap dengan cerita yang sesuai ekspektasi sutradara. Namun sebelumnya mereka harus menulis naskah terlebih dulu untuk ditawarkan ke berbagai agen perfilman agar mereka mau memproduksi filmnya.

 

Selain itu ada juga penulis skenario yang memulai pekerjaanya setelah produser atau sutradara sudah menemukan ide film. Penulis skenario juga terkadang diminta untuk menulis skenario berdasarkan adaptasi dari karya seperti novel atau drama.

 

Biro Statistik Tenaga Kerja AS mengungkapkan rata-rata gaji seorang penulis di industri perfilman bisa mencapai angka Rp 1 miliar, wah bukan angka yang main-main kan?

 

4. Aktor

Sebuah film tentunya nggak lengkap tanpa ada pemeran atau aktor. Baik itu aktor maupun sutradara sama-sama nggak bisa dipisahkan dalam pembuatan karya film. Hal ini mengingat, aktor merupakan seseorang yang ditonjolkan dalam memainkan cerita.

 

Sebagai salah satu inti dalam film, aktor harus mampu meresapi peran yang ia lakoni. Meskipun tidak mudah dan banyak riset yang harus dilakukan untuk mendukung kinerja aktor, ia juga harus mampu membawa emosi penonton melalui peran yang dimainkan. Baru deh, aktor bisa dibilang sukses bermain film tersebut.

 

Seorang aktor rata-rata berpenghasilan sekitar Rp20 juta sampai Rp50 juta dalam setiap film yang dimainkan.

 

Itu tadi beberapa profesi di industri perfilman dengan bayaran tinggi. Gimana tertarik terjun dan memulai karir di industri film?

 

Kamu bisa temukan lebih banyak informasi dan tips karir menarik lainnya di TipsKarir.


Temukan berbagai lowongan kerja seluruh Indonesia ter-update di sini. Download juga aplikasi TopKarir untuk dapatkan kemudahan melamar pekerjaan.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Intip Pekerjaan yang Cocok Dengan Kepribadian Kamu

Intip Pekerjaan yang Cocok Dengan Kepribadian Kamu

Sahabat TopKarir lagi bingung mau kerja apa dan apply kemana? Kalau lagi mencari pekerjaan sesuaikan dengan minat, bakat, dan kepribadian kamu, kenapa? Karena hal itu sangat berpengaruh dengan performa kamu saat bekerja. Kepribadian biasanya akan berbenturan dengan profesi yang akan kamu jalani nanti, tidak nyaman adalah hal yang pertama pasti kamu akan rasakan kalau pekerjaan itu tidak sesuai dengan kamu. Sebelum kamu menentukan ingin bekerja di bidang apa, kamu harus tau tipe kepribadian kamu apasih? dan pekerjaan apa yang cocok untuk kamu? Yuk disimak!   Kepribadian Sosial Tipe orang berpkepribadian sosial biasanya gemar menolong, darmawan, dan sabar. Kalau kamu tipe orang kepribadian sosial nggak sulit untuk untuk kamu beradaptasi, karena cenderung lebih senang kalau bertemu banyak orang.  Pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian sosial biasanya adalah psikolog, aktivis, public relations, customer service, dokter, apoteker, dan lain-lain.   Kepribadian Artistik Biasanya tipe orang yang artistik identik dengan kreatifitasnya, selain kreatif tipe orang artistik biasanya juga pandai dalam memecahkan masalah, tetapi kurang suka dengan banyaknya aturan. Kalau kamu tipe orang yang artistik pekerjaan yang tepat biasanya adalah designer, design grafis, editor, produser, dan lain-lain.   Kepribadian Enterprising Tipe orang berkepribadian enterprising sangat senang bersaing, sifatnya yang enerjik, dinamis, dan tantangan membuat orang dengan berkepribadian enterprising berpotensi sebagai pemimpin. Kalau kamu memiliki kepribadian enterprising, karir yang bisa kamu pertimbangkan adalah sebagai manager, supervisor, team leader, koordinator, dan lain-lain.   Kepribadian Realistic Tipe orang berkepribadian realistic suka dengan hal-hal praktis dan nggak basa-basi, orang yang realistic lebih cenderung bekerja langsung menggunakan tangan dan mengerjakan objek yang pasti dan nyata. Karir yang biasanya diminati tipe kepribadian realistic adalah mekanik, dokter gigi, kelistrikan, dan lain-lain.   Kepribadian Conventional Tipe orang berkepribadian conventional biasanya adalah orang yang sangat tertib, taat peraturan, kaku, rapih, efisien, dan penuh dengan perencanaan. Mereka sangat tekun dan juga gigih, pekerjaan yang sesuai untuk tipe kepribadian konvensional adalah akuntan, perencana keuangan, aktuaris, pengolah data statistik, dan lain-lain.   Setelah baca penjelasan tipe kepribadian diatas, kira-kira kamu tipe yang mana Sahabat TopKarir? Kalau kamu udah tau termasuk tipe kepribadian yang mana yuk langsung aja buka lowongan kerja di website TopKarir.com, portal karirnya anak muda indonesia. Sekarang apply pekerjaan nggak pake ribet!
Komentar